Penerapan Etika dan Integrasi Bisnis Umkm

Authors

  • Dara Puspita Pribadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Conan Scorpio Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Muhammad Riyadho Solihin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Usaha Kecil Menengah (UKM), Etika Bisnis, Integrasi Bisnis, Pertumbuhan Bisnis

Abstract

Kebersamaan dan etika bisnis merupakan aspek penting dalam mengelola usaha kecil dan menengah (UKM) yang berkelanjutan dan sukses. Artikel ini membahas konsep kebersamaan dan etika bisnis dalam konteks UKM, serta dampak positifnya terhadap pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis. Kebersamaan dalam UKM melibatkan kolaborasi yang kuat antara pemilik, karyawan, dan mitra bisnis, sementara etika bisnis mencakup prinsip-prinsip integritas, transparansi, kejujuran, dan tanggung jawab sosial. Kebersamaan yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi, sementara etika bisnis yang kuat dapat membantu memenangkan kepercayaan pelanggan dan membangun reputasi positif. Selain itu, pemimpin yang baik memainkan peran kunci dalam menciptakan budaya perusahaan yang didasarkan pada etika bisnis yang tinggi dan memastikan kebersamaan dalam organisasi. Dengan menerapkan prinsip-prinsip kebersamaan dan etika bisnis, UKM dapat tumbuh, berkembang, dan memberikan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan sekitarnya, sambil tetap mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku. Oleh karena itu, penting bagi UKM untuk memprioritaskan kebersamaan dan etika bisnis sebagai landasan utama dalam pengelolaan operasi mereka.

References

Waddock, S. A., & Graves, S. B. (1997).The Corporate Social Performance-Financial Performance Link - JSTOR, 18(4), 303-319

Crane, A., & Matten, D. (2016). Business Ethics: Managing Corporate Citizenship and Sustainabilityin ..., Oxford University Press.

Ferrell, O. C., Fraedrich, J., & Ferrell, L. (2008) Business ethics : ethical decision making and cases : Ferrell, O. C ...

Maignan, I., & Ferrell, O. C. (2004). Corporate social responsibility and marketing: An integrative framework. Journal of the Academy of Marketing science, 32, 3-19.

Sachs, J. D. (2015). The age of sustainable development. Columbia University Press.Scott, M. J., Gallent, N., & Gkartzios, M. (Eds.). (2019). The Routledge companion to rural planning. Routledge, Taylor & Francis Group.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Pribadi, D. P., Scorpio, C., & Solihin, M. R. (2024). Penerapan Etika dan Integrasi Bisnis Umkm . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1060–1064. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40435