Analisis Strategi Promosi dan Pengembangan Pasar: Mendorong Pertumbuhan Bisnis Melalui Pemasaran Dengan Platform TikTok

Authors

  • Dika Novitasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Octa Ayurika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Analisis Strategi Promosi, Pengembangan Pasar, Pertumbuhan Bisnis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi untuk mendorong pertumbuhan bisnis dengan platform TikTok. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan tinjauan pustaka. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pelaku usaha perlu melakukan adaptasi untuk mengikuti perkembangan zaman dengan perubahan iklim perdagangan yang beralih secara signifikan ke penjualan online. Berbagai keuntungan yang dapat dirasakan pelaku usaha dengan hadirnya TikTok shop namun belum banyak dirasakan oleh para pelaku usaha. Dengan demikian, perlu adanya upaya untuk memfasilitasi keterbatasan pengetahuan dari sebagian pelaku usaha agar melek teknologi dan digital.

References

Agyztia Premana, Gian Fitralisma, Andi Yulianto, M. Badruz Zaman, & M. A. Wiryo. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Pertumbuhan Ekonomi Dalam Era Disrupsi 4.0. Journal of Economic and Management (JECMA), 2(2), 1–6. https://doi.org/10.46772/jecma.v1i01.219

Ferira, R. (2022). Analisis Aplikasi TikTok sebagai Platform Membangun Jaringan Bisnis Generasi Millenial. Munazzama: Journal of Islamic Management and Pilgrimage, June, 1–15.

Fikri, M. H., & Falahi, A. (2019). Pengaruh Pemasaran Dengan E Commerce Terhadap Keputusan Memilih Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 2(2), 1058–1071. https://www.e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/319

Hamzah, R. E., Citra, D., & Putri, E. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 12. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas

Hasan, M. (2022). Volume : 8 Bulan : November Tahun : 2022 Analisis Pemanfaatan Aplikasi TikTok dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sektor Kuliner di Kota Makassar Volume : 8 Nomor : 4 Bulan : November Tahun : 2022. 1257–1266. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1040

Nata, O. (2021). Strategi Promosi Pt. Atina Rahmataka Wisata Cabang Bengkulu Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umrah. 1–103.

Nufus, H., & Handayani, T. (2022). STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483

Ramli, T. S., Ramli, A. M., Permata, R. R., Ramadayanti, E., & Fauzi, R. (2020). ASPEK HUKUM PLATFORM e-COMMERCE DALAM ERA TRANSFORMASI DIGITAL. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(2), 119. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.3295

Selestio, R., Ferdinand, A. T., & Sukresna, I. M. (2016). Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Strategi Promosi Penjualan, Brand Positioning, dan Perceived Quality yang Dipengaruhi oleh Celebrity Endorser dan Inovasi Produk. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 15(3), 141–151.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Novitasari, D., & Ayurika, O. (2024). Analisis Strategi Promosi dan Pengembangan Pasar: Mendorong Pertumbuhan Bisnis Melalui Pemasaran Dengan Platform TikTok. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1123–1125. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40475