Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kue Kering pada Pabrik Kue SS Ciputat Tangerang Selatan
Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian kue keringa pada Pabrik Kue ss. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus rao purba dan diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 51,8%. Uji hipotesis kualitas produk diperoleh t hitung > t tabel (3,724 > 1,985) dan uji hipotesis harga diperoleh t hitung > t tabel (4,433 > 1,985). Kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 10.637 + 0,335X1 + 0,450X2. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel (50,062 > 3,94) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara kualitas produk (X1) dan harga (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) kue kering pada Pabrik Kue ss.
References
Akbar, M. F., & Haryoko, U. (2020). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap kepuusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Pelanggan pada Alfamart Cabang Cikokol Tangerang. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2)
Algifari. (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: BPFE.
Alma, B. (2019). Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta
Amstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing. New York: Parition Education.
Andriani, A. D., & Srihandayani, C. M. (2021) Pegan Gaye HK Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakka Import Di Tempat Biasa Thrift Store Surabaya, July Bussiness Research (SBR), 2(1), 194-201
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020), Kualitas produk, citra mek dan p harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada komen Kap Lamper Kota Semarang). Al jarak, 603), 96-107.
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua. Jurnal Ilmiah Kreatif. 3 (2). 2-16.
Arifin, J. (2017), SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Kelompok Gramedia.
Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cahya. A. D., Sangidah, U., & Rak, D. (2021). Pengarah Kualitas Prosak dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pals UMKM Toko Azam di Kecamatan Rantau Rasu Kabupaten Tanjung Jabang Tim Jurnal Miral Management, 6(1), 70-82
Diandra Kreatif Pris, DJ (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Pding: CV Pustaka Setia.
Donald, C., & William.C., (2016), Metode Penelitian Bisnis, Jakarta: Erlangga.
Emawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals. Bandung: Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 7 Nomor 1.
Fauzi, R. U. A. (2017). Pengaruh harga dan free wi-fi terhadap keputusan pembelian produk pada angkringan di Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Jurnal Aplikasi Bisnis, 62-74
Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Gain, R., Herdinata, C., & Sienatra, K. B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap keputusan pembelian konsumen Vodkasoda shirt. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(2), 143- 150.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko. (2015). Manajemen, Yogyakarta: Penerbit BPEF.
Hartati, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Produk Cosmetics Jafra Pada PT. Jafra Cosmetics Indonesia. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01). 123-137.
Haryono, B. (2018). How to Be a Professional Customer Service. Yogyakarta: CV Andi.
Hasibu, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, M. (2019), Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara
Jasmani, (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Baja Mandiri di Jakarta, Jurnal Distrupsi Bisnis, 1(1).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England: Pearson Education Limited
Kotler, P., & Amstrong, G. (2017), Principle of Marketing. 15th edition, New Jersey: Prentice-Hall Published.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing Edist 15 Global Edition Pearson.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1&2 Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran Edisi LAlih bahasa Bob sabran, MM. Jakarta :Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran. (Terjemahan Edisi 12 Jilid 1 & 2). Jakarta: PT. Indeks
Kotler, P., & Kevin, L. K. (2016), Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Laila, E. J. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butik Qta Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(1).
Liyono, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Galon Crystalline Pada Pt. Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(1), 73-91.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, R. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.
Malau, H. (2017), Manajemen Pemasaran. Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.
Manullang, M. (2018). Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ningrum, N. H. D., & Maddinsyah, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware Pada Distributor Ishwarya Parama Ciputat Timur Tangerang Selatan. Jurnal Perkusi, 1.1(1)
Nurdiansyah, H., & Rahman, R. S. (2019). Pengantar Manajemen, Yogyakarta:
Putranto, I. & Kartoni. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga Di Perumahan Kunciran, tangerang). Jurnal Mandiri, 4(1). 94-104.
Ruyatnasih, Y., & Megawati, L. (2018). Pengantar Manajemen Teori, Fungsi dan Kasus (2). Yogyakarta: CV. Absolute Media.
Sagyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
San. D. P. & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk merek eiger (kajian pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Jurnal Penelitian Exonomi dan Bisnis, 3(2), 73-83
Santoso, S. (2015). SPSS20 Pengolahan Data Statistik di Era Informasi, Jakarta: PT. Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.
Sari R. M., & Prihartono, P. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen Ekonomi & Akuntansi), 5(3), 1171-1184.
Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan. Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja, Bandung: PT Refika Aditama.
Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: PT Refika Aditama.
Sekaran, U. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis Jakarta Salemba Emput.
Sudaryono, (2018). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitanf. Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alphabet.
Sujarweni, W. (2015). Metodologi Penelitian Dionis (33). Yogyakarta: Pustaka Baru Press Dan Ekonom
Sunyoto, D. (2016). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan ke-2. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Suparyanto & Rosad. (2016), Manajemen Pemasaran, Bogor: In Media
Supomo, R., & Nurhayati. E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Cetakan 1. Bandung: Yrama Widya.
Supriyanto, & Junamata, S. (2022), Pengaruh Kualitas Produk. Merk Produk Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Helm Merek Kyt (Studi Kasus Pada Konsumen Helm Kyt Di Kota Tangerang) Jurnal UBD Ekonomi Dan Bisnis. 2 (1)
Suyono, (2018), Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Alfabeta.
Swastha, B. (2014). Manajemen Pemasaran BPFE: Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Tunis, A. J., & Martina. S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Thesecret Factory Outlet, Jurnal Pariwisata, 3(1), 60-72.
Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jana (2), Jakarta PT Indeks.
William, J. (2016). Dasar-dasar Pemasaran (5) Jakarta Erlang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.