Pengaruh Word of Mouth, Persepsi Konsumen dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Gojek

Authors

  • Deska Audyna Sinaga Universitas Putera Batam
  • Realize Realize Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v6i2.28107

Keywords:

Kepercayaan, Kepuasan Konsumen, Persepsi, , Word of Mouth

Abstract

Transportasi adalah suatu hal yang sangat penting peranannya dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini. Semakin bertambahnya jumlah penduduk maka semakin banyak pula diperlukannya transportasi untuk melakukan segala aktifitas sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui word of mouth, persepsi konsumen, dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa Gojek di Batam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif dengan sampel penelitian 100 responden yakni pengguna aplikasi Gojek dengan menggunakan rumus Lemeshow. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Hasil regresi linier berganda, word of mouth, persepsi konsumen, dan kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan sig. 0,00 < 0,05. Selain itu, word of mouth, persepsi konsumen, dan kepercayaan berpengaruh terhadap konsumen pengguna jasa Gojek di Batam sebesar 61,8. Hasil uji hipotesis didapatkan bahwa word of mouth, persepsi konsumen, dan kepercayaan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa Gojek di Batam.

References

Adi, M. F. T., Sutopo, S., & Noviandari, I. (2021). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Layanan Gofood Gojek Dikawasan Rungkut Surabaya (Studi Kasus Konsumen Gofood Gojek Dikawasan Rungkut Surabaya). UBHARA Management Journal, 1(2), 293-300.

Haekal, A., & Widjajanta, B. (2016). Pengaruh kepercayaan dan persepsi risiko terhadap minat membeli secara online pada pengunjung website classifieds di inonesia. Journal of Business Management Education (JBME), 1(1), 183-195.

Lie, D., Sisca, S., Sherly, S., Putra, L. A., & Chandra, A. A. (2021). Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Keputusan Pembelian Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Garuda Makmur Sentosa Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(3), 131-138.

Mulyanto, D. (2022). Word Of Mouth, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Dampaknya Pada Keputusan Pengguna Jasa Transportasi Gojek Di Kota Surakarta. MUARA: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 5(1).

Purnawan, I. K. A. W., & Suarmanayasa, I. N. (2021). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Gojek Di Kota Denpasar. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(2), 217-225.

Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis pengaruh kualitas website dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk minat pembelian ulang pada pelanggan shopee. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425-444.

Subakti, A. G., Tenironama, D., & Yuniarso, A. (2018). Analisis Persepsi Konsumen. THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 8(1), 31-38.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Sinaga, D. A., & Realize, R. (2023). Pengaruh Word of Mouth, Persepsi Konsumen dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Gojek. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(2), 168–174. https://doi.org/10.32493/drb.v6i2.28107

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.