Pengaruh Citra Merek dan Daya Tarik terhadap Loyalitas Produk Nivea di Piayu Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v5i2.2023.95-104.32313Keywords:
Citra Merek, Daya Tarik, Loyalitas KonsumenAbstract
Apabila perusahaan ingin memperoleh loyalitas yang tinggi dari konsumen, maka perusahaan harus mampu bersaing di dunia bisnis. Perusahaan harus mempunyai karakteristik tersendiri agar bisa menciptakan loyalitas pada konsumen terhadap produk yang ditawarkan hingga bisa menciptakan rasa nyaman sehingga konsumen melakukan proses pembelian yang berulang. Loyalitas konsumen mempunyai beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya, diantaranya citra merek dan daya tarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan daya tarik terhadap loyalitas Produk Nivea Di Piayu Kota Batam. Perancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian dan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 386 responden yakni konsumen yang menggunakan produk Nivea yang berdomisili di keluarahan Tanjung Piayu kecamatan Sei Beduk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek dan daya tarik secara parsial dan secara simultan terhadap loyalitas Produk Nivea Di Piayu Kota Batam. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh citra merek dan daya tarik terhadap loyalitas sebesar 8,9 persen, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Andjarwati, A. L., & Chusniartiningsih, E. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Teh Pucuk Harum Wilayah Surabaya Utara). Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(2), 189. Sinta 2
Eryanawati, & Ismunandar. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Merk Honda (Studi Kasus Konsumen Pengguna Merk Honda). Journal of Business and Economics Research (JBE), 1 Nomor 2, 98–104. Sinta 5
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halin, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Semen Baturaja di Palembang Pada PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. JEMG; JURNAL EcoMent Global, 3 Nomor 2, 167–182.
Hikmah, J. V. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Tempe Di Kota Batam. Journal Of Management, Accounting, Economic and Business, 01(01), 210–223.
Indah, D. R., Afalia, I., & Maulida, Z. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Vaseline (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Samudra). Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11 Nomor 1, 83–94.Sinta 3
Kevin, K., Wdayatmoko, W., & Pribadi, M. A. (2019). Pengaruh Fungsi Iklan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek. Prologia, 3(1), 169. Sinta 4
Kusuma, D. T., & Utomo, H. (2020). Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Venice Pure Aesthetic Clinic Salatiga. Jurnal Among Makarti, 13 Nomor 2, 78–87.
Prahastisalsabila Salsabila, & Nurhadi. (2022). Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Merek pada produk Hand & Body Lotion Lotion Nivea. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 184–198.
Putri, B. A., & Hidayati, T. (2018). Pengaruh Persepsi Public Relation, Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 1(2).
Ririn, P. A., & Harti. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Loyalitas Merek Pada Klinik Kecantikan Nanisa Jombang. … Manajemen Dan Ekonomi …, 9(2), 1307–1313.Sinta 5
Sanjiwani, N. M. D., & Suasana, I. G. A. K. G. (2019). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6721. Sinta 5
Sari, N., & Astri, A. D. I. (2019). Daya Tarik Terhadap kosmetik Merek Emina. Manajemen, Program Studi Ekonomi, Fakultas Bisnis, Dan Surakarta, Universitas Muhammadiyah. Sinta 5
Saribu, H. D. T., & Maranatha, E. G. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan pada PT Astragraphia Medan. Jurnal Manajemen, 6 Nomor 1, 1–6.
Setiyorini, Farida, K. (2018). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial, Word of Mouth, Dan Daya Tarik Wista Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Obyek Wisata Gunung Beruk Karangpatihan Balong. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 12.
Silaban, P. H., Silalahi, A. D. K., Octoyuda, E., & Sinaga, D. (2020). Pengaruh Aksesibilitas Dan Daya Tarik Terhadap Loyalitas Wisata Dengan Amenitas Sebagai Variabel Intervening Pada Destinasi Wisata Tuk-Tuk Siadong Kabupaten Samosir. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(1), 41–50.
Sinurat, E. S. M., Lumanauw, B., & Roring, F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. EMBA, 5(2), 2230–2239.
Sutra, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pengguna Kartu Telkomsel (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Bengkulu). (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(2), 209–226.
Syaifullah, & Mira. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT Pegadaian (Persero) Batam. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 6 Nomor 2, 86–91. Sinta 5
Vernadila, R. Y., & Realize. (2020). Pengaruh Kepercayaan Merek, Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Loyalitas Merek Sensodyne. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Terakreditasi Peringkat, 4(3), 633–646.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.