Analisis Stres Kerja Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Petugas Kargo di Bandar Udara Sultan Baabullah Ternate)

Authors

  • Yulia Aji Puspitasari Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Christine Dewanda Doru Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v5i2.18530

Keywords:

Stres Kerja, Petugas Kargo, Pandemi Covid-19

Abstract

Stres kerja adalah suatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya ketidakseimbangan fisik dan psikis, yang mempengaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi seorang karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab stres kerja petugas kargo dan untuk mengetahui upaya mengatasi stres kerja petugas kargo pada masa pandemi Covid-19 di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara kepada petugas kargo dan petugas pelayanan unit jasa kargo Bandar Udara Sultan Baaabullah Ternate.  Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa penyebab stres kerja petugas kargo dipengaruhi dari banyak faktor antara lain beban kerja yang berlebihan, masalah pribadi, konflik dengan rekan kerja, masalah faktor eskternal dan pandemic Covid-19. Dalam mengatasi stres kerja petugas kargo, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan petugas agar terhindar dari stres kerja yang mengganggu aktivitas pekerjaan dikantor yaitu antara lain melakukan rapat rutin, adanya penilaian dan evaluasi tertulis, membiasakan gaya hidup sehat, menghindari konflik, bersosialisasi dengan orang lain, meluangkan waktu untuk bersantai, dan mencari dukungan dari keluarga dan rekan kerja.

 

Kata Kunci: Stres Kerja; Petugas Kargo; Pandemi Covid-19

References

Badriyah, Mila. (2015). Manajemen Sumber daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia

Bintoro dan Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan 1.Yogyakarta: Gava Media.

Direktorat Jendral Perhubungan Udara (2022, 1 Februari). Data Bandar Udara Sultan Baabullah Ternate. Retrieved from http://hubud.dephub.go.id/hubud//website/BandaraDetail.php?id=197.

Donsu, Jenita DT. (2017). Psikologi Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Hasibuan, M.S.P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Bumi Aksara

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya. Bandung

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Warpani, E.P.D dan Majid, S.A, (2009). Ground Handling Manajemen Pelayanan Darat Perusahaan Penerbangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2022-03-27

How to Cite

Puspitasari, Y. A., & Doru, C. D. (2022). Analisis Stres Kerja Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Petugas Kargo di Bandar Udara Sultan Baabullah Ternate). Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(2), 92–99. https://doi.org/10.32493/drb.v5i2.18530

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.