Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah di Tangerang Selatan

Authors

  • Aldila Rahma Putri Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v4i1.36694

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian Wardah Cosmetics di Tangerang Selatan.

Metode. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli kosmetik Wardah di Tangerang Selatan dengan sampel yang digunakan sebanyak 98 orang responden. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier berganda.

Hasil. Penelitian ini memberikan bukti temuan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Tangerang Selatan. 2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Tangerang Selatan. 3) Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Tangerang Selatan.

Implikasi. Harga dalam penelitian ini memberikan pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian oleh karena itu pihak Wardah perlu memonitor harga yang ditetapkan oleh merek produk pesaing agar harga yang ditentukan Wardah tidak terlalu tinggi.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Amilia, S., & Asmara, M.O. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1).

Amrullah., Siburian, P.S., & Zainurossalamia, S. ZA. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 13(2). http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v13i2.826

Andalusi, R., & Irfanudin, A. M. (2021). Kualitas Produk dan Kualitas Layanan serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian produk Filter Paper Whatman di distribusikan oleh PT Laborindo Sarana. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 04(1), 212–224. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.9491

Anggraeni, C. (2021). Pengaruh Produk, Harga, Dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Wardah Cosmetic di Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Arianto, N., & Giovanni. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 12–22. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4075

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2016). Manajemen Operasi Produksi (Pencapaian Sasaran. Organisasi Berkesinambungan). Edisi 3. Jakarta: PT .Raja Grafido Persada.

Ghillyer, A. W. (2016). Business Ethics Now, fourth edition. Mc Graw-Hill.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryono, B. (2018). How To Be a Professional Customer Service. Yogyakarta: CV Andi.

Hasibuan, M. S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Herdiyanti. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio di Ciamis. Jurnal Wahana Pendidikan. 4(1). http://dx.doi.org/10.25157/wa.v4i1.366

Kotler, P. & Amstrong, G. (2016). Principle of Marketing. 15th edition, New Jersey: Prentice-Hall Published.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasara, 2(3), 59–72. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2830

Miauw, K.Y. H. (2016). Pengaruh Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 1(5).

Mullins, J.W., & Walker Jr, Orville C. (2016). Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw - Hill International Edition.

Oktarini, R. (2020). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 52–58. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.5016

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Robbins, S. P. & Coulter, M. (2016). Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Jakarta: Erlangga.

Saladin, D. (2016). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian, Edisi 3. Bandung: CV. Linda Karya.

Sarinah dan Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen. Penerbit Deepublish. Sleman.

Sedjati, R. S. (2018). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 30–36. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4738

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi., Fristin, Y., & Indra, G. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Manajemen. 3(1) 135-144.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Putri, A. R. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah di Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, 4(1), 167–176. https://doi.org/10.32493/arastirma.v4i1.36694