Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Motor Kawasaki pada Pt. Kawansakti Adhisejahtera Bintaro Tangerang Selatan

Authors

  • Asep Sulaeman Universitas Pamulang
  • Komarudin Komarudin Universitas Pamulang
  • Suharni Rahayu Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v1i1.10063

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian.

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap PT Kawansakti Adhisejahtera, untuk mengetahui Keputusan Pembelian Motor Kawasaki pada PT Kawansakti Adhisejahtera Bintaro – Tangerang Selatan.

Metode. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan eksplanasi deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini diantara lain memperoleh data penjualan, dan melakukan penyebaran angket (Kuesioner) yang berisi 10 penyataan terkait dari variabel Kualitas Pelayanan dan 10 pernyataan terkait dari variabel Keputusan Pembelian kepada 100 responden. Adapun uji yang digunakan yaitu Uji Validitas, Uji Realibilitas , Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi, Regresi Linear Sederhana, Uji Signifikansi dan Hipotesis.

Hasil. Hasil analisis menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen PT Kawansakti Adhisejahtera dengan hasil thitung > ttabel sebesar (5.692 > 1.998), nilai koefisien regresi sebesar 0.447 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Hipotesis berbunyi terhadap pengaruh posiif signifikan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Kawansakti Adhisejahtera.

Implikasi. Sebaiknya pihak PT Kawansakti Adhisejahtera lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan terutama pada indikator jaminan. Hal ini perlu dilakukan guna meningkatkan keputusan pembelian pelanggan.

References

Amrrullah, Pamasang S, Siburian, Saida, dan Zainur, Ossalamia. (2016). “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Hondaâ€. Vol 13, 2.

Assauri, Sofjan. (2011). ManajemenPemasaran.Jakarta :RajaGrafindoPersada.

Ayse, (2007). AnEvaluation of Fast-FoodPreferencesAccordingto Gender.Humanity& Social Sciences Journal,Vol. 2 Hal. 43-50.

Ghozali, Imam. (2014). AplikasiAnalisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani. (2014). ManajemenPersonaliadanSumberDayaManusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu. S. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Hurriyati, Ratih. (2008). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Husein, Umar. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Istijanto, (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, Jakarta: Gramedia PustakaUtama.

James A.F Stoner. (2007). Manajemen Jilid I, terj. Alexander. Sindoro, Jakarta: Prahallindo.

Joseph. (2013). “Motivasi, Persepsi, Kualitas Layanan, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Manadoâ€. ISNN 2303-1174: Vol. 1 No. 4.

Juhana Wijaya, (2011). Pelayanan Prima, Bandung: Armico.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsipPemasaran.Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga,(22-23).

.andK.L. Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi Ke 14. Jilid Ke 1, Jakarta: Erlangga.

. (2009). ManajemenPemasaran,Edisi 13. Jakarta:Erlangga.

Kurniawan. (2010). Management Marketing.Journal of A Case Study in Air Asia, Hal. 21.

Natalia, Siow. (2013). “Kualitas Layanan dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria FU 150 di Kota Manadoâ€. ISNN 2303-1174: 1069-1078. Vol 3. Print

Oliver, (2007). Measurement and Evaluation of Satisfaction Processes in Retail Settings .Journal of Retailing. 57(3), 25–48.

Panji Arief. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Hara Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Semarang

Panji, Arief. Sugiono (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Hara Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Semarang.

Rangkuti, Fredly. (2008). Messuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro. (2011). Cara Menggunakandan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Cetakan Ketiga. Bandung: Alfabeta.

Sarwono. (2007). MetodePenelitianKuantitatifdanKualitatif. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3), 30-36.

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri. 4 (1), 38 – 51.

Sugiyono. (2012). MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2013). StatistikauntukPenelitian.Bandung :Alfabeta.

Swastha, Basu. (2009). ManajemenPenjualan. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono. Fandy. (2008). Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2021-02-28

How to Cite

Sulaeman, A., Komarudin, K., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Motor Kawasaki pada Pt. Kawansakti Adhisejahtera Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, 1(1), 68–75. https://doi.org/10.32493/arastirma.v1i1.10063