Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Di Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jaras.v4i2.37258Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha di kota Palembang. Target dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi kepada perusahaan Yamaha dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen di kota Palembang.
Metode. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penduduk di kota Palembang yang pernah membeli dan menggunakan sepeda motor merek Yamaha. Jumlah sampel yang digunakan di dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda.
Hasil. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha.
Implikasi. Perusahaan perlu meningkatkan kualitas produk yang tinggi agar dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan memotivasi konsumen untuk memilih sepeda motor Yamaha dibandingkan merek lain. Sebaliknya, harga yang wajar atau bersaing dapat membuat produk lebih terjangkau, menjadikan keputusan pembelian lebih mudah.
References
Akbar, M. F. (2020). The Influence of Product Quality and Price on Purchasing Decisions atMitraindoSouthTangerangOnlineShop.JurnalAd’ministrare,6(2),237.
Albari, & Safitri, I. (2020). The Influence of Product Price on Consumers’ Purchasing Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research, 7(2), 1–10.
Aldoko, D., Suharyono, & Yulianto, E. (2013). Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa
Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal manajemen dan keuangan, 6(1), 660-669.
Amrullah, A., Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. (2016). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda. Kinerja, 13(2), 99-118.
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). “Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang).” Al Tijarah6 (3): 96–107.
Aryani, L. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online Di Online Shop Lazada. Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).
Asrizal, Syahnur, S., & Nasir, M. (2018). Analisis Kemauan Masyarakat Dalam Membayar Tarif Air Minum Pdam Sektor Rumah Tangga Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik Indonesia, 5(1), 67–82.
Desy Amaliati, S., Rahmat, Y., & Sri Rahayu, M. (2020). The Influence of Understanding, Fakultas Ilmu Administrasi 2012/2013. Administrasibisnis Studentjournal.Ub ..., 40(2).
Ilmiyah, Khafidatul dan Krishemawan, Indra. 2020. Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Jurnal Manajemen Program Studi Manajemen STIE SULTAN AGUNG, Volume 6– Nomor 1.
Insani, N. A., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. JIMEA, 112-122.
Kotler, P & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). United Kingdom: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Edition).
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012). Principles of Marketing 14E. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip, dan Amstrong, Gery. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jilid 1. Alih bahasa Bob Sarban. Erlangga. Jakarta.
Kuswanto, & Vikaliana, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 6(2), 195–210. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v6i2.431
Mulya F, C. dan R, Idawati. (2017). Effects of Service Quality, Price and Promotion on Customers’ Purchase Decision of Traveloka Online Airline Tickets in Jakarta, Indonesia. International Journal of Management Science and Business Administration, 3(2), 42–49.
Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Nasution, D. A. (2020). Pengaruh Kalitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee. Jurnal Ecobisma, 7, 43- 53.
Prayogo, M., & Liliani, L. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Bakso Pepo. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(2), 171-180.
Prilano, K., & Sudarso, A. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. 1(1), 1–10.
Property Tax (Empirical Study of PBB-P2 Taxpayers Registered in Jatinegara Sub-District). Advances in Economics, Business and Management Research, 127, 179–182.
Santoso, K. W., Waluyo, H. D., & Listyorini, S. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian permen tolak angin di Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 95-105.
Silaban, B., & Rosdiana, D. (2020). Bernard E. Silaban dan Desi Rosdiana: “Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian pada Online Shop Sociolla. Jurnal Manajemen Bisnis,23(3), 202–224.
Sudrartono, T & D. Saepudin. (2020). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Perkembangan UKM di Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1):59-74.
Swastha, Basu. (2010). Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan. BPFE: Yogyakarta
Tulangow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. 2019. Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 35.
Warungasep. (2022, 01 17). Data AISI 2021: Penjualan Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan TVS dalam Setahun. hal. 1.
Widyan Dwiputra, A. L. (2019). Pengaruh Desain Produk Dan Pengendalian Kualitas Terhadap Kualitas Produk. Retrieved from repositori.unsil.ac.id: http://repositori.unsil.ac.id/995/
Wulandari, Z. P., Mulyati, A., & Tjahjono, E. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan. Dinamika Administrasi Bisnis, 1- 14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fabio Bestra, Verrell Valencio, Nicholas Rawong
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).