Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Matahari Department Store Supermall Karawaci Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23181Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Keputusan PembeliAbstract
Tujuan. untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada Matahari Department Store Supermall Karawaci Tangerang untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Matahari Department Store Supermall Karawaci Tangerang untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Matahari Department Store Supermall Karawaci Tangerang.
Metode. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis.
Hasil. Harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan hasil Thitung 11,840 dan signifikansi 0,000, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan hasil Thitung 10,326 dan signifikansi 0,000, harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian dengan hasil Fhitung 76,96 dan signifikansi 0,000.
Implikasi. Perusahaan perlu memperhatian kualitas produk, terutama mengenai daya tahan produk karena itu merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
References
Andi, Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Basu Swastha dan Irawan. 2013. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Darmadi, & Setiawan, R. (2020). Analisis Implementasi Global Vision Melalui Straregi Pemasaran Perusahaan Roti Maulana Bakery Yang Berimplikasi Pada Daya Saing. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2), 316–325.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Schiffman. dan Kanuk. (2011). Persepsi Kualitas, Consumer Behavior. New Jersey: Perason Prestice Hall.
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3), 30-36.
Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Bandung: ALFABETHA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).