Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah di Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v4i1.36694Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian Wardah Cosmetics di Tangerang Selatan.
Metode. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli kosmetik Wardah di Tangerang Selatan dengan sampel yang digunakan sebanyak 98 orang responden. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier berganda.
Hasil. Penelitian ini memberikan bukti temuan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Tangerang Selatan. 2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Tangerang Selatan. 3) Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Tangerang Selatan.
Implikasi. Harga dalam penelitian ini memberikan pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian oleh karena itu pihak Wardah perlu memonitor harga yang ditetapkan oleh merek produk pesaing agar harga yang ditentukan Wardah tidak terlalu tinggi.
References
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.
Amilia, S., & Asmara, M.O. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1).
Amrullah., Siburian, P.S., & Zainurossalamia, S. ZA. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 13(2). http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v13i2.826
Andalusi, R., & Irfanudin, A. M. (2021). Kualitas Produk dan Kualitas Layanan serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian produk Filter Paper Whatman di distribusikan oleh PT Laborindo Sarana. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 04(1), 212–224. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.9491
Anggraeni, C. (2021). Pengaruh Produk, Harga, Dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Wardah Cosmetic di Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang.
Arianto, N., & Giovanni. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 12–22. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4075
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. (2016). Manajemen Operasi Produksi (Pencapaian Sasaran. Organisasi Berkesinambungan). Edisi 3. Jakarta: PT .Raja Grafido Persada.
Ghillyer, A. W. (2016). Business Ethics Now, fourth edition. Mc Graw-Hill.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haryono, B. (2018). How To Be a Professional Customer Service. Yogyakarta: CV Andi.
Hasibuan, M. S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.
Herdiyanti. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio di Ciamis. Jurnal Wahana Pendidikan. 4(1). http://dx.doi.org/10.25157/wa.v4i1.366
Kotler, P. & Amstrong, G. (2016). Principle of Marketing. 15th edition, New Jersey: Prentice-Hall Published.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasara, 2(3), 59–72. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2830
Miauw, K.Y. H. (2016). Pengaruh Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 1(5).
Mullins, J.W., & Walker Jr, Orville C. (2016). Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw - Hill International Edition.
Oktarini, R. (2020). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 52–58. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.5016
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Robbins, S. P. & Coulter, M. (2016). Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Jakarta: Erlangga.
Saladin, D. (2016). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian, Edisi 3. Bandung: CV. Linda Karya.
Sarinah dan Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen. Penerbit Deepublish. Sleman.
Sedjati, R. S. (2018). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 30–36. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4738
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi., Fristin, Y., & Indra, G. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Manajemen. 3(1) 135-144.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aldila Rahma Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).