Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand Sanitizer Merek Kiklin Pada Pt Mandiri Inovasi Bersama di Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v4i1.35998Keywords:
Promosi, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Kualitas Produk secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan Pembelian pada PT Mandiri Inovasi Bersama di Kabupaten Tangerang
Metode. Penelitian menggunakan metode peneltian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yakni menggunakan seluruh populasi yang berjumlah 142 orang sebagai sampel. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis.
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana diperoleh nilai thitung > ttabel atau (11,498 > 1,977) dan diperkuat dengan nilai Ï value < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05). Kualitas Produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana diperoleh nilai thitung > ttabel atau (8,491 > 1,977). dan diperkuat dengan nilai Ï value < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05). Promosi dan Kualitas Produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (72,101 > 3,060), hal ini juga diperkuat dengan Ï value < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05).
Implikasi. Strategi promosi yang dilakukan oleh PT Mandiri Inovasi Bersama belum maksimal, seharusnya pihak PT Mandiri Inovasi Bersama harus lebih responsif terhadap pelanggan terutama informasi terkait lamanya promosi yang akan berlangsung. Jika ada permintaan khusus atau pertanyaan dari pelanggan, tanggaplah dengan cepat dan beri respon yang baik.
References
Alma.B. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing. 17th red. New York
Damiati. (2017). Perilaku Konsumen. Depok: PT Grafindo Persada.
Kotler, & Armstrong. (2016). Principles Of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Lupiyoadi, R. (2019). Manajemen Pemasaran jasa. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Pasaribu, V. L. D. (2018). Analisis Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Hand And Body Lotion Merek Citra (Studi Kasus Carrefour Pamulang, Tangerang Selatan). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(4), 77-92.
Pasaribu, V. L. D. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor TVS. Business Management Journal (BMJ).18(1).
Pasaribu, V. L. D. (2023). The Influence of Service Quality and Price on Customer Satisfaction (CV.Herina Catering). International Journal of Integrative Sciences, 2(8), 1223–1238. https://doi.org/10.55927/ijis.v2i8.5605
Pasaribu, V. L. D.., Fadillah, F., & Haryoko, U.B. (2023). Analysis of the Effect of Customer Satisfaction of Internet Service Providers Using Structural Equation Modeling. International Journal of Integrative Sciences, 2(9), 1445–1458. https://doi.org/10.55927/ijis.v2i9.5998
Ririn Rosyidi, Moh dkk. (2020). Monogrof Pengendalian Kulitas Ikan Bandeng Dengan Metode Seven Tools. Yogyakarta: CV. Bintang Surya Madani
Septiani, R., Pasaribu, V.L.D., Elburdah, R.P., Rahayu, S., & Krisnaldy. (2023). The Marketing Strategy of Saving and Loan Cooperatives in South Tangerang: the Use of SWOT Analysis. International Journal of Integrative Sciences, 2(9), 1479–1490.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Shidqi Hazmi, Veta Lidya Delimah Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).