Peran Visual Merchandising, Store Atmosphere, dan Persepsi Harga dalam Mendorong Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko MR. DIY Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v8i6.54877Keywords:
Pemasaran Visual; Suasana Toko; Persepsi Harga; Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Visual Merchandising, Store Atmosphere, dan Price Perception terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko MR. DIY Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen MR. DIY di Sidoarjo sejumlah 96 orang, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Lokasi penelitian berada di Sidoarjo, dan data diolah menggunakan program SmartPLS 4. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa Visual Merchandising (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), ditunjukkan oleh nilai koefisien parameter sebesar 0.166 dengan nilai T-statistic 2.156 > 1.96 dan P-values 0.031 < 0.05, sehingga hipotesis H1 diterima. Store Atmosphere (X2) juga berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dengan nilai koefisien parameter 0.425, T-statistic 6.310 > 1.96 dan P-values 0.000 < 0.05, sehingga hipotesis H2 diterima. Selanjutnya, Price Perception (X3) terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dengan nilai koefisien parameter 0.402, T-statistic 3.951 > 1.96 dan P-values 0.000 < 0.05, sehingga hipotesis H3 diterima.
References
Afandi, Muhammad Syahrul and Muhammad Yani. (2024). Strategi Efektif untuk Restoran Bebek Carok Sidoarjo: Menganalisis Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen. 1, 1-14.
Agustin, Adetya Dwi, Supardi and Rizky Eka Febriansah. (2025). Analisis Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Eccindo. Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntasi, 18, 17-25.
Agustin, Rini Ayu and Dewi Komala Sari. (2023). Store Atmosphere's Impact on Noodle Consumers' Purchasing Decisions. Business and Economics, 8, 1-13.
Al Fawwaz, Muhammad Fitra and Arlin Ferlina Mochamad Trenggana. (2020). Analisis Pengaruh Promotion Mix, Visual Merchandising, and Price Terhadap Keputusan Pembelian Brandablestuff. E-Proceeding of Management, 7, 1-12.
Amelia, Riza, Andrian and Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo. (2023). Dampak Store Atmosphere, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sociolla di Summarecon Mall Bekasi. Jurnal Economina, 2, 2482- 2501.
Arianty, Nel. (2022). Monograf Store Atmosphere Pada Usaha Kuliner Untuk Meningkatkan Minat Beli Masyarakat. Medan: UMSU Press.
Assegaf, Said Riziq, Rindu Aulia Razika Hilmi, Heli Setiawati and Muhammad Nurohman. (2024). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamidi Harjasari (Seuseupan) Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Karimah Tauhid, 3, 7488-7515.
Aulia, Muhammad Rafi and Trisha Gilang Saraswati. (2023). Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Fashion Zara di Kota Bandung. e-Proceeding of Management, 10, 4120-4125.
Bhalla, Swati and Anuraag. (2010). Visual Merchandising. New Delhi: Tata McGraw Hill Education Private Limited.
Choirunnida, Ashila and Rokh Eddy Prabowo. (2024). Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee di Kota Semarang. Journal of Management and Bussines, 6, 263-274.
Damayanti, Dila. (2023). Keputusan Pembelian dalam Perilaku Konsumen. Yogyakarta: STIE Widya Wiwaha.
Damayanti, Sella and Sumartik. (2024). Dampak Lingkungan, Stres, dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. Frontiers In Research Journal, 1, 88-104.
Fatkurohman and Lishapsari Prihatini. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Customer MR. DIY. Jurnal Dimensi Komunikasi, 3, 41-46.
Firnanda, Elliza and Estik Hari Prastiwi. (2024). Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pabrik Tahu Bapak Wito di Kelurahan Ledok Kulon Bojonegoro. Neraca Manajemen, Ekonomi, 3, 1-10.
Ghofar, Khidhir Akbar, Metta Septiani and Ikhsan Rasidin. (2024). Varian Produk dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Donat Susu Ujung Berung Bandung. Seminar Nasional Corisindo, 1-6.
Harahap, Arief Rifa’i, Desi Susanti and Agustin Basriani. (2024). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Cabang Panam Kota Pekanbaru. Jurnal Pajak dan Bisnis, 5, 67-72.
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (1 ed.). Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grup.
Ikrom, Ahmad and Mandataris. (2024). Pengaruh Atribut Produk dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Norma Coffee SM. Amin Pekanbaru. eCo-Fin, 6, 1-9.
