Pengaruh Fashion Lifestyle, E-WOM, dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian di Thriftme.cloth Boja
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v8i2.46020Keywords:
Fashion Lifestyle; E-WOM; Store Atmosphere; Keputusan PembelianAbstract
Pertumbuhan bisnis di Indonesia saat ini sangat meningkat signifikan terutama pada industri fashion. Hal ini berdampak pada para pelaku bisnis yang dapat menemukan peluang bisnis mereka untuk tumbuh dan berkembang serta mampu beradaptasi pada perubahan tren yang dinamis. Berbagai tren dan gaya hidup tercipta karena pengaruh perkembangan industri fashion yang pesat. Tren pakaian bekas atau thrift sedang menjadi fenomena baru yang berkembang di kalangan masyarakat terutama anak muda. Adapun tujuannya guna mengkaji bagaimana pengaruhnya fashion lifestyle, electronic word of mouth (E-WOM) maupun store atmosphere pada keputusan pembelian di Thriftme.Cloth. Digunakannya non probability dengan metode accidental sampling sebagai tekniknya. 100 responden menjadi jumlah sampelnya pada penelitian ini . Data dianalisis menggunakan PLS.0. Hasil penelitian menegaskan bahwasanya fashion lifestyle tidak mempunyai pengaruhnya yang tinggi pada keputusan pembelian yang dapat dilihat dari nilai T statistic 3,852 > 1,96 maupun P Values 0,000 < 0,05, E-WOM tidak mempunyai pengaruhnya yang tinggi pada keputusan pembelian yang dapat dilihat dari T statistics 1.346 < 1,96 dan P Values 0,178 > 0,05 , serta store atmosphere mempunyai pengaruhnya pada keputusan pembelian yang dapat dilihat dari nilai T statistic 3,808 > 1,96 maupun P Values 0,000 < 0,05. Nilai R-square 0.938 yang artinya memasuki kategori yang sangat kuat. Adapun kesimpulannya variabel fashion lifestyle dan store atmosphere mempunyai pengaruhnya secara signifikan pada keputusan pembelian di Thrifme.cloth. Sedangkan variabel E-WOM tidak mempunyai pengaruhnya dengan tinggi pada keputusan pembelian di Thriftme.cloth.
References
Budiono, A., & Siregar, O. M. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Kafe Minum Kopi Medan Johor. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 1–18.
BPS (Badan Pusat Statistik) (2024, Oktober 24). Ekspor dan Impor, Agustus 2024. Retrieved from https://www.bps.go.id/id/infographic?id=1010
Ghilmansyah, R., Nursanti, S., & Utamidewi, W. (2022). Fenomena Thrifting sebagai Gaya Hidup Milenial Bogor. Jurnal Nomosleca, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i1.6308
Hidayah, F. N. (2023, Juni 2). GoosStats. Retrieved from https://data.goodstats.id/statistic/ada-494-masyarakat-indonesia-pernah-melakukan-thrifting-sP7wi
Irfansyah, M. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(4), 900–909. https://jurnal.intekom.id/index.php/njms
Istiono, D., & Kurniasih, N. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Majalengka). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(3), 79–88. http://ejournal.unma.ac.id/index.php/entrepreneur
Lukiyana, & Simadewa, I. B. (2023). Moderasi Digital Marketing atas Pengaruh Product Quality Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Thrift. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 223–236. https://doi.org/10.26740/jepk.v11n2.p223-236
Munawaroh, M., Putri, S. D. M., & Gunaningrat, R. (2024). Apakah Persepsi Harga dan Cita Rasa Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Rocket Chicken. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), 3(1), 36–52. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i1.3275
Narvatinova, V. N., Latief, F., & Hidayat, A. I. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di Thrift Shop Online Di Kota Makassar (Studi Pada Konsumen @Thriftbuy.me Kota Makassar). Jurnal Ilmiah Bisnis & Kewirausahaaan, 12(1), 13–22.
Purwianti, L., Agustin, I. N., Shevia, Ohanna, N., & Limanda, K. Y. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan E-WOM terhadap Purchase Decision Batam Ogura dengan Brand Image sebagai Mediasi. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(3), 274–289.
Rachmah, S. A., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Storytelling Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Café Kisah Manis Jalan Sunda di Kota Bandung melalui Content Marketing Creator TikTok. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 48–60. https://doi.org/10.38204/atrabis.v8i1.918
Rafiansyah, & Triwardhani, D. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Stidi Kasus Pada Pengguna E-Commerce Lazada Di DKI Jakarta). Journal of Young Entrepreneurs, 2(3), 77–92.
Riani, O. A., & Susanti, R. (2024). Pengaruh Promosi Media Sosial , Kualitas Produk dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion ( Survei pada Konsumen Abvistore di Kecamatan Tanon Sragen ). OPTIMAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(3), 280–295.
Rohman, M. M., & Santoso, R. P. (2024). Electronic word of mouth (E-WOM), store atmosphere dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen rumah makan Bukit Durian Wonosalam Jombang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 459–466.
Sarah, S., Rachman, A., & Febrianti, T. (2019). Pengaruh Fashion Lifestyle, Design, dan Selebrity Endorser Terhadap Purchase Intention (Studi pada UMKM Cibaduyut, Bandung). Jurnal Indonesia Membangun, 18(3), 60–75.
Septiani, I., Udayana, I. B. N., & Hatmanti, L. T. (2022). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser , Brand Image , Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms Glow Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(1), 42–52.
Siagian, U. W., Harahap, N. J., & Halim, A. (2024). Pengaruh Harga, Kepuasan Konsumen, Brand Image, Lokasi Dan E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Resto Dan Coffee Ck 3 Kabupaten Labuhanbatu Utara. Management Studies and Entrepreneurship, 5(2), 3641–3473. https://doi.org/10.61567/jmmib.v4i2.165
Sukri, S. Al, & Kamalia. (2024). Pengaruh Brand Image , Fashion Lifestyle dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved The Influence of Brand Image , Fashion Lifestyle , and Price Perception on the Purchase Decision of Branded Preloved Clothing. IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management, 3(2), 44–52.
Sulistyawati, M. F. ., Widyartono, A., & Sari, N. (2023). Analisis Peran Electronic Word Of Mouth , Brand Ambassador , Brand Image pada Minat Beli Produk Somethinc di Palembang. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(4), 422–430.
Tanjung, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 05(03), 1–18. https://doi.org/10.1063/1.3066556
Widyaratna, L., & Zainuri, A. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Preloved Di Thriftshop. Journal Of Comprehensive Science, 2(4), 941–948.
Windi, A., & Efiani. (2023). Pengaruh Cita Rasa, Persepsi Harga dan Electrnic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian di Mie Gacoan Depok. Jurnal Panorama Nusantara, 18(2), 1–14. https://ejournal.asaindo.ac.id/index.php/panoramanusantara/article/view/1360
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Retno Arianti, Sri Rahayu, Pitaloka Dharma Ayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.