Mengembangkan Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran PPKn melalui Reward dan Punishment

Penulis

  • Alinurdin Alinurdin Universitas Pamulang
  • Suwahyu Suwahyu Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p13-24

Kata Kunci:

kemandirian belajar, reward dan punishment, pembelajaran PPKn

Abstrak

Banyak guru tidak paham dengan apa yang dibutuhkan peserta didik, bahkan tidak mengerti cara memberikan motivasi. Padahal, terdapat berbagai cara yang bisa diterapkan guru dalam memotivasi  peserta didik untuk mengembangkan kemandirian, salah satunya adalah dengan memberikan reward dan punishment. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling sederhana sebanyak 78 responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward dan punishment berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Para guru hendaknya melakukan pemberian reward dan punishment seperti pujian atau hadiah, teguran, tugas tambahan atau memberlakukan time out. Sehingga, secara tidak langsung memberikan pilihan kepada peserta didik untuk menentukan sikap mana yang harus mereka tampilkan.

Referensi

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Mengajar.Jakarta: Erlangga.

Dalyono, M. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Darmadi, H. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.Bandung: Alfabeta.

Irhamsyah, F. dkk. (2016). Pendidikan 18 Karakter Bangsa: Kreatif dan Mandiri. Jakarta: Mustika Pustaka Negeri.

Kaelan. (2014). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Mujiman, H. (2007). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

Purwanto, N. (2007). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2017). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Sunarto, B. & Hartono, A. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yusuf, S. A. & Nurihsan, J. (2011). Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2019-03-28

Cara Mengutip

Alinurdin, A., & Suwahyu, S. (2019). Mengembangkan Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran PPKn melalui Reward dan Punishment. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p13-24

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.