Indriani, Dini and Prawoto. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Kopi Janji Jiwa. Journal of Economics, Bussiness and Management Issues, 2, 221-232 .
Kamalia and Saipul Al Sukri. (2024). Pengaruh Brand Image, Fashion Lifestyle dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved. Indonesian Journal of Business Economics and Management , 3, 44-52.
Kotler, Phillip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management (15 ed.). Pearson Education.
Kurniawan, Gogi. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Organik Melalui Ecommerce. Mitra Abisatya.
Lindiawatie, Dhona Shahreza and Lisna Wati. (2024). Analisis Perbandingan Penjualan Offline Dan Online Produk Fashion Meccanism Sebagai Cara Menarik Konsumen. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 4, 333-345.
Melati, Febiola Rimba, Mulato Santosa and Muhdiyanto. (2024). Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Keputusan Pembelian Jiniso di Shopee dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris Pengguna Shopee di Magelang. Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 152-162. Retrieved from https://journal.unimma.ac.id
Mutiar, Mitha Tri, Acep Samsudin and Dicky Jhoansyah. (2022). Analisis Pengaruh Kelengkapan Produk dan Visual Merchandising Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Journal of Management and Bussines, 4, 108-114.
Nattakrannuwat , Varissara and Yufan Cui. (2023). Visual Merchandising Approaches: A Comparative Study of High-End and Fast-Fashion Window Dressing Design.
Nurmalasari, Novita and Leonardo Indra Vitaharsa. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Kopi Kenangan Sudirman. Journal of Economics, Bussiness and management Issues, 1, 273-284.
Opa, Soeltan Adjie and Miguna Astuti. (2024). Pengaruh Social Media Marketing, Word of Mouth Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Nwansa Coffee. Ikraith Ekonomika, 7, 134-146.
Pasaribu, Vicalina Trinatalia, Achmad Zaki Yamani and Fauzan Romadlon. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Shopping Lifestyle, dan Visual Merchandising Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Eiger). Jurnal Manajemen dan Sains, 7, 1133-1138.
Pramudiya , Faisal Cahya and Ajat Sudrajat. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Suzuki Satria F150 di Kabupaten Karawang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 11, 144-156.
Pratama, I Putu Dede Dian, Ni Putu Nita Anggraini and I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi. (2024). Pengaruh Brand Image, Promosi, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Klungkung Dalam Era Digital Menggunakan Aplikasi Grabfood. Values, 5, 71-84.
Program Studi Manajemen FEB Unmas Denpasar. (2020). Manajemen Pemasaran Konsep, Pengembangan Dan Aplikasi. Denpasar: CV. Noah Aletheia.
Putri, Rizky Meisa, Mahmud, Ariati Anomsari and Aris Puji Purwatiningsih. (2024). Pengaruh Harga Dan Nilai Yang Dirasakan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Indomaret di Semarang. Jurnal Maneksi, 13, 748-764.
Riduwan and Akdon. (2015). Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: ALFABETA.
Saputra, Akhtar Alam and Yulyar Kartika. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Treble Store Surabaya. Neraca Manajemen, Ekonomi, 6.
Sinta, Ega Dwi, Eka Pariyanti, Buchori and Rinnanik. (2024). Mengungkap Hubungan Antara Store Atmosphere, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen, 18, 295-301.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Research & Development (19 ed.). Bandung: ALFABETA.
Supranto, Jajang. (2000). Statistik Teori dan Aplikasi (1 ed.). Jakarta: Erlangga.
Suyitno, Rudi Wibowo and Indrianawati. (2024). Pengaruh Visual Merchandising dan Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Ritel Awam Paciran. Jurnal Manajemen, 18, 253-261.
Teviana, Tengku. (2022). Pengaruh Brand Image, Store Atmosphere, dan Visual Merchandising Terhadap Keputusan Pembelian di Gerai Miniso Plaza Medan Fair. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya, 8, 308-318 .
Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran (4 ed.). Yogyakarta: ANDI.
Winarsih, Resty, Silvya Lefina Mandey and Rudy Wenas. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Makanan, dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dabu-Dabu Lemong Resto dan Coffee Kawasan Megamas di Manado. Jurnal Emba, 10, 388-399.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewi Komala Sari, Rio Chandra, Rizky Eka Febriansah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






.png)
