Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pt. Outletz Worldwide Indonesia

Authors

  • Reza Khairul Hadi Universitas Pamulang
  • Sunanto Sunanto Universitas Pamulang
  • Nurmin Arianto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23179

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan pelanggan

Abstract

Tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk pada PT. Outletz Worldwide Indonesia secara Parsial, untuk mengetahui Pengaruh Kualitas pelayanan pada PT. Outletz Worldwide Indonesia Secara Parsial dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas Produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Outletz Worldwide Indonesia secara Simultan.

Metode. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan metode kuantitatif dan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokolerasi, uji hetereoskeasitas, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f.

Hasil. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Semakin tinggi kualitas produk dan kualitas pelayanan maka akan semakin meningkatkan kepuasan pelanggan. Demikian pula sebaliknya, jika kualitas produk dan kualitas pelayanan rendah maka kepuasan pelanggan juga akan mengalami penurunan. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji statistik F hitung > F tabel atau (20,314 > 4.90 ), hal tersebut juga diperkuat dengan probability 0.000 < 0.01. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Kontribusi pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan adalah sebesar 34.8% sedangkan sisanya sebesar 65.2% dipengaruhi faktor lain.

Implikasi. Pegawai PT Outletz Worldwide Indonesia tanggap dalam membantu para pelanggan, oleh karena itu PT Outletz Worldwide Indonesia harus lebih meningkatkan lagi Pelayanan nya dengan cara merespon lebih cepat lagi dan tanggap terhadap keluhan pelanggan.

 

References

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12th. Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip dan Kevin Lane Keller, (2012), Manajemen Pemasaran ed.Ketiga. Belas. Jilid 2 Terjemahan oleh BOB Sabran MM: Penerbit Erlangga.

Laksana, Fajar. (2011). Manajemen Pemasaran, Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha. Ilmu

Sulaeman, A., Komarudin, K., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Kawasaki Pada PT. Kawansakti Adhisejahtera Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, 1(1), 68–75. Https://Doi.Org/10.32493/Arastirma.V1i1.10063

Tjiptono, F. (2016), Strategi Pemasaran.Edisi ke dua, penerbit Andi, Yogyakarta.

Tasunar, N. (2006), Kualitas Layanan Sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan Pada Pangkalan Pendaratan Ikan (Ppi) Morodemak, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. V, No. 1 Mei 2006,h. 41-62.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Hadi, R. K., Sunanto, S., & Arianto, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pt. Outletz Worldwide Indonesia. Jurnal Arastirma, 2(2), 277–285. https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23179

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.