Pola Komunikasi Guru dan Siswa Dalam Mengaplikasikan Program Pemahaman Adat dan Alam di Sekolah Alam Kebon Bagea Ciwidey Jawa Barat

Authors

  • Amalliah
  • Wisnu Satria
  • Flora Meliana Sihaan

Keywords:

Pola Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Program Pemahaman Adat Dan Alam

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini menginvestigasi pola komunikasi antara guru dan siswa dalam implementasi program pemahaman adat dan alam di Sekolah Alam Kampung Bagea Ciwidey, di tengah tantangan budaya asing yang semakin meluas di Indonesia. Fokus utama adalah memahami bagaimana interaksi komunikatif ini memengaruhi efektivitas program dalam menjaga dan mengembangkan kearifan lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, melibatkan observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terbuka dan berorientasi pada kolaborasi antara guru dan siswa memiliki peran krusial dalam kesuksesan implementasi program, mempromosikan pemahaman mendalam tentang adat dan alam, serta memperkuat identitas lokal dalam menghadapi arus globalisasi budaya dan tentunya dengan pendekatan komunikasi interpersonal antara guru dan murid juga salah satu peranan penting dalam kesuksesan program pemahaman adat dan alam. Implikasi temuan ini menggarisbawahi pentingnya komunikasi efektif dalam konteks pendidikan berkelanjutan yang berpusaat pada nilai-nilai keberlanjutan dan kearifan lokal.

 

Kata Kunci : Pola Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Program Pemahaman Adat Dan Alam

 

ABSTRACT

This study examines the communication patterns between teachers and students in the implementation of the Customary and Natural Understanding Program at Sekolah Alam Kampung Bagea Ciwidey, amidst the growing influence of foreign cultures in Indonesia. The primary objective is to understand how these communicative interactions impact the program's effectiveness in preserving and promoting local wisdom. A qualitative descriptive research method was employed, incorporating direct observation, in-depth interviews, and documentation. The findings reveal that open and collaboration-oriented communication between teachers and students plays a pivotal role in the successful implementation of the program. This approach fosters a profound understanding of cultural customs and the natural environment, thereby reinforcing local identity in the face of cultural globalization. Furthermore, interpersonal communication between teachers and students emerges as a critical factor in the program's success. These findings underscore the importance of effective communication within the context of sustainable education, emphasizing values of sustainability and local wisdom.   Keywords: Communication Patterns, Interpersonal Communication, Customary and Natural Understanding Program

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Arifatun, N. (2022). Pola Komunikasi Guru Dengan Siswa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd N Kradenan Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022. Universitas Widya Dharma.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Bahri, S. (2019). Pengantar Akuntansi. Andi Offset.

Budianto, I. (2013). Proses komunikasi interpersonal antara guru dengan murid penyandang autis di kursus piano Sforzando Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, 1(2).

Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Belajar.

DeVito, J. A. (2013). The Interpersonal Communication Book (Ed. 13). Pearson Education, Inc.

Effendy, O. U. (2018). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya. Hamidi. (2013). Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. UMM Press.

Hsb, S. P., Yusniah, & Mantondang, M. A. (2024). Analisis Pola Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa dalam Membentuk Kemandirian Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB C Karya Tulus). Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(2), 1879–1892. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i2.826

Ishak, A., Junaedi, F., Budi, S., & Prabowo, A. (2011). Mix Methodology dalam penelitian komunikasi. Buku Litera dan ASPIKOM.

Istiawati, N. F. (2016). Pendidikan karakter Berbasis Nilai-nilai Kearifan lokal Adat AMMATOA dalam menumbuhkan karakter konservasi. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 1–18.

Jogiyanto, H. . (2000). Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan terstruktur teori dan praktis aplikasi bisnis. Andi.

Lestari, R., & Aditya, D. K. (2018). Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Sejarah Ondel-Ondel Betawi. EProceedings of Art & Design.

Lestari, S. D., & Istyanto, S. B. (2020). Pola Komunikasi Guru Dan Siswa Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Penerapan Mutu Bahasa Metode Sentra (Studi Di Sdit Harapan Bunda Purwokerto). Journal of Scientific Communication (JSC), 2(1).

Liliweri, A. (2014). Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. PT Bumi Aksara. Machmud. (2007). Adat Istiadat Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Balai Pustaka.

Martha, A. A., Purwanti, S., & Dwivayani, K. D. (2022). Pola Komunikasi Guru Terhadap Siswa Down Syndrome di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Samarinda. Journal of Communication Studies, 2(1), 27–36.

McQuail, D., & Windahl, S. (2015). Communication models for the study of mass communications. Routledge.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis

(Third Edition). SAGE Publications, Inc.

Moleong, L. . (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Monica, A., Ritongs, S., & Suhairi. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Skill terhadap Dunia Kerja. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(1), 16–24.

Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana.

Mukaromah, N. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa dan Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Berbasis Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya. Mulyana, D. (2021). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.

Nofia, D., Yasri, & Abror. (2019). The Effects of Interpersonal Communication and Organizational Commitment on Organizational Citizenship Behavior (at Agam District Government). Advances in Economics, Business and Management Research, 581–589.

Pace, R. W., & Faules, D. F. (2015). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan (D. Mulyana (ed.)). Remaja Rosdakarya.

Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., & Sinthania, D. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Pradina Pustaka.

Pearson, J. C., & Nelson, P. E. (1997). An introduction to human communication: Understanding & sharing. McGraw Hill.

Purwasito, A. (2017). Analisis Pesan. Jurnal The Messenger, 9(1), 103–109. Rosadi, A. (2017). Pola Komunikasi Edukatif Antara Guru Dengan Siswa Dalam

Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Wera

Kabupaten Bima. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 4(2), 28–44.

Ruffiah, R., & Muhsin, M. (2018). Pengaruh komunikasi interpersonal, pemanfaatan teknologi informasi, budaya organisasi, dan gaya kepemimpinan transformasional terhadap kualitas pelayanan. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1163–1177.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi.

Syam, H. N. (2018). Menjaga Harmoni Menuai Damai. Kencana. Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Ghalia Indonesia.

Wijaya, M. F., & Sinaga, K. (2019). Pola Komunikasi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Network Media, 2(2).

Wiseman, R. L. (1995). Intercultural Communication Theory. California State University.

Yuliani, R. (2020). Pola Komunikasi Guru Pada Siswa Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Mitra Iswara Kabupaten Tasikmalaya. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 5(2), 168.

Zayani, N. A., Muhsin, M., & Rozi, F. (2020). Pengaruh Kompetensi, Kenyamanan Lingkungan, Komunikasi Interpersonal, dan Semangat Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Bidang Non Perizinan. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 768–788.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Amalliah, Wisnu Satria, & Flora Meliana Sihaan. (2025). Pola Komunikasi Guru dan Siswa Dalam Mengaplikasikan Program Pemahaman Adat dan Alam di Sekolah Alam Kebon Bagea Ciwidey Jawa Barat. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 12(1), 1–22. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sekretaris/article/view/47310

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.