Efektivitas Komunikasi Bisnis Melalui Partnership Service Pada Jasa Pengiriman LEL Express Di Desa Pamekaran

Authors

  • Gina Sonia STIE Stembi Bandung
  • Desy Riyanti STIE Stembi Bandung
  • Desy Riyanti STIE Stembi Bandung
  • Ricky Firmansyah University Ars
  • Ricky Firmansyah University Ars

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v5i3.20458

Keywords:

Efektivitas, komunikasi bisnis, jasa pengiriman, Lel Express

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas komunikasi bisnis melalui partnership service pada jasa pengiriman Lel Express dan seberapa efektif komunikasi tersebut terjalin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif mampu menjelaskan dan menganalisis fenomena, peristiwa, dinamika sosial, sikap kepercayaan, dan persepsi seseorang atau kelompok terhadap sesuatu. Adapun langkah-langkah dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, studi kepustakaan dan triangulasi. Berdasarkan penelitian yang telah kami lakukan, Lel Express memiliki fasilitas komunikasi bisnis khusus berupa perangkat lunak yang dapat memberikan informasi dan memonitor seluruh kegiatan pengiriman barang agar sesuai dengan tujuan dan harapan yang diinginkan. Perangkat tersebut bernama Lazada Logistik. Perangkat lunak ini digunakan oleh kurir untuk mengetahui kapan paket bisa dipickup dan kemudian dikirim ke tempat tujuan serta memberikan konfirmasi apabila paket tersebut berhasil diterima oleh pelanggan. Seluruh aktivitas pengiriman terorganisasi dan transparan. Pelanggan dapat melacak lokasi atau keberadaan barang/paketnya. Komunikasi semacam ini dapat dikategorikan efektif karena faktor, unsur dari komunikasi tersebut telah terpenuhi. Dengan komunikasi yang efektif dapat mengatasi berbagai permasalahan/hambatan yang dihadapai dalam komunikasi.

References

Aldiansyah, M. T. (2021). Analisis Sistem Informasi Manajemen Pada Portal Student Di STIE STEMBI Bandung. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi.

Daniswara, A. A. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Omset Jasa Pengiriman Barang Kantor Pos Di Sunset Road Kuta Bali. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, 14(1).

Ferinia,, R. (2020). Komunikasi Bisnis. Yayasan Kita Menulis.

Gusti, V. P. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa J&T Express . Doctoral Dissertation, IAIN Purwokerto.

Herlambang, I. R. ((2021).). Implementasi Aplikasi Kargo Darat Ritel Menggunakan Metode Incremental Pt. Pos Logistik Indonesia. Jurnal Teknik Informatika.

Khalid. (2021, Februari 1). Review LEL Express. Dipetik Maret 16, 2022, Dari Kuriran.Id: Https://Www.Kuriran.Id/Review-Lel-Express/

Mulachela, H. (2022, Januari 12). Komunikasi Adalah: Definisi, Unsur, Dan Tujuannya. Diambil Kembali Dari Https://Katadata.Co.Id/Safrezi/Berita/61de8d9d4a987/Komunikasi-Adalah-Definisi-Unsur-Dan-Tujuannya

Noer, M. (2019, Juni 24). Peran Penting Komunikasi Bisnis. Diambil Kembali Dari PRESENTA: Https://Presenta.Co.Id/Artikel/Peran-Komunikasi-Bisnis/

Sari, A. A. (2017). Komunikasi Antarpribadi. Deepublish.

Subiakto, H. (2015). Komunikasi Politik, Media, Dan Demokrasi. Prenada Media.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Sonia, G., Riyanti, D., Riyanti, D., Firmansyah, R., & Firmansyah, R. (2022). Efektivitas Komunikasi Bisnis Melalui Partnership Service Pada Jasa Pengiriman LEL Express Di Desa Pamekaran. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(3), 223–228. https://doi.org/10.32493/drb.v5i3.20458

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.