STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS SDM “GENERASI MILLENIAL & GENERASI Z†DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL ERA 5.0
Keywords:
Millenial & Generasi Z, Dunia Maya, Sumber Daya Manusia, Strategi PengembanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami keterampilan masa depan serta pola pikir generasi milenial & generasi Z dalam menghadapi persaingan global era 5.0 melalui pengembangan kualitas sumber daya manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan memakai pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan kualitas sumber daya manusia yang dilakukan mencangkup peningkatan kapasitas yang dimiliki oleh generasi milenial dan generasi Z dalam menghadapi society 5.0 yang menciptakan siklus kerja berbasis data dan interaksi di dunia maya, strategi dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia ini dilakukan melalui pendekatan-pendekatan dalam manajemen orang yang mencangkup manajemen modal manusia, manajemen sumber daya manusia serta manajemen personalia. Manajemen orang adalah kemampuan untuk memotivasi, mengatur dan mengarahkan untuk karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan mendorong pertumbuhan secara professional, sehingga dapat menciptakan manusia yang unggul bagi organisasi pada masa depan dan bisa meningkatkan kemampuan bersaing organisasi. Selanjutnya, Mengelola generasi millenial di tempat kerja lebih dititik beratkan pada pemahaman mengenai milenial, bagaimana milenial di tempat kerja, serta bagaimana mendapatkan keunggulan kompetitif dengan kaum milenial.
References
https://www.diadona.id/career/pengertian-kinerja-karyawan-menurut-para-ahli-200606h.html
https://accurate.id/marketing-manajemen/kinerja-karyawan/
https://sasanadigital.com/mengintip-perkembangan-revolusi-industri-mulai-era-1-0-sampai-4-0/
Qurbani, D., & Solihin, D. (2021). Peningkatan Komitmen Organisasi melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kualitas Kehidupan Kerja. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(2), 223-232. doi:https://doi.org/10.26905/jbm.v8i2.5797
Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7.
Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847