Pelaksanaan Manajemen Organisasi Siswa (Osis) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter di Yayasan Pendidikan Islam Jamiat Khier Tanah Abang Jakarta Pusat
Keywords:
Implementation, student organization, character buildingAbstract
Keinginan dan kebutuhan manusia di era globasilasi saat ini semakin kompleks, sehingga tidak mungkin dapat dipenuhi dengan usaha sendiri.Oleh karena itu diperlukan wadah atau organisasi untuk merealisasikan kebutuhan dan keinginan yang ingin dicapai. Organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur, dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.
Organisasi akan mencapai tujuannya apabila dikelola dengan baik dan benar. Hanya saja keberhasilan mewujudkan organisasi yang baik, efektif, dan efisien, serta sesuai dengan kebutuhan tidak lagi hanya ditentukan oleh keberhasilan prinsip-prinsip organisasi, akan tetapi terdapat faktor lain yang tidak tampak yang ikut menentukan keberhasilan organisasi yaitu kemampuan dalam memanage organisasi atau manajemen organisasi. Organisasi non formal seperti OSIS pun tingkat keberhasilannya juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan pengurus organisasi dalam memanage organisasi tersebut. Salah satu upaya pembinaan dan pengembangan untuk mengoptimalkan kemampuan serta kepribadian peserta didik melalui sebuah wadah yang ada disekolah, yaitu Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Pembinaan terhadap siswa mempunyai arti khusus yaitu merupakan salah satu usaha atau kegiatan yang bertujuan untuk memberikan bimbingan, arahan, pemantapan, peningkatan, pengembangan pola piker, sikap mental dan perilaku siswa serta minat dan bakat keterampilan siswa. Pembinaan sikap kepemimpinan siswa sangat penting dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan siswa sebagai agent of change harus dapat memberikan perubahan di dalam masyarakat. Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk menggali dan mengembangkan kemampuan serta potensi yang dimiliki oleh siswa. Hal ini bertujuan agar dengan terlibatnya siswa dalam kegiatan keorganisasian dapat mengembangkan sikap siswa, baik dari segi kepemimpinannya ataupun kemampuan mengelola sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelaksanaan Manajemen siswa (OSIS) Jamiat Khier Tanah Abang Jakarta Pusat meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling) dan menganalisis Faktor pendukung dan penghambat manajemen organisasi siswa (OSIS) Jamiat Khier Tanah Abang Jakarta Pusat, Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengangkat fakta, keadaan, variabel, dan fenomena-fenomena yang terjadi. Adapun hasil penelitian ini dimana Pelaksanaan Manajemen Organisasi siswa (OSIS) di Yayasan Jamiat Khier, meliputi: Perencanaan (planning) Organisasi siswa (OSIS) di Yayasan Jamiat Khier, Perencanaan dalam Organisasi siswa (OSIS) di Yayasan Jamiat Khier, dilakukan melalui musyawarah kerja dengan sesama pengurus OSIS beserta pembimbing OSIS dalam rangka menyusun dan merumuskan program-program kerja yang akan dilaksanakan. Musyawarah tersebut dilakukan setelah terbentuk struktur OSIS, Pengorganisasian (organizing) Organisasi siswa (OSIS) di Yayasan Jamiat Khier. Pengorganisasian yang dilakukan pada OSIS adalah dengan membentuk struktur organisasi beserta tugas dan tanggung jawabnya dan Pelaksanaan (actuating) siswa (OSIS) di Yayasan Jamiat Khier, Setelah disusunnya program kerja OSIS dan struktur OSIS, langkah selanjutnya yaitu pelaksanaan dari program-program kerja yang telah disusun.
References
Ahyari, Agus. ManajemenProduksiPerencanaanSistemProduksi, Yogyakarta: BPFEYogyakarta, 2002.
BuletinDarunnajah Media InformasiTahunan, Edisi: XXIII 2012.
Daryanto, H.M. Administrasi Dan ManajemenSekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Engkoswara& AanKomariah, Aministrasi Pendidikan, Bandung, Alfabeta, 2012.
Fatah, Nanang. LandasanManajemen Pendidikan, Cet. ke 3, Bandung: PT RemajaRosdakarya, 2003.
Handoko, T. Hani, Manajemen, Edisike 2, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu. ManajemenSumber Daya Manusia, EdisiRevisi, Cet. 17, Jakarta : PT. BumiAksara, 2013.
Imam G, M. Arafat. et.al. LeaderUniversity Step by Step Leader, t.t: Kim Ara Holdings Group, 2016.
Manaf, Sofwan dan Ihwan Mahmudi, Tak Lelah Menjaga Amanah, tt, tp, 2015.
Manaf, Sofwan. Khuthbatul ‘ArsyKedua, EdisiRevisi, Jakarta: Darunnjah Press, 2016.
Mangunhardjana, A.M., Kepemimpinan, Yogyakarta: Kanisius, 1976, hal. 21.
Hadari Nawawi, Administrasi Pendidikan, Surabaya: CV. Haji Mas Agung,1997.
Hadi,Sutrisno. MetodologiResearch, Yogyakarta:FakultasPsikologi UGM, 1982.
Halim Wicaksono, Abdul. ManajemenKesiswaandalamMengembangkanPotensiPeserta Didik melaluiEkstrakurikuler di MAN 3 Malang. Tesis, Malang: UIN Malang, 2016.
Hamalik, Oemar, ManajemenPengembanganKurikulum, Bandung:Rosdakarya, 2010.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulia, Jakarta, 2008.