Dampak Customer Environmental Responsibility dan Green Marketing Terhadap Purchase Intention Produk Ikea
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i1.34516Keywords:
Customer Environmental Responsibility, Green Marketing, Purchase Intention, IkeaAbstract
Tujuan dari penelitian ini agar mencari pengaruh customer environmental responsibility dan green marketing terhadap purchase intention secara simultan ataupun secara parsial di produk Ikea. Penelitian ini memakai metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sample, yaitu purposive sampling. Populasi penelitian ini ialah masyarakat Bandung Raya yang mengetahui bahwa Ikea menerapkan program ramah lingkungan yang jumlahnya tak diketahui secara pasti. Sampel yang dipakai di penelitian ini sebanyak 100 orang. Dari hasil uji hipotesis secara simultan (uji f) menunjukan customer environmental responsibility dan green marketing secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap purchase intention.
References
Cannon, J. P., Perreault, W. D., & McCarthy, E. J. (2008). PEMASARAN DASAR (D. Sunardi & WidyaningrumResthi, Eds.; 16th ed.). Salemba Empat. https://books.google.co.id/books?id=DRsfHVWMaNUC&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PP1&dq=Pemasaran+dasar:Pendekatan+manajerial+Global+Buku+1&hl=en&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Hakim, F. M., & Oktafani, F. (2023). Pengaruh Customer Experience Dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Pada E-Commerce Lazada Indonesia. Economics and Digital Business Review, 4(1), 1000-1007.
Juliana, Pramezwary, A., Djakasaputra, A., & Tarigan, S. A. (2022). Dasar-dasar Pemasaran (M. Nasrudin, Ed.). Nasya Expanding Management. https://books.google.co.id/books?id=wiZmEAAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false
Mahyarni, M. (2013). Theory Of Reasoned Action Dan Theory Of Planned Behavior. Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/17
sri, H. (2020). Pengaruh Brand Ambassador BTS Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Brand Awareness Tokopedia Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Vol, 8(02), 2–13.
Prasetiadi, M. R., & Oktafani, F. (2023). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Repurchase Intention Dengan E-Consumer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada E-Commerce Bukalapak. JIUBJ: Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era Media Sosial. CV. Pustaka Setia. Bandung: Pustaka Setia Bandung. Retrieved from https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/141653/slug/komunikasi-pemasaran-terpadu-pada-era-media-sosial.html%0Ahttps://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/141653/komunikasi-pemasaran-terpadu-pada-era-media-sosial.html
Putra, A. P., & Octavia, D. (2016). Pengaruh Environmental Behavior Terhadap Green Purchasing Pada Masyarakat Kota Bandung Influence of Environmental Behavior Towards Green Purchasing in Bandung Society. 3(1), 1–8.
Rachmawaty, M., & Hasbi, I. (2020). PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI AMDK ADES (Studi Pada Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan ADES di Indonesia). Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1893
Resmawa, I. N. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Product Knowledge Terhadap Purchase Intention Dengan Green Price Sebagai Moderating Variabel Pada Produk the Body Shop. Dinamika Ekonomi - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1. https://doi.org/10.53651/jdeb.v15i1.365
Salsabila, A., & Oktafani, F. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN BEAUTY INFLUENCER TERHADAP IMPULSIVE BUYING PRODUK SOMETHINC PADA TIKTOK SHOP. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains)
Simon. (2022a). Environmental Responsibility Definition & EXAMPLE. Sustainability Success. https://sustainability-success.com/environmental-responsibility-examples/
Simon. (2022b). Environmental Responsibility Definition & EXAMPLE. Sustainability Succes. https://sustainability-success.com/environmental-responsibility-examples/#:~:text=Environmental responsibility is the duty,responsibility efforts before eventually investing
Stern, M. J., Powell, R. B., & Ardoin, N. M. (2011). Evaluating a constructivist and culturally responsive approach to environmental education for diverse audiences. Journal of Environmental Education, 42(2), 109–122. https://doi.org/10.1080/00958961003796849
Sugandini, D., Sukarno, A., Effendi, M. I., Kundarto, M., Rahamwati, E. D., & Arundati, R. (2020). PERILAKU KONSUMEN PRO-LINGKUNGAN. In Zahir Publishing. https://www.researchgate.net/profile/Dyah-
Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITITATIF, DAN R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Yue, B., Sheng, G., She, S., & Xu, J. (2020). Impact of consumer environmental responsibility on green consumption behavior in China: The role of environmental concern and price sensitivity. Sustainability (Switzerland), 12(5), 1–16. https://doi.org/10.3390/su12052074
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).