PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA CV. ARYAN PRATAMA
Abstract
ABSTRAK
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE EXTREME PADA CV. ARYAN PRATAMA. CV. Aryan Pratama adalah suatu badan usaha yang terletak di wilayah Tangerang Selatan dan bergerak di bidang usaha Tekstil. Meskipun abad 21 merupakan era informasi, penggunaan sistem informasi pembayaran CV. Aryan Pratama khususnya di bagian IT Operation masih dilakukan secara sederhana. Proses pencatatan pembayaran pada kasir hingga pemakaiannya masih dilakukan secara manual. Alasan penulis menggunakan extreme programming yaitu metode ini pada dasarnya diperuntukkan kepada pembangunan perangkat lunak yang kebutuhannya tidak tetap atau selalu berubah-ubah, artinya extreme programming merupakan metode yang bersifat responsive terhadap perubahan, sehingga perubahan kebutuhan akan selalu diterima oleh developer, tidak seperti pada model pengembangan perangkat lunak terstruktur lainnya. Pada awalnya metode ini digunakan untuk memecahkan permasalahan requirements yang selalu berubah tiap waktu. Tentu saja hal tersebut dapat mengakibatkan pembengkakan biaya karena terus melakukan pembuatan desain sistem secara berulang-ulang. Extreme programming bertujuan untuk meminimalisir biaya yang diperlukan jika terdapat perubahan kebutuhan dan fitur dalam pengembangan perangkat lunak. Hasil analisis dan desain sistem informasi pembayaran ini diharapkan dapat mempercepat proses pengolahan data dan dapat mempermudah dalam pencarian data yang dibutuhkan untuk keperluan seperti pelaporan kepada pimpinan.
Kata kunci: Sistem Informasi, UML, Web Application, Pembayaran, Sistem Informasi Pembayaran.
ABSTRACT
PAYMENT INFORMATION SYSTEM DESIGN WEB BASED USING EXTREME METHODSON CV. ARYAN PRIMAMA CV. Aryan Pratama is a business entity located in the South Tangerang area and is engaged in the textile business. Although the 21st century is the information age, the use of CV. Aryan Pratama, especially in the IT Operations section, is still carried out in a simple way. The process of recording payments at the cashier until their use is still done manually. The author’s reason for using extreme programming is that this method is basically intended for software development whose needs are not fixed or always changing, meaning that extreme programming is a method that is responsive to changes, so that changing requirements will always be accepted by developers, unlike the development model. other structured software. At first, this method was used to solve the requirements problem that always changes every time. Of course, this can result in cost overruns because they continue to make system designs over and over again. Extreme programming aims to minimize the costs required if there are changes in requirements and features in software development. The results of the analysis and design of this payment information system are expected to speed up the data processing process and make it easier to find the data needed for purposes such as reporting to the leadership.
Keywords: Information System, UML, Web Application, Payment, Payment Information System.