Pengaruh Citra Destinasi, Digital Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kecamatan Bandungan

Authors

  • Dian Anggraini Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI (UNDARIS)

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v8i1.45601

Keywords:

Citra Destinasi; Digital Marketing; Kualitas Layanan; Minat Berkunjung.

Abstract

Pariwisata menjadi salah satu industri yang memiliki kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kegiatan pariwisata kini tidak hanya diminati oleh mereka yang menyukai alam bebas, tetapi telah menjadi bagian dari gaya hidup dari berbagai kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan guna mengevaluasi dampak dari citra detinasi, digital marketing, dan kualitas layanan terhadap minat berkunjung wisatawan pada destinasi wisata yang ada di Kecamatan Bandungan seperti; Candi Gedong Songo, New Celosia, dan Umbul Sidomukti. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang memanfaatkan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi subjek penelitian ini adalah wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata di Kecamatan Bandungan, dengan pengambilan sampel berdasarkan rumus Lameshow dan menghasilkan 100 responden melalui teknik accidental sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4 (Partial Least Squares), melibatkan analisis regresi dan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian mengindikasikan bahwasannya secara parsial, citra destinasi  memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan, demikian pula digital marketing  dan kualitas layanan . Sedangkan secara simultan citra destinasi , digital marketing , dan kualitas layanan  memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan pada destinasi wisata yang ada di Kecamatan Bandungan. Penemuan ini menegaskan pentingnya strategi efektif untuk meningkatkan minat berkunjung wisatawan melalui penguatan citra destinasi, digital marketing, dan kualitas layanan.

References

Charli, C. O., & Putri, D. A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Fasilitas Wisata Dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung. Jurnal Ekobistek, 9(2), 40–48. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v9i2.75

Dewi, p. (2024). Konsep niat berkunjung kembali berdasarkan citra destinasi, pengalaman wisatawan, dan kualitas pelayanan. Infes media.

Disporapar.jatengprov.go.id. (2023). Buku statistik pariwisata jawa tengah 2023. Diakses pada 6 November 2024, dari https://disporapar.jatengprov.go.id/content/ppid/438/STATISTIK

Duludu, U. A. T. A. (2021). Sikap Masyarakat Terhadap Pengembangan Wisata Pantai Botutonuo Kabupaten Bone Bolango PENDAHULUAN Pariwisata merupakan salah satu pemanfaatan sumber daya alam yang dapat bernilai ekonomi tinggi bagi suatu daerah yang mengelola sumber daya alam menjadi sua. 2(2), 73–82.

Glodok, D. I. K. (2024). sebesar 6,359 lebih besar dari F. 7, 1358–1373.

Li, H., & Su, T. (2022). SM-PageRank Algorithm-Based User Interest Model for Mobile Smart Tourism Platform. Wireless Communications and Mobile Computing, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/6034500

Massie, P., Massie, J., Roring, F., Claudia Massie, P., D Massie, J. D., Roring, F., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Rumah Alam Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 15–24. https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43646

Muhammad, Y., & Santika, G. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Mudharabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Rabbani, 1(1), 63–69. https://doi.org/10.53566/jer.v1i1.17

Ningrum, S., Monoarfa, M. A. S., & Juanna, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Indonesia dan Wisatawan Nusantara di Provinsi Gorontalo Tahun 2018 - 2021. JAMBURA Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 225–241.

Novta, A., Liestiandre, H. K., & Aridayanti, D. A. N. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Destinasi Wisata Ubud. Jurnal Kepariwisataan, 21(1), 37–45. https://doi.org/10.52352/jpar.v21i1.604

Nugraha, E. F., & Soleha, L. K. (2022). Analisis Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Berkunjung Pada Trans Studio Bandung. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 6681(4), 330–336. https://doi.org/10.55916/frima.v0i4.387

Pajak, P., & Pribadi, O. (2023). Asia-Pacific Journal of Public Policy. Policy, 01(2), 1–10.

Riadi, D., Permadi, L. A., & Retnowati, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Desa Wisata Hijau Bilebante Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Wisatawan. Jurnal Riset Pemasaran, 2(2), 38–49. https://doi.org/10.29303/jrp.v2i2.2678

Saputra, m. (2023). Metode ilmiah dan penelitian:kuantitatif, kuantitatif, dan kepustakaan. Nizamia learning center.

Simamora, V., Albab, M. U., Putra, R. J., & Diansyah. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Daya Saing Pelaku Umkm. Journal For Business And Entrepreneurship ISSN, 4(2), 1–14.

Suwena, I. K. (2021). Ke Museum Surabaya. 9(1), 54–62.

Wirata, I. N. (2021). Perbandingan Efektivitas Media Konvensional Dan Digital Marketing Terhadap Minat Pengunjung Bali Blues Festival Nusa Dua Bali. Jurnal Kepariwisataan, 20(2), 107–113. https://doi.org/10.52352/jpar.v20i2.479

Wujarso, Sumardi, Bayu dkk. (2023). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif. Asadel liamsindo teknologi.

Downloads

Published

2025-02-16

How to Cite

Anggraini, D. (2025). Pengaruh Citra Destinasi, Digital Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kecamatan Bandungan. Jurnal Disrupsi Bisnis, 8(1), 15–25. https://doi.org/10.32493/drb.v8i1.45601

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.