Pendidikan dan Pembangunan Nasional Prioritas Kebijakan dan Perencanaan

Authors

  • Siti Rochaya
  • Siti Asmanah

Keywords:

Konsep Pembangunan, Kebijakan, Pendidikan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pembangunan nasional dalam perspektif pendidikan. Untuk menyusun perencanaan pembangunan yang berbasis konsep pembangunan berkelanjutan dalam pendidikan, perlu dipahami unsur apa saja yang diperlukan serta faktor dan piranti apa saja yang diperlukan untuk membangun pendidikan secara berkelanjutan. Adapun langkah Kebijakan dan Perencanaan dalam membangun pendidikan nasional, diantaranya 1. Berkomitmen terhadap penguasaan kemampuan dasar literasi dan numerasi, 2) Mengukur pembelajaran secara berkala, akurat, dan relevan, 3) Menyelaraskan sistem dengan komitmen pembelajaran, 4) Mendukung guru dalam proses belajar mengajar. 5)Mengadaptasi pendekatan dalam mengambil kebijakan pendidikan. Dukungan dalam mengadaptasi kebijakan sehingga sesuai dengan konteks lokal. Pemerintah Pusat perlu memetakan daerah yang perlu bantuan ekstra agar kebijakan yang dilahirkan dapat fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran. Sementara itu, pemerintah daerah juga dapat berkolaborasi dengan elemen masyarakat lain, seperti organisasi akar rumput maupun pihak swasta, dalam mendesain dan menjalankan inovasi pendidikan.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Siti Rochaya, & Siti Asmanah. (2023). Pendidikan dan Pembangunan Nasional Prioritas Kebijakan dan Perencanaan. Tadris: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 29–39. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Tadris/article/view/41430

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.