Hak dan Kewajiban Bela Negara Mahasiswa Dalam Upaya Pengembangan Ekonomi Kreatif

Authors

  • Wahyu Suwarni

DOI:

https://doi.org/10.32493/sekretarisskr.v11i2.42305

Keywords:

Bela Negara, Ekonomi Kreatif, Hak dan Kewajiban, Mahasiswa

Abstract

ABSTRAK

 

Hak dan Kewajiban Bela Negara Mahasiswa dalam Upaya Pengembangan Ekonomi Kreatif Mahasiswa perlu bela negara karena bela negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada negara. Tujuan kajian ini adalah untuk memberikan pemahaman konsep bela negara bagi mahasiswa agar menumbuhkan sikap nasionalisme mahasiswa dalam mengaktualisasikan bela negara terhadap pengembangan ekonomi kreatif. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam mengenai realitas sosial pada mahasiswa yang menjadi objek penelitian. Sikap nasionalisme mahasiswa sebagai bentuk bela negara dapat ditunjukkan melalui berbagai bentuk kegiatan, seperti mengikuti kegiatan sosial, mengamalkan disiplin ilmu, melestarikan seni dan budaya, dan tentunya berkarya dalam ekonomi kreatif. Pengembangan ekonomi kreatif juga dapat membantu meningkatkan kualitas mahasiswa sebagai generasi muda bangsa yang penting untuk menumbuhkan kesadaran sikap bela negara.

 

Kata Kunci: Bela Negara, Ekonomi Kreatif, Hak dan Kewajiban, Mahasiswa

References

DAFTAR PUSTAKA

Achmad, Deni. 2015. Peranan Mahasiswa Fakultas Hukum sebagai Pelaksana Bantuan Hukum (Legal Aid) kepada Masyarakat. Fiat Justisia Jurnal Ilmu Hukum, No. 1, Vol. 9: 17-32.

Arimuko, Abraham, et al. 2019. Signal Procesing to get Magnitude Moment as the Sunda Strait Tsunami Generator on December 22, 2018. Proceeding Book Vol. 2: The 6th Annual Scientific Meeting on Disaster Research 2019 International Conference on Disaster Management. Indonesia Defense University, Bogor: 18 – 19 June 2019, hal. 94-102.

Hidayah, Yayuk, et al. 2020. Membangun Sikap Bela Negara Mahasiswa Melalui Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, No. 1, Vol. 3: 85-100.

Jamaludin. 2020. PKM Mahasiswa HMM-Unpam dengan Tema “Mengembangkan Sumber Daya dan Ekonomi Kreatif”. www.unpam.ac.id, diakses 28 Juni 2024, (Url: PKM Mahasiswa HMM-Unpam dengan Tema “Mengembangkan Sumber Daya dan Ekonomi Kreatif” – Program Studi Manajemen S1 – Universitas Pamulang).

Humas Unusa. 2023. Bantu Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Berikut Strategi Milenial Bantu Pasarkan Produk Kreatif. www.unusa.ac.id, diakses 27 April 2024, (Url: https://unusa.ac.id/ 2023/03/04/bantu-tingkatkan-pertumbuhan-ekonomi-berikut-strategi-milenial-bantu-pasarkan -produk-kreatif/).

Jamaluddin dan Jaka Abdillah. 2023. Strategi Pencegahan Politik Uang dan Politisasi Sara dalam Pemilu Serentak. Jurnal Pendidikan Tambusai, No. 1, Vol. 7: 1962-1968.

Mayudho, Ilham dan Achmad Supriyanto. 2022. Jurnal Manajemen Pendidikan, No. 2, Vol. 13: 6-16.

Paturachman. 2021. Peran Mahasiswa dalam Melesterikan Kebudayaan Daerah sebagai Generasi Z. www.formasifebuntan.com, diakses 24 April 2024, (Url: https://formasifebuntan.com/peran-mahasiswa/).

Prasatmadja, Rendy. 2022. Menumbuhkan Kesadaran dan Menghadapi Tantangan dalam Bela Negara Bagi Kalangan Mahasiswa. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, No. XI, Vol. 1: 21-24.

Priadi, Andi. 2021. Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm) Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen S1 Universitas Pamulang di Yayasan Pakem Bumi Indonesia. www.unpam.ac.id, diakses 28 Juni 2024, (Url: https://manajemen.unpam.ac.id/pengabdian-kepada-masyarakat-pkm-mahasiswa-fakultas-ekonomi-dan-bisnis-prodi-manajemen-s1-universitas-pamulang-di-yayasan-pakem-bumi-indonesia/?d=1).

Rahayu, Minto et al. 2019. Kesadaran Bela Negara Pada Mahasiswa. Jurnal Epigram, No. 2, Vol. 16: 175-180.

Reza, Bhatara Ibnu. 2018. The Development of the State-Sponsored Militia as the Implementation of the Total People's Defense and Security System in Indonesia: Case Studies - East Timor (1999) and Aceh (2003-2004). Thesis: UNSW Faculty Law & Justice Australia. http: //doi.org/10.26190/unsworks/3567.

Salsabiela, Bilqis Fitria. 2017. Upaya Bela Negara untuk Menggerakkan Industri Kecil Nasional dalam Lanskap Global Kontemporer. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, No. 3, Vol. 7: 41-56.

Satya, Pandu Tri. 2020. Peran Pemuda Milenial dalam Bela Negara (The Role of Milenial Youth in The State Defense). SSRN Electronic Journal: 1-8, http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3624914.

Septiawan, Eko, et al. 2018. The Enactment of State Defense Awareness with the Synergy Conception Among Military, Government, and Civil Society Study in Adi Soemarmo Air Base, Surakarta, Indonesia. Central European Journal of International and Security Studies, Issue 4, Volume 12: 96-110.

Thabroni, Gamal. 2022. Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Karakteristik & Jenis. www.serupa.id, diakses 25 April 2024 (Url: https://serupa.id/metode-penelitian-kualitatif/).

Umami, Riska / Hasna. 2022. Menteri BUMN Erick Thohir Bicara Peran Mahasiswa dan Ekonomi Indonesia di UNESA. www.unesa.ac.id, diakses 24 April 2024 (Url: https://www.unesa.ac.id/menteri-bumn-erick-thohir-bicara-peran-mahasiswa-dan-ekonomi-indonesia-di-unesa.

Umra, Sri Indriyani. 2019. Penerapan Konsep Bela Negara, Nasionalisme Atau Militerisasi Warga Negara. LEX Renaissance, No. 1, Vol. 4: 164 – 178.

UNESCO. 2020. Crative Economy and its Role in Building Back Better Inclusive and Peaceful Societies. www.unesco.org, diakses 27 April 2024 (Url: https://www.unesco.org/en/ articles/creative-economy-and-its-role-building-back-better-inclusive-and-peaceful-societies).

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang Dasar 1945.

UU No. 20 Tahun 1982 diperbaharui UU No. 1 Tahun 1988 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pertahanan dan Keamanan Negara Republik Indonesia.

UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

UU No. 56 Tahun 1999 tentang Pelatihan Warga Negara.

UU No. 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi.

UU No. 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif.

Downloads

Published

2024-07-23

How to Cite

Wahyu Suwarni. (2024). Hak dan Kewajiban Bela Negara Mahasiswa Dalam Upaya Pengembangan Ekonomi Kreatif . Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 11(2), 302–311. https://doi.org/10.32493/sekretarisskr.v11i2.42305

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.