Pengaruh Store Atmosphere dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pada Barbershop Sir Salon Cabang Haji Adam Malik Medan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.47532Keywords:
Store Atmosphere, Persepsi Harga, Keputusan Pengunaan JasaAbstract
Tujuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh store atmosphere dan persepsi harga terhadap keputusan penggunaan jasa di barbershop Sir Salon cabang H.J Adam Malik Medan.
Metode. Penelitian ini menggunakan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini konsumen Barbershop Sir Salon Cabang H.J Adam Malik Medan yang berjumlah 6543. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden yang telah memenuhi kriteria yang telah di tentukan. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda dan Uji Hipotesis yang sebelumnya data telah di uji menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Pengolahan data menggunakan program SPSS 21.0 for windows.
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Store Atmosphere dan Persepsi Harga berpengaruh secara positif dan signifikan secara parsial terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Sir Salon Cabang Jalan H. Adam Malik Medan. Dan secara simultan Store Atmosphere dan Persepsi Harga berpengaruh positif terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Sir Salon Cabang Jalan H. Adam Malik Medan.
Implikasi. Store Atmosphere dan Persepsi Harga sangat berpengaruh positif terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Sir Salon Cabang Jalan H. Adam Malik Medan
References
Alfin, M., & Sahadillah. (2017). Pengaruh store atmosphere pada kepuasan pelanggan yang berimplikasi pada loyalitas pelanggan. Jurnal Manajemen, 1(2). ISSN 2355-0295.
Amir, F. (2015). Pengaruh store atmosphere dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen Cosmic Clothing Store. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4(8).
Annisa, D. A. (2021). Pengaruh pemilihan jenis dan warna pencahayaan pada suasana ruang serta kesan pengunjung kafe. Jurnal Arsitektur, 18(1). ISSN 2714-6251.
Arikunto, S. (2008). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. (2009). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dessyana, C. (2012). Store atmosphere pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen di Texas Chicken Multimart II Manado. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1(3). ISSN 2303-1174.
Fauziah, Z., Srikandi, & Kholid. (2016). Pengaruh store atmosphere terhadap emosi dan keputusan pembelian konsumen. Jurnal Psikologi, 33(2).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1). ISSN 2527-7504.
Hardiansyah. (2018). Kualitas pelayanan publik (edisi revisi). Yogyakarta: Gava Media.
Irawan, H. (2015). 10 prinsip kepuasan pelanggan. Jakarta: Alex Media Komputoindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran (Jilid 2, B. Molan, Penerj.). Jakarta: Erlangga.
Kristiana, M., & Edwar, M. (2017). Pengaruh store atmosphere dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 1(1). ISSN 2337-6708.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Geraldo Silitonga, Hendra Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).