Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Fusion Cake di AMKC Atelier Jakarta

Authors

  • Dewi Ayu Kusumaningrum Prodi Pengelolaan Perhotelan, Politeknik Sahid Pariwisata, Tangerang Selatan
  • Felicia Christian Prodi Pengelolaan Perhotelan, Politeknik Sahid Pariwisata, Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v6i1.25476

Keywords:

Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis apakah produk, harga, promosi dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian fusion cake di AMKC Atelier secara parsial. (2) Menganalisis apakah produk, harga, promosi dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian fusion cake di AMKC Atelier secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner dengan jumlah 83 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan dengan bantuan software Statistical Product and Service Solution 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji parsial variabel produk, harga dan promosi  tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji simultan membuktikan bahwa variabel produk, harga, promosi dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Keputusan pembelian fusion cake di AMKC Atelier dipengaruhi sebesar 61,8% dari variabel produk, harga, promosi dan lokasi sedangkan sisanya 38,2 % kemungkinan dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian ini.

References

Rujukan Buku:

Utami, I. W. (2017). Perilaku konsumen. Surakarta: CV Pustaka bengawan.

Lestari, W., & Komariah, K. (2019). FUSION FOOD.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Anshori, M., & Iswati, S. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Airlangga University Press.

Rujukan Jurnal:

Wijaya, I. W. A., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Makanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Roti Pada Colatto Pastry & Bakery Gianyar. Values, 1(3), 1–11

Gandi, V. P., & Lestari, R. B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mammee Bakery Outlet M. Isa. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 92–98.

Burhanuddin, N. H. (2018). Strategi Pemasaran Makanan Khas Tradisional di Kecamatan Wotu. Dinamis: Journal of Islamic Management and Bussiness, 1(2).

Giantara, M. S., & Santoso, J. (2014). Pengaruh Budaya, Sub Budaya, Kelas Sosial, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Perilaku Keputusan Pembelian Kue Tradisional Oleh Mahasiswa Di Surabaya. Jurnal Hospitality dan manajemen jasa, 2(1), 111–126.

Muhandri, T., Hasanah, U., & Amanah, A. (2021). Perilaku Konsumen Terhadap Jajanan Tradisional di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Mutu Pangan: Indonesian Journal of Food Quality, 8(1), 10–16.

Ritonga, Z. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Makanan Jajanan Tradisional di Kelurahan Perdamean. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 4(2), 13–21.

Indrayani, P., & Syarifah, T. (2020). Pengaruh Harga, Cita Rasa, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Kue Pia Fatimah Azzahra di Kecamatan Tanjung Tiram. Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains, 2(1), 57–66.

Nofrizal, N., Lubis, N., Hardi, H., Maryanti, S., Arizal, N., & Widayat, P. (2021). Pengaruh Keunikan Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Oleh-Oleh Kota Pekanbaru. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 17(3), 219–226.

Simanjorang, E. F. S. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Pada Warkop On Mada Rantauprapat. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 1(1), 91–101.

Wicaksono, I. S., & Satrio, B. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Kue Purimas 3 Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8(5), 1–18

Safitri, D. W. (2021). Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Roti Agung Martapura. Scientific, 8(2), 30–34.

Juniardi, H., Yakin, A., & Tajidan, T. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Lokal Kota Mataram. Agroteksos, 30(2), 90–99.

Miysell, K., & Wasisto, J. (2020). Persepsi Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Pada Peluang Kerja Information Professional. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(2), 42–50.

Ibad, S., Arifin, R., & Priyono, A. A. (2018). Pengaruh bauran pemasaran jasa (product, price, place, promotion, process, people, and physical evidence) terhadap keputusan pembelian (study kasus pada jasa transportasi CV King Tour And Travel). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 7(02).

Bairizki, A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada UD Ratna Cake & Cookies). Valid: Jurnal Ilmiah, 14(2), 71–82.

Sutrisyo, H. E., & Tecoalu, M. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kue Sorabi Hijau Rengasdengklok. Manajemen Bisnis Kompetensi.

Lestari, M., Wicaksono, I. A., & Utami, D. P. (2017). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek, Promosi Penjualan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Getuk Marem Di Kota Magelang. Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan, 5(1).

Rujukan Sumber Online :

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. (2021). Pasok Kebutuhan Pangan Selama Pandemi, Kontribusi Industri Mamin Meroket. kemenperin.go.id. https://kemenperin.go.id/artikel/22682/Pasok-Kebutuhan-Pangan-Selama-Pandemi,-Kontribusi-Industri-Mamin-Meroket

Syarbini, H. (2017). Bagi Yang Masih Bingung Tentang Konsep Fusion Food. Di Industri Bakery, Juga Ada Fusion Bakery ! www.usahabakery.com. https://usahabakery.com/arti-fusion-food/#:~:text=Istilah Fusion Bakery adalah kombinasi,melalui proses pemanggangan atau pengovenan.

Simatupang, T. (2016). Tren kue dengan rasa aneka makanan. www.beritagar.id. https://beritagar.id/artikel/piknik/tren-kue-dengan-rasa-aneka-makanan

Bhagchandani, U. (2016). 15 Minutes with Chef Karen Carlotta. dining.indonesiatatler.com. https://dining.indonesiatatler.com/features/15-minutes-with-chef-karen-carlotta

AMKC Atelier. (2016). AMKC Atelier. www.amkcatelier.com. https://www.amkcatelier.com/aboutus

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Kusumaningrum, D. A., & Christian, F. (2023). Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Fusion Cake di AMKC Atelier Jakarta. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(2), 227–237. https://doi.org/10.32493/drb.v6i1.25476

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.