Pengaruh Fitur Layanan, Privasi Keamanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Dana Sebagai Alat Pembayaran (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Unimed)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.44320Keywords:
Kepuasan Pengguna, Fitur Layanan, Privasi Keamanan, KepercayaanAbstract
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari fitur layanan, privasi keamanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pengguna aplikasi DANA sebagai alat pembayaran studi pada mahasiswa prodi manajemen UNIMED.
Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pendekatan porposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan metode analisis data partial last square yang didukung oleh SmartPLS vers 4.0 bersama dengan pendekatan Model Structural Equation (SEM).
Hasil. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1) fitur layanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna, 2) privasi keamanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna, 3) kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna, 4) kepercayaan mampu memediasi fitur layanan terhadap kepuasan secara signifikan, 5) kepercayaan mampu memediasi privasi kepercayaan terhadap kepuasan pengguna.
Implikasi. Perusahaan aplikasi perlu meningkatkan fitur layanan dan privasi keamanan untuk memastikan kepuasan dan keamanan pengguna. Selain itu, penting untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan pengguna dengan terus memenuhi harapan mereka, sehingga reputasi baik perusahaan terjaga.
References
A, M. (2023). The Effect of Privacy (Security) Setting, Aplication Design and E-Trust on E-Relationship Satisfaction and E-Loyality on GoFood in Surabaya. 439-444.
Artina, N. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahaan, Kepercayaan Dan Fitur Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan E-Money Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 120-131.
Dwi Irawan, M. W. (2020). Pengaruh Privasi dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Paymen Fintech . Jurnal Kajian Akuntansi, 52-62.
Fadhilah Oktariani, M. P. (2024). Pengaruh Fitur Layanan Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Mneggunakan Mobile Banking Pada Bank Syahriah Indonesia Ke Palembang Demang Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 618-626.
Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Mutivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisis 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
GoodStats. (2022). E-wallet yang paling banyak dipakai di Indonesia. Survei Pupulix.
Hotana, M. S. (2019). Industri E-Commerce Dalam Menciptakan Pasar Yang kompetitif Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha. Jurnal Hukum Bisnis Bonum Cummune, 28-28.
Insrososiawan, S. H. (2019). User Mobile Payment Behavior UsingTechnology Acceptance Model (TAM): Studi of "Dana E-wallet Users. Jurnal Minds Manajemen Ide dan Inspirasi , 181-192.
Philip Kotler, K. L. (2009). Marketing Management. England: Person Education Limited .
Rizky Prasetya Putra, S. H. (2022). Pengaruh Privacy & Security, Desain, Customer Service & Support Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Uang Elektronik OVO Di Surabaya. Soetomo Business Riview, 639-659.
Sangadji, E. M. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Jurnal Penelitian Edisi 1, Cetakan 1. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Schmitt, B. (2011). Experience Marketing: Concepts, Frameworks and Customer Insights. New York : Foundations and Trends in Marketing.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi III . Yogyakarta: CV.Andi Offset.
Utomo, I. P. (2023). Analisis Pengaruh Website Design, Customer Service, Dan Privacy Security di Aplikasi Shopee Terhadap E-Service Quality Dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Mediasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sindy Aliffiyah Saragih, Zulkarnain Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).