Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E-commerce

Authors

  • Veronika Oktaviani Universitas Katolik Musi Charitas Palembang
  • Nataliani Nataliani Universitas Katolik Musi Charitas Palembang
  • Tri Wahyuni Tunggal Dewi Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jaras.v4i2.37188

Keywords:

KUALITAS LAYANAN, PROMOSI, KEPUASAN KONSUMEN

Abstract

Tujuan. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada e-commerce.

Metode. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan Populasi yang akan ada dalam penelitian ini adalah semua orang yang menggunakan aplikasi shopee. Sampel yang akan diambil untuk penelitian ini adalah berkisaran 100 sampel. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik non-probability sampling dan metode purposive sampling. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Dengan teknik analisis data yang akan di gunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, uji hipotesisi, yang terdiiri dari uji koefisien determinasi.

Hasil. Dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Variabel kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen, (2) Variabel promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen.

Implikasi. Berdasarkan hasil penelitian dari variabel kualitas layanan dan promosi dalam mempengaruhi kepuasan konsumen pada e-commerce, oleh karena itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas layanan yang baik dan benar serta memberikan promosi yang dapat menarik perhatian para konsumen, upaya tersebut dapat dengan melihat dan memahami keinginan pelanggan agar tercipta pengalaman positif yang nantinya akan menjadi acuan bagi konsumen lain dalam kepuasan pembelian dalam berbelanja di e-commerce.

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2019). Manajemen Pemasaran (1st Ed.). Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Akbar, M. A., & Alam, S. N. (2020). E-Commerce Dasar Teori Dalam Bisnis. Digital. Yayasan Kita Menulis

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk (B. Nasution (Ed.)). PT Inovasi Pratama Internasional.

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan. Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton.

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan. Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton.

Ariyani, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap; Kepuasan Pelanggan, Perceived Value, dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Pengguna Shopee Food Di Kota Yogyakarta.

Arni Kurniati & Siti Nurkhasanah (2022) Jurnal Manajemen Dan Dinamika Bisnis Program Studi Manajemen, FEB Universitas Dian Nuswantoro

Atmaja, Jaka. 2018. "Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB" Jurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 1 April 2018. AKOM BSI: Jakarta.

Detika Yossy Pramesti 1, S. W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Dan Promosi E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shoppe. http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP, 27-39.

Detika Yossy Pramesti, S. W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Dan Promosi E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP.

Dihni, v. a. (2022). 10 E-commerce dengan pengunjung terbanyak kuartal I 2022.

Fredi Prada (2018) Universitas Pembangunan Panca Budi Universitas Di Medan, Sumatera Utara

Fredi Prada. Jurnal Manajemen Bisnis 9 (2), 193-212, 2018. Pengaruh manajemen hubungan pelanggan, kualitas pelayanan, dan kualitas pengalaman terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada nasabah PT FAC Sekuritas Indonesia di Yogyakarta.

Gilbert Dkk Dalam Jurnal Aryani Dan Rosnita (2010:11115) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia Pada Mahasiswa Fe Uii Pengguna Shopee.

Gofur, 2019:43 Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan OTO Car Wash

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 37-44.

Hamdani Dkk (2017:92) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Grapari Telkomsel Kota Lhokseumawe

Harmayani, Et, Al. (2020). E-Commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis

Indri Kartini Tampanguma, Dkk (2022) Kontribusi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Ghefa Therapy Center. Economies And Dipthal Business Review. Https://Doi.Org/10.37531/Ecotal

Jessica J. Lenzun, James D.D. Massie, James D.D. Massie (2014) Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi , Manajemen, Bisnis Dan Akuntasi.

Kotler Dan Killer, (2008) Manajemen Pemasaran.

Kotler Et Al., (2021). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro Dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Loudon, (Dalam Afifah,2021) Pengertian E-Commerce. Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Universitas Di Bandar Lampung

Manengal (2021) Manengal, B., Kalangi, J. A., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Bengkel Motor Ando Tombatu. Productivity, 2(1), 42- 46.

Mcdaniel Et Al. (2011) Dalam (Setiyaningrum Et Al., 2015:223) Pelaksanaan Promosi Pada PT. Mitra Megah Profitamas Cabang Tanjung

Nizar Alam Hamdani1, M. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pizza Express Jakarta. Jurnal Wacana Ekonomi.

Nurafrina Siregar, Mifta Elfikri, Rizka Paramitha daulay. Pengaruh Lokasi. Promosi, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen. Studi Pada Pengunjung Kawasan Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat

portaluqb. (n.d.). indeks oleh google pada april 2020. http://portaluqb.ac.id:808/167/4/BAB%20II.pdf.

Praestuti, C. (2020). Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mama-Mama Penjual Noken Di Oyehe Kabupaten Nabire. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 10(1), 21–24. Https://Doi.Org/10.35797/Jab.10.1.2020.28825.21-24

Rendy Gulla, S. G. (2015). Analisis Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn. Emba, 1313-1322.

Sekaran & Bougie, (2016) Metode Penelitian Untuk Bisnis: Pendekatan Membangun Keterampilan. Edisi Ke-6, Wiley, New York

Sekaran, U. Dan Bougie, R. (2013) Metode Penelitian Untuk Bisnis: Pendekatan Membangun Keterampilan. Edisi Ke-6, Wiley, New York.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks”. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.

Soekanto Dan Mamudji, (1989) Metode Hukum. Universitas Mataram (UNRAM) Universitas Negeri Di Mataram, Nusa Tenggara Barat

Sugiyono 2019:143 Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, Dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung

Widyanita, F. A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia Pada Mahasiswa Fe Uii Pengguna Shopee.

wikipedia. (n.d.). shopee. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Shopee .

Zanualita Putri Wulandari, A. M. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. jurnal dinamika administrasi bisnis.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Oktaviani, V., Nataliani, N., & Wahyuni Tunggal Dewi, T. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E-commerce. Jurnal Arastirma, 4(2), 327–340. https://doi.org/10.32493/jaras.v4i2.37188

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.