Tingkat Kebutuhan Materi Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Jurusan non Bahasa Indonesia di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Pamulang

Authors

  • Dewi Ulfah Arini Universitas Pamulang
  • Chepi Safei Jumhana Universitas Pamulang
  • Rudy Rudy Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.28484

Keywords:

Tingkat Kebutuhan, Materi Bahasa Indonesia, Mahasiswa Non Bahasa

Abstract

Tujuan. Tuntutan bagi mahasiswa Non Bahasa Indonesia adalah terbatas pada penggunaan dalam proses penulisan laporan akhir penelitian. Tujuannya untuk melihat kebutuhan mahasiswa dalam kemampuan menuangkan ide dan penulisan dengan bahasa yang baik dan benar sehingga laporan yang dihasilkan dapat diterima oleh Instansi Pendidikan Tinggi. Setiap perguruan tinggi menjadikan Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah dasar umum, dimana diwajibkan untuk mempelajari dan memahami Bahasa Indonesia. Setiap mahasiswa yang berada dalam non Bahasa Indonesia perlu mempelajari keterampilan dalam berbahasa serta aspek kebahasaan lainnya sesuai konteks ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Metode. Metoede yang dilakukan adalah dengan kualitatif dimana menggunakan teknik wawancara dan observasi dilapangan dengan populasi Mahasiswa Non Bahasa Indonesia Prodi Akuntansi dan Manajemen sebanyak 50 mahasiswa.

Hasil. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ditemukan kesulitan yang mendalam pada mahasiswa untuk memahami Bahasa Indonesia terutama dalam aspek Tata cara menyusun kalimat, Penulisan laporan dalam bentuk uraian dan Tata cara menyusun kalimat sederhana. Berdasarkan persentase kebutuha yang paling tinggi sebesar 30% adalah kebutuhan penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam tugas akhir sedangkan yang terencah adalah penggunaan kalimat Imbuhan dan SPOK sebesar 2%. Adanya kebutuhan tinggi untuk memahami penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kaidah pokok yang berlaku dalam menyusun laporan akhir perkuliahan. Kesimpulannya adalah masih terdapat kebutuhan yang mendasar akan pemahaman bahasa Indonesia bagi mahasiswa Non Bahasa Indonesia dalam menyusun Laporan akhir.

Implikasi. Agar perkuliahan dapat berfokus pada mahasiswa. porsi latihan lebih banyak. dosen berperan sebagai fasilitator. dosen menyediakan hand out, diktat, atau buku ajar bahan perkuliahan, agar ketika mahasiswa mengerjakan tugas-tugas latihan dapat memanfaatkan bahan perkuliahan tersebut di rumah.

References

Astuty, Sri Puji, (2019). Kohesi dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan.†Junral Undip: Fakultas Ilmu Budaya.Online: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/nusa/article/view/27024

Barimbing Suryani, Oktavia Yunisa (2022). “Telaah Pembelajaran Mahasiswa Terhadap Peran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggiâ€, Jurnal E-Science Humanity, Universitas Putera Batam, Vol 2 no 2 Mei 2022.

Mahsun, (2005). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset. Mansyur, Umar. 2016. Bahasa Indonesia dalam Belitan Media Sosial: Dari Cabe-Cabean Hingga Tafsir Al-Maidah 51. In Prosiding Seminar Nasional & Dialog Kebangsaan dalam Rangka Bulan Bahasa 2016 (pp. 145–155).

Mulyana. (2005). Kajian Wacana: Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Marzuki, Ahmad. (2022). Analisis Kohesi Gramatikal dan Leksikal Pada Karya Ilmiah Mahasiswa Non Bahasa Indonesia di Universitas Islam Malang, FKIP Malang. Dalam jurnal Jurnal penelitian, pendidkan dan Pembelajaran, Vol 17, No. 13 (2022).

Pratomo Agus. (2016). Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Nizamia Learning Center

Pranowo, (2015), Kebutuhan Materi kuliah Bahasa Indoensia Mahasiswa Jurusan Non Bahasa Indonesia di Universitas Sanata Darma, Jurnal kependidikan nomor 1, tahun xxxv, Mei 2005, Jogjakarta

Rahayu, Arum Putri. (2015). Menumbuhkan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Pendidikan dan Pengajaran. Jurnal: Paradigma, 2(1), Halaman 1-15.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syahputra, Edy, Dkk, (2022). Penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negri Sumatera Utara), Jurnal Multi Disiplin Dehasen (Mude), Vol 1 No. 3 Juli 2022. Bengkulu.

Wibowo, Wahyu. (2003). Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia

Wirastuti, Intan, (2013). Analisis Kesalahan Berbahsa Pada Penulisan Latar Belakang Skripsi Mahasiswa Non Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiya Surakarta, Academia, Jakarta

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Arini, D. U., Jumhana, C. S., & Rudy, R. (2023). Tingkat Kebutuhan Materi Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Jurusan non Bahasa Indonesia di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Pamulang. Jurnal Arastirma, 3(1), 158–168. https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.28484