Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Matahari Department Store Supermall Karawaci Tangerang

Authors

  • Asep Suherman Universitas Pamulang
  • Komarudin Komarudin Universitas Pamulang
  • Suharni Rahayu Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23181

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembeli

Abstract

Tujuan. untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada Matahari Department Store Supermall Karawaci Tangerang untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Matahari Department Store Supermall Karawaci Tangerang untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Matahari Department Store Supermall Karawaci Tangerang.

Metode. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis.

Hasil. Harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian  dengan hasil Thitung 11,840 dan signifikansi 0,000, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan hasil Thitung 10,326 dan signifikansi 0,000, harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian dengan hasil Fhitung 76,96 dan signifikansi 0,000.

Implikasi. Perusahaan perlu memperhatian kualitas produk, terutama mengenai daya tahan produk karena itu merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

 

References

Andi, Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Basu Swastha dan Irawan. 2013. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Darmadi, & Setiawan, R. (2020). Analisis Implementasi Global Vision Melalui Straregi Pemasaran Perusahaan Roti Maulana Bakery Yang Berimplikasi Pada Daya Saing. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2), 316–325.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Schiffman. dan Kanuk. (2011). Persepsi Kualitas, Consumer Behavior. New Jersey: Perason Prestice Hall.

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3), 30-36.

Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Bandung: ALFABETHA

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Suherman, A., Komarudin, K., & Rahayu, S. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Matahari Department Store Supermall Karawaci Tangerang. Jurnal Arastirma, 2(2), 295–302. https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23181