Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand Sanitizer Merek Kiklin Pada Pt Mandiri Inovasi Bersama di Kabupaten Tangerang

Authors

  • Muhammad Shidqi Hazmi Universitas Pamulang
  • Veta Lidya Delimah Pasaribu Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v4i1.35998

Keywords:

Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Kualitas Produk secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan Pembelian pada PT Mandiri Inovasi Bersama di Kabupaten Tangerang

Metode. Penelitian menggunakan metode peneltian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yakni menggunakan seluruh populasi yang berjumlah 142 orang sebagai sampel. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis.

Hasil.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi  memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana diperoleh nilai thitung > ttabel atau (11,498 > 1,977) dan diperkuat dengan nilai Ï value < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05). Kualitas Produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana diperoleh nilai thitung > ttabel atau (8,491 > 1,977). dan diperkuat dengan nilai Ï value < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05). Promosi dan Kualitas Produk  memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (72,101 > 3,060), hal ini juga diperkuat dengan Ï value < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05).

Implikasi. Strategi promosi yang dilakukan oleh PT Mandiri Inovasi Bersama belum maksimal, seharusnya pihak PT Mandiri Inovasi Bersama harus lebih responsif terhadap pelanggan terutama informasi terkait lamanya promosi yang akan berlangsung. Jika ada permintaan khusus atau pertanyaan dari pelanggan, tanggaplah dengan cepat dan beri respon yang baik.

 

References

Alma.B. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing. 17th red. New York

Damiati. (2017). Perilaku Konsumen. Depok: PT Grafindo Persada.

Kotler, & Armstrong. (2016). Principles Of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England: Pearson Education Limited.

Lupiyoadi, R. (2019). Manajemen Pemasaran jasa. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Pasaribu, V. L. D. (2018). Analisis Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Hand And Body Lotion Merek Citra (Studi Kasus Carrefour Pamulang, Tangerang Selatan). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(4), 77-92.

Pasaribu, V. L. D. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor TVS. Business Management Journal (BMJ).18(1).

Pasaribu, V. L. D. (2023). The Influence of Service Quality and Price on Customer Satisfaction (CV.Herina Catering). International Journal of Integrative Sciences, 2(8), 1223–1238. https://doi.org/10.55927/ijis.v2i8.5605

Pasaribu, V. L. D.., Fadillah, F., & Haryoko, U.B. (2023). Analysis of the Effect of Customer Satisfaction of Internet Service Providers Using Structural Equation Modeling. International Journal of Integrative Sciences, 2(9), 1445–1458. https://doi.org/10.55927/ijis.v2i9.5998

Ririn Rosyidi, Moh dkk. (2020). Monogrof Pengendalian Kulitas Ikan Bandeng Dengan Metode Seven Tools. Yogyakarta: CV. Bintang Surya Madani

Septiani, R., Pasaribu, V.L.D., Elburdah, R.P., Rahayu, S., & Krisnaldy. (2023). The Marketing Strategy of Saving and Loan Cooperatives in South Tangerang: the Use of SWOT Analysis. International Journal of Integrative Sciences, 2(9), 1479–1490.

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Hazmi, M. S., & Pasaribu, V. L. D. (2024). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand Sanitizer Merek Kiklin Pada Pt Mandiri Inovasi Bersama di Kabupaten Tangerang. Jurnal Arastirma, 4(1), 206–216. https://doi.org/10.32493/arastirma.v4i1.35998

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.