Peran dan Tugas Staf Admin Dalam Mengelola Absensi Pegawai Menggunakan Aplikasi Bravo PUPR pada Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta
Keywords:
Peran, Tugas, , Staf Administrasi, Absensi Bravo PUPRAbstract
ABSTRAK (Times New Roman 11, ditebalkan)
Penulisan ini tentang peran dan tugas staf administrasi dalam mengelola absensi pegawai menggunakan aplikasi Bravo PUPR di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta. Tujuan dari laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui peran dan tugas staf administrasi di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta dan untuk mengetahui hambatan staf admin dalam mengelola absensi pegawai. Metode penulisan tugas akhir ini adalah melalui observasi atau pengamatan yang dilakukan penulis mengenai peran dan tugas staf administrasi dalam mengelola absensi pegawai menggunakan aplikasi Bravo PUPR di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta. Berdasarkan data, ada tiga kendala yang dihadapi staf administrasi yaitu masih adanya staf admin yang belum memahami penggunaan aplikasi Bravo PUPR, seringnya terjadi gangguan koneksi internet dan kurangnya ketelitian staf admin dalam melaksanakan proses rekap absensi. Penulis menyarankan Balai Pengembangam Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta perlu menyelenggarakan pelatihan seperti bimbingan teknis, sosialisasi/internalisasi dan pelatihan pengembangan kompetensi lainnya terkait penggunaan aplikasi Bravo PUPR bagi para pegawai serta staf admin agar seluruh pegawai memahami aplikasi tersebut dengan baik, Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta menyiapkan jaringan internet backup dengan vendor penyedia layanan internet yang berbeda dari penyedia utama, Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta perlu mengusulkan adanya pengawas atau verifikator staf admin agar staf admin lebih teliti pada saat melakukan pengelolaan rekap absensi.
Kata kunci : Peran, Tugas, Staf Administrasi, Absensi Bravo PUPR
ABSTRACT (Times New Roman 11, bold, Italic)
This writing is about the roles and duties of administrative staff in managing employee absences using the Bravo PUPR application at the PUPR Competency Development Center Region III Jakarta. The purpose of this Final Project report is to find out the roles and duties of administrative staff at the PUPR Region III Jakarta Competency Development Center and to find out the obstacles of admin staff in managing employee absenteeism. The method for writing this final assignment is through observations or observations made by the author regarding the roles and duties of administrative staff in managing employee absences using the Bravo PUPR application at the PUPR Competency Development Center Region III Jakarta. Based on the data, there are three obstacles faced by administrative staff, namely that there are still admin staff who do not understand the use of the Bravo PUPR application, frequent internet connection disruptions and a lack of accuracy by admin staff in carrying out the attendance recap process. The author suggests that the Jakarta PUPR Region III Competency Development Center needs to organize training such as technical guidance, socialization/internalization and other competency development training related to the use of the Bravo PUPR application for employees and admin staff so that all employees understand the application well, Region III PUPR Competency Development Center Jakarta is preparing a backup internet network with an internet service provider vendor that is different from the main provider. The Jakarta PUPR Region III Competency Development Center needs to propose a supervisor or admin staff verifier so that admin staff can be more careful when managing attendance recaps.
Keywords: Roles, Duties, Administrative Staff, Attendance Bravo PUPR
References
DAFTAR PUSTAKA
Buku:
Adiandari, Adei Maharini. 2023. Peineirapan Liteirasi Keiuangan. Makassar: PT Nas Meidia Indoneisia.
Anggara, S. 2015. Meitodei Peineilitian Administrasi. Bandung: Pustaka Seitia
Baeidowi, Ahmad, dkk. 2015. Manajeimein Seikolah Efeiktif: Peingalaman Seikolah Sukma Bangsa. Jakarta: PT Pustaka Alvabeit.
Hajar, Sitna. 2022. Peingantar Administrasi Publik. Jakarta: Univeirsitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin
Handayaningrat. 2017. Peingantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajeimein. Jakarta: Gunung Agung
Mulyadi. 2015. Manajeimein Sumbeir daya manusia (MDSM). Bogor: In Meidia
Mustari, Mohamad. 2022. Administrasi dan Manajeimein Peindidikan Seikolah. Bandung: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Narwoko, Dwi J dan Bagong Suyanto. 2015. Sosiologi: teiks peingantar dan teirapan. Jakarta: Keincana.
Pasolong, Harbani. 2020. Meitodei Peineilitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeita
Siswandi. 2017. Administrasi Logistik dan Gudang. Jakarta.
Teigar, Nanang. 2019. Manajeimein SDM dan Karyawan Strateigi peingeilolaan SDM dan Karyawan deingan Peindeikatan Teioritis dan Praktis. Yogyakarta: Quadrant.
Wirawan. 2015. Manajeimein Sumbeir Daya Manusia Indoneisia Edisi 1. Jakarta
Yufron, Ahmad. 2023. Manajeimein dan Peimasaran Teiknik. Boyolali: Lakeiisha.
Buku Teirjeimahan:
Robbins, S.P & Judgei, T.A. 2015. Peirilaku Organisasi (teirjeimahan Saraswati, R & Sirait, F). Jakarta: Saleimba Empat.
Jurnal:
Damiyana, Damdam dan Dina Meiiliana Sari. 2020 Tugas dan Tanggung Jawab Staf Front Officei pada Rumah Sakit Meikasari. Jurnal Leinteira Bisnis Vol.9/No.1/ Meii 2020 12-24 https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i1.334
Tindangein, Meigi, Daisy Shirly M. Engka, dan Patric C. Wauran. 2020. Peiran Peireimpuan dalam Meiningkatkan Ekonomi Keiluarga. Jurnal Beirkala Ilmiah Efisieinsi Vol.20/No.03/ 12Oktobeir 2020. 17-28
Weibsitei:
Andini, Tarry. (https://www.weieifeir.co.id/2019/02/4-keiuntunganmeinggunakan abseinsi -onlinei/ diakseis pada tanggal 07 Meii 2024, pukul 10:15 WIB)
Undang-Undang:
Peiraturan Meinteiri Peikeirjaan Umum dan Peirumahan Rakyat Reipublik Indoneisia Nomor 6 Tahun 2024 teintang Peidoman Peimbayaran Tunjangan Kineirja peigawai pada pasal 15 poin kei-6 teintang keihadiran peigawai
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka ).
JURNAL SEKRETARI: memiliki lisensi CC-BY-SA atau yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Dalam mengembangkan strategi dan menetapkan prioritas, JURNAL SEKRETARI: Jurnal Sekretaris menyadari bahwa akses bebas lebih baik daripada akses berbayar, akses gratis lebih baik daripada akses gratis, dan libre di bawah CC-BY-SA atau yang setara lebih baik daripada libre di bawah kondisi terbuka yang lebih ketat. lisensi. Kita harus mencapai apa yang kita bisa ketika kita bisa. Kita tidak boleh menunda mencapai kebebasan untuk mencapai libre, dan kita tidak boleh berhenti pada kebebasan ketika kita bisa mencapai libre.