Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Sumber Alfaria (Alfamart) Sawah Lama, Ciputat

Authors

  • Ela Hulasoh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Fedirman Halawa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v5i2.2023.163-172.33503

Keywords:

Kata Kunci, Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.

Abstract

Kepuasan konsumen selalu menjadi salah satu tujuan usaha bagi para pelaku usaha dan bisnis, sejumlah upaya dilakukan mereka demi tercapainya kepuasan konsumen yang menyebabkan loyalitas konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Sumber Alfaria (Alfamart) Cabang Sawah Lama, Ciputat, Tangerang Selatan. Metode penelitian yaitu kuantitatif asosiatif, teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang diolah menggunakan analisis regresi. Sampel sebanyak 96 konsumen. Analisis data yang digunakan berupa uji validitas dan uji reliabilitas. uji asumsi klasik, uji regresi linier, uji determinasi, uji t (parsial), dan uji F (simultan). Hasil uji  pasial (uji t) variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung 3,763 > t tabel 1,665 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung 5,636 > t tabel 1,665 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. . Hasil uji F variabel promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT Sumber Alfaria Trijaya, Cabang Sawah Lama, Ciputat Tangerang Selatan, dengan nilai F-hitung 223,536 > F-tabel 3,09 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.

References

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi, (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Saladin, Djaslim, (2015). Manajemen Pemasaran, Bandung: Linda Karya.

Laksana, Fajar, (2015). Manajemen Pemasaran. (Edisi Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2017). Serivce Quality and Satisfiation. (Edisi 3). Jakarta.

Devina, Benedhita, (2019). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan jasa leasing yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Jurnal Manajemen. Vol 11. Universitas Mercu Buana. Yogyakarta. 56-65.

Syerlina, dkk. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Menggunakan Jasa Laundry 99 di Makassar. Jurnal Nobel Management. 622-634

Arianto, Nurmin dan Agus Setiawan. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Nasabah PAT PT BPR H. A. Bogor. Jurnal Ilmiah Feasible. Universitas Pamulang. 27-37.

Effendy, Faries Hizrian. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Dealer Motor Honda di Surabaya. Jurnal Ilmu Riset Manajemen, Vol.6 (2).

Handoko, Bagus. (2017). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, Vol.18 (1). 61-72.

Agung Tri Putranto, Dedek Kumara, dan Siti Syahria. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Masakan Jepang En Dining. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. Vol 5 (1). 57-68

Downloads

Published

2023-08-27

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.