DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE PENGUKURAN SKALA LIKERT
Abstract
DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING. Pandemi virus covid-19 yang sedang mewabah di dunia dan juga di Indonesia sangat mempengaruhi kondisi di banyak bidang seperti bidang ekonomi, sosial, pariwisata dan juga pendidikan. Untuk mencegah penyebaran covid-19, khusus di bidang pendidikan, pemerintah memerintahkan untuk melaksanakan proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak pandemi covid-19 ini terhadap perilaku peserta didik dalam pembelajaran daring. Di dalam penelitian ini penulis melakukan survey dengan kuesioner dengan pengukuran menggunakan skala likert dan analisa interval untuk mengetahui sejauh mana dampak pandemi covid-19 terhadap perilaku siswa dan mahasiswa dalam mengikuti pelajaran sekolah/kampus secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandemi covid-19 memberikan dampak kuat terhadap perilaku peserta didik pada tingkat keaktifan mengikuti proses pembelajaran daring.
Kata kunci: Pandemi Covid-19, pembelajarang Daring, Skala Likert, Analysis Interval, Perilaku peserta didik.