ANALISA EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ADMINISTRASI AKADEMIK DENGAN METODE PIECES STUDI KASUS PADA STMIK ERESHA

Authors

  • Agus Suharto

Abstract

ABSTRAK

Sistem Informasi Akademik STMIK Eresha telah dipergunakan selama 2 tahun, namun sistem tersebut belum pernah dilakukan evaluasi apakah masih dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Kelak hal ini akan menyulitkan dalam pengembangan sistem untuk menunjang operasional kampus jangka menengah dan jangka panjang. Untuk itu peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui kinerja sistem dengan metode PIECES. Analisis dilakukan untuk mengenali kekuatan dan kelemahan sistem yang selama ini digunakan oleh STMIK Eresha, dengan metode analisis PIECES Framework, yang terdiri dari point analisis yaitu : Performance, Informations and data, Economics, Control and security, Efficiency, dan Service dimana point – point tersebut menjadi acuan evaluasi dan analisis suatu sistem informasi. Hasil dari penelitian ini nantinya diharapkan dapat mengetahui beberapa keunggulan atau kekuatan sistem yang dapat menunjang perkembangan dan kemajuan pendidikan pada STMIK Eresha Jakarta sebagai salah satu perguruan tinggi wilayah kopertis 3. Tetapi hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memperlihatkan kekurangan dan kelemahan sistem, sehingga sistem yang ada ini dibutuhkan adanya perbaikan ataupun penyempurnaan menuju ke arah yang lebih baik. Disamping itu juga dapat diperlihatkan hasil penelitian tingkat kepuasan mahasiswa atas pelayanan administrasi akademik.

 

Kata Kunci : evaluasi system, SIM administrasi Akademik, metode pieces

 

Downloads

Published

2021-12-05

How to Cite

Suharto, A. (2021). ANALISA EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ADMINISTRASI AKADEMIK DENGAN METODE PIECES STUDI KASUS PADA STMIK ERESHA. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 13(2). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/14973

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.