10 SKILL YANG HARUS DIMILIKI OLEH GENERASI MILENIAL
Keywords:
Milenial, Skill, Revolusi IndustriAbstract
Masyarakat atau manusia konon katanya mulai dengan masyarakat berburu, masyarakat dimana hidup berpindah-pindah dan biasanya tinggal di gua untuk berburu. Perlahan-lahan manusia mulai memahami tentang bercocok tanam, dimana masyarakat agraris yang hidup dari hasil pertanian. Selain itu, mulailah era industri manusia hidup dengan cara berasosiasi juga komputerisasi mendorong perubahan kembali menjadi masyarakat informasi yang mana akses soluler sampai ketempat-tempat terpencil, smartphone tersedia dimana-mana. Dan akhirnya industry 5.0 yang membawa dampak perubahan dari masyarakat informasi menjadi masyarakat super cerdas. Yang harus dimiliki oleh para milenial untuk menghadapi persaingan global yaitu mempersiapkan diri dan memperkuat kualitas SDM. Saat ini para milenial harus memiliki skill agar menjadi individu yang dapat bersaing secara global. Menurut world economic forum skill yang harus dimiliki para milenilal yaitu complex problem solving, critical thinking, creativity, peple management, coordinating with other, emotional intelegence, judgement and desicin making, service orientation, negotiation, dan cognitive flexibility. Skill-skill tersebut tidak dimiliki oleh robot dan tidak bisa digantikan oleh mesin. Skill ini juga harus terus dilatih secara terus-menerus berkesinambungan supaya bisa bersaing secara gloal di era 4.0 menuju sociaty 5.0.
References
Anismadiyah, V., Febriana, H., Irnawati, J., Rismanty, V. A., & Suryanto, W. (2021). Financial Planning For Millenials In Pandemic Era. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(1), 25-34.
Cay, S., & Irnawati, J. (2020). The Influence Of Marketing Strategy and Brand Community On MSME Sales In South Tangerang City. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 102-114.
Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.
Hanny, R., Hulasoh, E., & Fadillah, (2020). Komunikasi Bisnis Program Studi Manajemen. Unpam Pres. 1-254.
Hanny, R., & Jayadih, T. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Domino’s Pizza Cabang Grand Centro Bintaro Jakarta Selatan. Sosio e – kons. 12(2).
Hanny, R., & Fahrizal. (2021). Prediction of Online Customer Satisfaction: A Case Study Go-Ride in Jabodetabek. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA. 8(1). 39-47.
Irnawati, J, et al. (2021) Manajemen Sumber Daya Manusia (Manusia, Data Dan Analisis). Bandung: Widina Bhakti Persada.
Munarsih, Hanny, R., Farida, S.I., Anggraini, N., Priyanto, H., & Fauzi, A. (2021). Pembinaan Usaha Secara Online Untuk Meningkatkan Pemasaran Di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat. 1(1).
Qurbani, D., & Solihin, D. (2021). Peningkatan Komitmen Organisasi melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kualitas Kehidupan Kerja. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(2), 223-232. doi:https://doi.org/10.26905/jbm.v8i2.5797
Sasikirana, V. (2020). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(2).
Solihin, D. (2019), Pengaruh Current Ratio dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Kalbe Farma, Tbk. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 7 (1), 115-122.
Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847.
Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., Octaviani, I.R. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM. 2(3). 307-311.
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3), 30-36.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri. 4 (1), 38 – 51.
Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). 351–355.
Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7.
Zubaidah, S. (2018, October). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (Vol. 13).