Peran dan Tugas Staf Admin Dalam Mengelola Absensi Pegawai Menggunakan Aplikasi Bravo PUPR pada Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta

Authors

  • Unik Desthiani
  • Ratna Suminar
  • Nuryanah

Keywords:

Peran, Tugas, , Staf Administrasi, Absensi Bravo PUPR

Abstract

ABSTRAK (Times New Roman 11, ditebalkan)

 

Penulisan ini tentang peran dan tugas staf administrasi dalam mengelola absensi pegawai menggunakan aplikasi Bravo PUPR di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta. Tujuan dari laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui peran dan tugas staf administrasi di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta dan untuk mengetahui hambatan staf admin dalam mengelola absensi pegawai. Metode penulisan tugas akhir ini adalah melalui observasi atau pengamatan yang dilakukan penulis mengenai peran dan tugas staf administrasi dalam mengelola absensi pegawai menggunakan aplikasi Bravo PUPR di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta. Berdasarkan data, ada tiga kendala yang dihadapi staf administrasi yaitu  masih adanya staf admin yang belum memahami penggunaan aplikasi Bravo PUPR, seringnya terjadi gangguan koneksi internet dan kurangnya ketelitian staf admin dalam melaksanakan proses rekap absensi. Penulis menyarankan Balai Pengembangam Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta perlu menyelenggarakan pelatihan seperti bimbingan teknis, sosialisasi/internalisasi dan pelatihan pengembangan kompetensi lainnya terkait penggunaan aplikasi Bravo PUPR bagi para pegawai serta staf admin agar seluruh pegawai memahami aplikasi tersebut dengan baik, Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta menyiapkan jaringan internet backup dengan vendor penyedia layanan internet yang berbeda dari penyedia utama, Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta perlu mengusulkan adanya pengawas atau verifikator staf admin agar staf admin lebih teliti pada saat melakukan pengelolaan rekap absensi.

 

Kata kunci : Peran, Tugas, Staf Administrasi, Absensi Bravo PUPR

 

 

ABSTRACT (Times New Roman 11, bold, Italic)

 

This writing is about the roles and duties of administrative staff in managing employee absences using the Bravo PUPR application at the PUPR Competency Development Center Region III Jakarta. The purpose of this Final Project report is to find out the roles and duties of administrative staff at the PUPR Region III Jakarta Competency Development Center and to find out the obstacles of admin staff in managing employee absenteeism. The method for writing this final assignment is through observations or observations made by the author regarding the roles and duties of administrative staff in managing employee absences using the Bravo PUPR application at the PUPR Competency Development Center Region III Jakarta. Based on the data, there are three obstacles faced by administrative staff, namely that there are still admin staff who do not understand the use of the Bravo PUPR application, frequent internet connection disruptions and a lack of accuracy by admin staff in carrying out the attendance recap process. The author suggests that the Jakarta PUPR Region III Competency Development Center needs to organize training such as technical guidance, socialization/internalization and other competency development training related to the use of the Bravo PUPR application for employees and admin staff so that all employees understand the application well, Region III PUPR Competency Development Center Jakarta is preparing a backup internet network with an internet service provider vendor that is different from the main provider. The Jakarta PUPR Region III Competency Development Center needs to propose a supervisor or admin staff verifier so that admin staff can be more careful when managing attendance recaps.

 

Keywords: Roles, Duties, Administrative Staff, Attendance Bravo PUPR

References

DAFTAR PUSTAKA

Buku:

Adiandari, Adei Maharini. 2023. Peineirapan Liteirasi Keiuangan. Makassar: PT Nas Meidia Indoneisia.

Anggara, S. 2015. Meitodei Peineilitian Administrasi. Bandung: Pustaka Seitia

Baeidowi, Ahmad, dkk. 2015. Manajeimein Seikolah Efeiktif: Peingalaman Seikolah Sukma Bangsa. Jakarta: PT Pustaka Alvabeit.

Hajar, Sitna. 2022. Peingantar Administrasi Publik. Jakarta: Univeirsitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin

Handayaningrat. 2017. Peingantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajeimein. Jakarta: Gunung Agung

Mulyadi. 2015. Manajeimein Sumbeir daya manusia (MDSM). Bogor: In Meidia

Mustari, Mohamad. 2022. Administrasi dan Manajeimein Peindidikan Seikolah. Bandung: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Narwoko, Dwi J dan Bagong Suyanto. 2015. Sosiologi: teiks peingantar dan teirapan. Jakarta: Keincana.

Pasolong, Harbani. 2020. Meitodei Peineilitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeita

Siswandi. 2017. Administrasi Logistik dan Gudang. Jakarta.

Teigar, Nanang. 2019. Manajeimein SDM dan Karyawan Strateigi peingeilolaan SDM dan Karyawan deingan Peindeikatan Teioritis dan Praktis. Yogyakarta: Quadrant.

Wirawan. 2015. Manajeimein Sumbeir Daya Manusia Indoneisia Edisi 1. Jakarta

Yufron, Ahmad. 2023. Manajeimein dan Peimasaran Teiknik. Boyolali: Lakeiisha.

Buku Teirjeimahan:

Robbins, S.P & Judgei, T.A. 2015. Peirilaku Organisasi (teirjeimahan Saraswati, R & Sirait, F). Jakarta: Saleimba Empat.

Jurnal:

Damiyana, Damdam dan Dina Meiiliana Sari. 2020 Tugas dan Tanggung Jawab Staf Front Officei pada Rumah Sakit Meikasari. Jurnal Leinteira Bisnis Vol.9/No.1/ Meii 2020 12-24 https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i1.334

Tindangein, Meigi, Daisy Shirly M. Engka, dan Patric C. Wauran. 2020. Peiran Peireimpuan dalam Meiningkatkan Ekonomi Keiluarga. Jurnal Beirkala Ilmiah Efisieinsi Vol.20/No.03/ 12Oktobeir 2020. 17-28

Weibsitei:

Andini, Tarry. (https://www.weieifeir.co.id/2019/02/4-keiuntunganmeinggunakan abseinsi -onlinei/ diakseis pada tanggal 07 Meii 2024, pukul 10:15 WIB)

Undang-Undang:

Peiraturan Meinteiri Peikeirjaan Umum dan Peirumahan Rakyat Reipublik Indoneisia Nomor 6 Tahun 2024 teintang Peidoman Peimbayaran Tunjangan Kineirja peigawai pada pasal 15 poin kei-6 teintang keihadiran peigawai

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Unik Desthiani, Ratna Suminar, & Nuryanah. (2025). Peran dan Tugas Staf Admin Dalam Mengelola Absensi Pegawai Menggunakan Aplikasi Bravo PUPR pada Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 12(1), 33–45. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sekretaris/article/view/47313

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.