Pengaruh Salesmanship terhadap Penjualan Mobil Toyota pada Tunas Toyota Ciputat
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i1.16864Keywords:
Salesmanship, PenjualanAbstract
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Salesmanship Terhadap Penjualan pada Tunas Toyota Ciputat.
Metode. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Kuesioner, Dokumentasi dan Studi Kepustakaan. Metode analisis data menggunakan analisis statistik yaitu Uji Deskriptif, Uji Regresi Linear sederhana, Uji Hipotesis yaitu Uji t dan Uji Koefisien Determinasi dengan menggunakan aplikasi SPSS adalah Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 24.
Hasil. Hasil Uji Regresi Linear Sederhana Y = 11,546 + 0,722X artinya bahwa setiap penambahan 1% Salesmanship (X) maka Penjualan (Y) akan meningkat sebesar 0,722. Nilai thitung dari variabel Salesmanship (X) adalah 7,673 dan ttabel 1,99834 (thitung > ttabel) artinya hipotesis Hâ‚ diterima dan Hâ‚€ ditolak, artinya terdapat pengaruh antara Salesmanship (X) terhadap Penjualan (Y). Hasil Uji Koefisien Determinasi pada penelitian ini yaitu 0,483 yang artinya pengaruh Salesmanship (X) terhadap Penjualan (Y) sebesar 48,3%. Sedangkan sisanya (100% - 48,3% = 51,7%) dipengaruh oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti.
References
Arikunto, Suharsini, (2010), “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Assauri, Sofjan. (2009). â€Manajemen Pemasaranâ€, Penerbit : PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Baduara, Sotar, 2004. “Salesmanship Ilmu dan Seni menjadi penjual yang Suksesâ€, PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Baduara, Sotar dan Sirait, Sabar Martin (2006). “Salesmanship, Ilmu dan Seni Menjadi Penjual Yang Suksesâ€. Edisi Keempat. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Chandra, Gregorius. (2002). “Strategi Dan Program-program Pemasaranâ€. Edisi Keempat. Yogyakarta : Andi
Febrianto Nur Sahid, (2005). Analisis Pengaruh Salesmanship Dan Sales Promotion Terhadap Penjualan Onderdil Sepeda Motor Di Daerah Malang. Skripsi, tidak di publikasikan. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Malang.
Fernandes, Ari Eka, (2009). Pengaruh salesmanship dan sales promotion terhadap penjualan minuman berkarbonasi pada PT Coca Cola Botling Indonesia Cab. Pekanbaru. Skripsi, tidak di publikasikan. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau. Pekanbaru.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2001). “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€. Jilid II Edisi kedelapan, Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip. (2001). “Manajemen Pemasaranâ€. Edisi Milenium. Jilid I dan II. Alih bahasa oleh Hendar Teguh, Ronny A. Rusly dan Benyamin Molan. Penerbit Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary, (2004). “Dasar-dasar pemasaranâ€, Edisi Kesembilan, JIlid 1. Erlangga. Jakarta.
Lamb, Hair dan Daniel. (2001). “Pemasaranâ€, Buku Ke Dua, Salemba Empat: Jakarta.
Nitisemito, Alex, (2005), “Marketingâ€, Ghalia Indonesia.Jakarta.
Rismiati dan Suratno. (2001). “Pemasaran Barang Dan Jasaâ€. Kanisius. Yogyakarta.
Siswanto, (2001). “Perilaku Konsumenâ€. PT Eresco. Bandung.
Sugiyono, (2013), “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€, Penerbit Alfabeta,
Susanti, Merry Tri, (2006). Pengaruh Salesmanship Terhadap Keberhasilan Penjualan Rokok Pada Perusahaan Rokok Cengkir Gading Nganjuk. Skripsi, tidak di publikasikan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah. Malang.
Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847
Swastha, Basu dan Irawan. (2000). “Manajemen Pemasaran Modernâ€. Yogyakarta : Liberty Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).