Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Cafe Belly Buddy
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.11506Keywords:
Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SWOTAbstract
Strategi Pemasaran merupakan aspek penting yang menunjang keberhasilan suatu usaha untuk dapat menembus pasar, dari beberapa strategi yang diterapkan, strategi pemasaran merupakan salah satu kunci untuk menaklukan persaingan dengan beberapa pesaing, Tujuan peneliti melakukan penelitian ialah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Cafe Belly Buddy Surabaya dalam meningkatkan Volume penjualannya. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptif yang merupakan bagian dari analisis kualitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data secara observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam yang berkaitan dengan strategi branding produk berdasarkan dengan menggunakan bauran pemasaran 7P yaitu Product, Place, Price, Promotion, Process, Physical Evidence, People yang digunakan oleh peneliti dalam menemukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dengan metode SWOT. Hasil dari penelitian ini Dengan melalui analisis IFAS (Internal Strategy Factor Analisis Sumarry) dan EFAS (Eksternal Strategy Factor Analisis Sumarry) dapat diketahui bahwa Cafe Belly Buddy memiliki skor dari faktor internal yaitu, kekuatan sebesar 2,22 dan kelemahan memiliki skor 1,20, sedangkan dari faktor eksternal memiliki skor peluang 1,45 dan skor ancaman 1,49. . Pilihan strategi adalah SO, sehingga pada diagram SWOT terletak di kuadran 2, yaitu walaupun terdapat berbagai ancaman, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal, strategi yang harus digunakan adalah dengan menggunakan kekuatan yang memanfaatkan peluang jangka panjang menggunakan strategi diverkasi (produk dan pasar)
Kata Kunci: Strategi Pemasaran; Bauran Pemasaran; Analisis SWOT
References
Diatprasojo, Lantip.2018.Manajemen Strategi.Yogyakarta:UNY Press
Herlyana, Elly. 2012. Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam. Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. England: Pearson Education, INC
Rangkuti, Freddy. 2017.Analisis SWOT, Cetakan keduapuluh.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Pasaribu, Rowland Bismark Fernando. 2015. Manajemen Strategi, Universitas Gunadarma Jakarta
Swasta, Basu, 2010. Azas-asas Marketing Edisi 3. Yogyakarta: Akademi Keuangan.
Tjiptono,Fandy. 2015.Strategi Pemasaran.Yogyakarta: CV.Andi Offse
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, cetakan ke-25. Bandung: Alfabeta,c
Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, cv
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.