Pengaruh Nudge Keuangan terhadap Perilaku Menabung Gen Z

Authors

  • Isaniyah Agustina Prodi Manajemen Universitas Pamulang
  • Dini Shofi Fajrina Prodi Manajemen Universitas Pamulang
  • Ghea Walyati Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Keywords:

Nudge keuangan, perilaku menabung, Gen Z, keputusan menabung, strategi keuangan

Abstract

Untuk melakukan penelitian ini, 150 responden Generasi Z (Gen Z) di wilayah Jabodetabek diberikan kuesioner. Data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan analisis regresi untuk menguji dampak dari variabel-variabel 'pendorong' keuangan, seperti insentif keuangan dan pengingat, terhadap keputusan menabung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak 'dorongan finansial' terhadap perilaku menabung Gen Z saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 'dorongan' finansial sangat meningkatkan motivasi Gen Z untuk menabung. Responden lebih cenderung menyisihkan persentase dari pendapatan mereka untuk menabung jika mereka menerima pengingat untuk menabung melalui notifikasi perbankan atau aplikasi keuangan. Selain itu, menawarkan insentif seperti suku bunga yang lebih tinggi untuk tabungan berjangka atau program cashback untuk transaksi tertentu dan promosi lainnya juga mendorong generasi muda untuk menabung lebih banyak. Hasil-hasil ini menunjukkan bahwa strategi ‘dorongan’ mungkin menjadi strategi yang efektif untuk mendorong kaum muda untuk menjadi kebiasaan menabung.  Lembaga keuangan dapat menawarkan nasihat keuangan individual melalui berbagai program digital yang menggunakan AI.  Studi ini memberi bank ide untuk membuat program yang lebih inovatif dan menarik bagi Gen Z untuk mendorong mereka untuk menabung untuk stabilitas keuangan di masa depan. Hasilnya, strategi 'dorongan' ini tidak hanya meningkatkan kesadaran akan pentingnya menabung, tetapi juga meningkatkan literasi keuangan di kalangan anak muda Indonesia.

Author Biographies

Isaniyah Agustina, Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Universitas Pamulang

Dini Shofi Fajrina, Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Universitas Pamulang

Ghea Walyati, Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Universitas Pamulang

References

Benartzi, S., Previtero, A., & Thaler, R. H. (2016). How Much Is Investor Autonomy Worth? The Review of Financial Studies, 29, 1100-1120

Priyono, Jordi Irnandi. (2022). Preferensi Gen Z Dalam Pemilihan Aplikasi Investasi Digital, Jurnal Prodi Manajemen, 4 (2), 353-354. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45536

Hutajulu, Shanty Damayanti. (2024). Pengaruh Financial Literacy dan self Control terhadap Financial Behavior Pengguna Aplikasi E-Wallet . Jurnal Manajemen Bisnis Era Digital, 11 (1), 246. https://ejournal.arimbi.or.id/index.php/JUMABEDI/article/download/287/503/1605

Thaler, R. H., & Benartzi, S. (2004). Save More Tomorrow™: Using Behavioral Economics to Increase Employee Saving. Journal of Political Economy, 112(S1), S164–S187

Kahneman, D. (2011). Thinking, Fast and Slow. Farrar, Straus and Giroux.

Thaler, R. H., & Sunstein, C. R. (2008). Nudge: Improving Decisions About Health, Wealth, and Happiness. Yale University Press.

Vilantika, E ., Santoso, R, A. (2024). Peningkatan Literasi Keuangan Gen Z Untuk Membangun Gen Cerdas Finansial. Jurnal Pengabdian Manajemen, 04(1), 2.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Agustina, I., Fajrina, D. S., & Walyati, G. (2025). Pengaruh Nudge Keuangan terhadap Perilaku Menabung Gen Z. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(2), 2668–2672. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/49508

Similar Articles

<< < 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.