Pengaruh Fitur Layanan, Privasi Keamanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Dana Sebagai Alat Pembayaran (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Unimed)

Authors

  • Sindy Aliffiyah Saragih Universitas Negeri Medan
  • Zulkarnain Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.44320

Keywords:

Kepuasan Pengguna, Fitur Layanan, Privasi Keamanan, Kepercayaan

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari fitur layanan, privasi keamanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pengguna  aplikasi DANA sebagai alat pembayaran studi pada mahasiswa prodi manajemen UNIMED.

Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pendekatan porposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan metode analisis data partial last square yang didukung oleh SmartPLS vers 4.0 bersama dengan pendekatan Model Structural Equation (SEM).

Hasil. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1) fitur layanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna, 2) privasi keamanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna, 3) kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna, 4) kepercayaan mampu memediasi fitur layanan terhadap kepuasan secara signifikan, 5) kepercayaan mampu memediasi privasi kepercayaan terhadap kepuasan pengguna.

Implikasi. Perusahaan aplikasi perlu meningkatkan fitur layanan dan privasi keamanan untuk memastikan kepuasan dan keamanan pengguna. Selain itu, penting untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan pengguna dengan terus memenuhi harapan mereka, sehingga reputasi baik perusahaan terjaga.

References

A, M. (2023). The Effect of Privacy (Security) Setting, Aplication Design and E-Trust on E-Relationship Satisfaction and E-Loyality on GoFood in Surabaya. 439-444.

Artina, N. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahaan, Kepercayaan Dan Fitur Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan E-Money Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 120-131.

Dwi Irawan, M. W. (2020). Pengaruh Privasi dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Paymen Fintech . Jurnal Kajian Akuntansi, 52-62.

Fadhilah Oktariani, M. P. (2024). Pengaruh Fitur Layanan Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Mneggunakan Mobile Banking Pada Bank Syahriah Indonesia Ke Palembang Demang Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 618-626.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Mutivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisis 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

GoodStats. (2022). E-wallet yang paling banyak dipakai di Indonesia. Survei Pupulix.

Hotana, M. S. (2019). Industri E-Commerce Dalam Menciptakan Pasar Yang kompetitif Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha. Jurnal Hukum Bisnis Bonum Cummune, 28-28.

Insrososiawan, S. H. (2019). User Mobile Payment Behavior UsingTechnology Acceptance Model (TAM): Studi of "Dana E-wallet Users. Jurnal Minds Manajemen Ide dan Inspirasi , 181-192.

Philip Kotler, K. L. (2009). Marketing Management. England: Person Education Limited .

Rizky Prasetya Putra, S. H. (2022). Pengaruh Privacy & Security, Desain, Customer Service & Support Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Uang Elektronik OVO Di Surabaya. Soetomo Business Riview, 639-659.

Sangadji, E. M. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Jurnal Penelitian Edisi 1, Cetakan 1. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Schmitt, B. (2011). Experience Marketing: Concepts, Frameworks and Customer Insights. New York : Foundations and Trends in Marketing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi III . Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Utomo, I. P. (2023). Analisis Pengaruh Website Design, Customer Service, Dan Privacy Security di Aplikasi Shopee Terhadap E-Service Quality Dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Mediasi.

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

Saragih, S. A., & Siregar, Z. (2025). Pengaruh Fitur Layanan, Privasi Keamanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Dana Sebagai Alat Pembayaran (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Unimed). Jurnal Arastirma, 5(1), 129–140. https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.44320

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.