Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter pada Sekolah Menengah Atas
Keywords:
Manajemen, Penguatan, Pendidikan, KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis data tentang manajemen penguatan pendidikan karakter. Komponen manajemen tersebut mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi penguatan pendidikan karakter. Hasil penelitian terkait manajemen penguatan pendidikan karakter menunjukkan bahwa, perencanaan penguatan pendidikan karakter harus memenuhi minimal lima aspek yaitu mengacu pada visi dan misi sekolah, melakukan asesmen untuk mengidentifikasi potensi sekolah, merumuskan dan menentukan nilai-nilai karakter utama yang akan dikembangkan, program sekolah disusun secara bersama seluruh komponen sekolah, serta guru membuatan perangkat pembelajaran (RPP) berbasis karakter.
References
Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sd Dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1),
Buchory, M. . (2012). Guru: Kunci Pendidikan Nasional.
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16, 229–238.
Saputra, H. (2013). JURNAL Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 19 Nomor 72 Tahun XIX Juni 2013 1. Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(September), 1–11.
Panoyo, P., Riyanto, Y., & Handayaningrum, W. (2019). Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Atas. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(2), 111–117.
Qadar, R., Rustaman, N. Y., & Suhandi, A. (2015). Mengakses Aspek Afektif Dan Kognitif Pada Pembelajaran Optika Dengan Pendekatan Demonstrasi Interaktif. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 7.
Realita, F., & Rahmawati, A. (2016). Pengetahuan Remaja Putri Tentang Kehamilan Tidak Diinginkan. Jurnal Kebidanan.