Hubungan Antara Persepsi Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Stres Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi di Universitas HKBMkbp Nommensen Medan
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v8i2.48561Keywords:
Dukungan Sosial; Teman Sebaya; Stres Akademik; Mahasiswa; Skripsi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara persepsi dukungan sosial teman sebaya dan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Universitas HKBP Nommensen Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan stres akademik. Data empiris menunjukkan bahwa tingkat dukungan sosial teman sebaya serta tingkat stres akademik mahasiswa berada pada kategori tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun mahasiswa merasa mendapat dukungan sosial yang tinggi dari teman sebaya, hal tersebut tidak secara langsung mempengaruhi tingkat stres akademik mereka. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan lain dalam mengelola stres akademik, seperti keterampilan manajemen waktu dan teknik relaksasi.
References
Al-Fitri, S. S. (2013). The Relationship Between Peer Social Support and Adolescent Self-Identity at the Sinar Melati Orphanage (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Alvin. (2007). Handling Study Stress: Panduan agar Anda Bisa Belajar bersama Anak-anak Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40–47.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal konseling dan pendidikan, 5(3), 143–148.
Basith, A., & Rahmawati, I. (2021). Kontribusi Penyesuaian Diri Sebagai Alternatif Penurunan Stres Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. FENOMENA, 13(2), 235–260.
Cohen, S., & McKay. (1984). Measuring The Functional Components of Social Support. Social Support: Theory, Research and Applications, 73–94.
Dony, D., Sagita, Daharnis, D., & Syahniar, s. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik, dan Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(2), 37–72.
Drajat, E. K. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Online Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 8(1).
Fairbrother, K., & Warn, J. (2004). Workplace Dimensions, Stress and Job Satisfaction. Managerial Psychol, 18(1), 8–21.
Fara, O. P. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Stress Akademik Dalam Penyusunan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Di Universitas Semarang (Skripsi). Universitas Islam Sultan Agung, Semarang.
Faulkner, A. (2013). Mental health peer support in England: Piecing together the jigsaw. London.
Febrianti, N. R., & Surur, N. (2023). Hubungan antara Dukungan Teman Sebaya dengan Stres Akademik pada Siswa. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 7(1), 1–8.
Gadzella, B. M., Baloglu, M., Masten, W. G., & Wang, Q. (2012). Evaluation of the student life-stress inventory-revised. Journal of Instructional Psychology, 39(2).
Giyarto, G., & Uyun, Z. (2018). Stres pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta Dalam Mengerjakan Skripsi (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Gunawati, R. S., & Listiara, A. (2006). Hubungan antara efektivitas komunikasi mahasiswa. dosen pembimbing utama skripsi dengan stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Undip, 3(2), 93–115.
Hartono, D. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan: Psikologi. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan.
Hasanah, U. (2017). Hubungan antara stres dengan strategi koping mahasiswa tahun pertama akademi keperawatan. Jurnal Wacana Kesehatan, 2(1), 16–20.
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Indah, I. (2019). Hubungan antara kesabaran dengan stres akademik pada mahasiswa di pekanbaru. An-Nafs, 13(01), 21–34.
Iswidharmanjaya. (2006). Membuat Skripsi Dengan Open Office. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (5 ed.). Jakarta: Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional.
Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(1), 19–28.
Kuntjoro, S. (2002). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Celebes Equilibrum Journal, 1(02), 1–11.
Lailatul, R. (2013). Hubungan antara persepsi terhadap dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa kelas unggulan (Skripsi). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
Martha, E., Alifta, & Fenindra, A. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres Selama Masa Pandemi COVID-19 pada Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 5(1), 1–2.
Mead, S., Hilton, D., & Curtis, L. (2001). Peer Support -A Theorethical Perspective. Psychiatric Rehabilitation Journal, 25(02), 134–141.
Nadya, W. N., Rini, A. P., Rina, A. P., & Pratitis, N. (2023). Psychological well-being korban pelecehan seksual: Menguji peranan resiliensi dan dukungan sosial. INNER: Journal of Psychological Research, 3(2), 312–322.
Nur, U. N. A. (2022). Pengaruh Kesepian dan Kecerdasan Emosional Terhadap Penyesuaian Psikologis Mahasiswa (Skripsi). Universitas Mercu Buana, Jakarta.
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56–63.
Pittara. (2022). Stres, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati.
Purwati, M., & Rahmandani, A. (2020). Hubungan antara kelekatan pada teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa teknik perencanaan wilayah dan kota Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 456–466.
Puspita, B. K., & Kumalasari, D. (2022). Prokrastinasi dan stres akademik mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(2), 79–87.
Putri, D. R. (2016). Peran dukungan sosial dan kecerdasan emosi terhadap kesejahteraan subjektif pada remaja awal. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 12–22.
Rahakratat, B., Wuisang, M., & Tendean, A. F. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Stres Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Keperawatan Unklab. Klabat Journal of Nursing, 3(2), 10–16.
Rahmawan, F. R., & Selviana, S. (2021). Hubungan Adversity Quotient dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Mahasiswa yang Menyelesaikan Skripsi. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1), 1–9.
Rayle, A. D., & Chung, K.-Y. (2007). Revisiting first-year college students’ mattering: Social support, academic stress, and the mattering experience. Journal of College Student Retention: Research, Theory & Practice, 9(1), 21–37.
Santrock, J. W. (2003). Adolescent- Perkembangan Remaja (6 ed.). Jakarta: Erlangga.
Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan (5 ed., Vol. 1). Jakarta: Salemba Humanika.
Sarafino, & Smith. (2014). Health psychology: biopsychosocial interactions (5 ed.). New Jersey: John Wiley and Sons Inc.
Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Widodo, A. (2011). Hubungan Persepsi Mengenai Dukungan Sosial dengan Burnout pada Perawat Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung (Skripsi). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
Yasin, A. S., & Dzulkifli, M. A. (2010). The Relationship Between Social Support And Psychological Problems Among Students. International Journal Business and Social Science, 1(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Miranda Samosir, Hotpascaman Simbolon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






.png)
