Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Unit Pelayanan Administrasi Terpadu di Kecamatan Parung Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/sekretarisskr.v11i2.42298Keywords:
Kinerja Pegawai, Inovasi, Pelayanan Administrasi TerpaduAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Pegawai Di Unit Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Pada Kantor Kecamatan Parung Kabupaten Bogor”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja pegawai di unit pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) dan faktor-faktor yang menghambat kinerja pegawai di unit pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) pada Kantor Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dan teknik pengambilan data yag digunakan adalah observasi, wawancara, dan Forum Group Discussion (FGD). Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Informan utama dalam penelitian ini yaitu masyarakat Kecamatan Parung Kabupaten Bogor sebanyak 25 orang informan serta 4 orang Pegawai Kantor Parung Kabupaten Bogor sebagai anggota FGD yang terdiri dari pimpinan dan sub jabatan terkait pelayanan dan kepegawaian. Hasil dan pembahasan penelitianini menunjukan Kinerja Pegawai Di Unit Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Kantor Kecamatan Parung Kabupaten Bogor kepada masyarakat kurang optimal dimana masih terjadi keterlambatan waktu dalam pembuatan dokumen kependudukan, kejelasan persyaratan, sikap dan perilaku pegawaiyang kurang ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun dari hal tersebut sistem pelayanan sudah inovatif dengan penerapan pelayanan online via aplikasi dengan tujuan mempermudah masyarakat dan sikap tanggung jawab pegawai yang tinggi. Faktor-faktor yang menghambat kinerja pegawai Kantor Kecamatan Parung Kabupaten Bogor dari hasil wawancara dan FGD serta observasi langung peneliti yang menjadi penghambat adalah kurangnya Informasi yang diketahui masyarakat, tidak lengkapnya data pemohon, tumpang tindih data administrasi.
Kata-kata Kunci: Kinerja Pegawai, Inovasi, dan Pelayanan Administrasi Terpadu
References
DAFTAR PUSTAKA
Affandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekan Baru: Zenafa Publishing.
Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Edi Sutrisno. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hasibuan. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Kadir, Abdul. (2017). Studi Pemerintahan Daerah dan Pelayanan Publik, Cetakan II. Sumatera Barat: CV. Dharma Persada.
Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukarom, Zaenal dan Muhibudin W.L. (2020). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.
Pasolong, Harbani. (2019). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
PERATURAN BUPATI BOGOR NOMOR 25 TAHUN 2014 TENTANG URAIAN TUGAS PERSONIL PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN DI KABUPATEN BOGOR
Robbins, Stephen P. (2016). Manajemen edisi kesepuluh. Jakarta: Erlangga.
Ropi, Pransiska, Agustinus Fritz Wijaya, and Frederik Samuel Papilaya. (2021). “Analisis Kinerja Pegawai Kantor Desa Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat.” Buletin Poltanesa 22(1):11–14. doi: 10.51967/tanesa.v22i1.465.
Santosa, Yudi, (2020). Inovasi MAMI PAPI Kecamatan Parung Kabupaten Bogor.
Sedarmayanti. (2020). Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV.Mandar Maju.
Sinambela. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sutopo dan Suryanto, Adi. (2018). Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Wasistino, Sadu. (2018). Kapita Selekta Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Jatinangor: Alqaprint.
Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka ).
JURNAL SEKRETARI: memiliki lisensi CC-BY-SA atau yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Dalam mengembangkan strategi dan menetapkan prioritas, JURNAL SEKRETARI: Jurnal Sekretaris menyadari bahwa akses bebas lebih baik daripada akses berbayar, akses gratis lebih baik daripada akses gratis, dan libre di bawah CC-BY-SA atau yang setara lebih baik daripada libre di bawah kondisi terbuka yang lebih ketat. lisensi. Kita harus mencapai apa yang kita bisa ketika kita bisa. Kita tidak boleh menunda mencapai kebebasan untuk mencapai libre, dan kita tidak boleh berhenti pada kebebasan ketika kita bisa mencapai libre.