Pengaruh Label Halal dan Kode BPOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat (Studi pada Mahasiswa STIE Hidayatullah Depok)

Authors

  • Abdul Muhaimin STIE Hidayatullah Depok, Depok, Jawa Barat, Indonesia
  • Deska Marlina STIE Hidayatullah Depok, Depok, Jawa Barat, Indonesia
  • Ridwan Fahrozi STIE Hidayatullah Depok, Depok, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v6i1.34518

Keywords:

Label Halal, Kode BPOM, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari studi ini untuk menganalisis pengaruh label halal dan kode BPOM secara simultan terhadap keputusan pembelian produk obat. Penelitian ini menggunakan relevansi kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 105 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasilnya menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara label halal dan kode BPOM terhadap keputusan pembelian produk obat.

References

Ahmad, Farhan. Pelaksanaan Sertifikasi Halal Lppom Mui Terhadap Produk Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah, Jurnal Fakultas Iain Bengkulu 2018

Apriyanto, anton “LPPOM harus diperkuat†dalam jurnal halal, no.99 Tahun 2017, Jakarta :LPPOM MUI

Asrizal, Muhammad. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Kota Medan

BPOM RI HM.01.1.2.02.23.08 Tanggal 9 Februari 2023 Tentang Langkah Antisipasi BPOM Terhadap Kasus Gangguan Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal Pada Anak

Budi, Wahyu.(2013) Pengaruh Label Halal Dan Keputusan Pembelian . Yogyakarta: Ilmu Komunikasi

Fauzan, Nur Muhammad, “Peranan MUI Dalam Melindungi Konsumen Muslim Dari Produk Haram (Studi Kebijakan LPPOM MUI D.I Yogyakarta)

Fure, F. J. Lapian., R. Taroreh. (2015). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di J.CO Manado. Jurnal Emba. Vol. 3 N

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Instruksi Presiden RI No. 2 Tahun 1991 Tentang Peningkatan Pembinaan Dan Pengawasan Produksi Dan Peredaran Makanan Olahan, Disahkan Pada Tanggal 12 Juni 1991

Keputusan Menteri Kesehatan Ri No. 82/Menkes/SK/I/1991 Tentang Pencantuman Tulisan “Halal†Pada Label Makanan, Disahkan Pada Tanggal 24 Januari 1996

SKB Menteri Kesehatan Dan Menteri Agama RI No. 427/Menkes/SKB/VIII/1985. No. 68 Tahun 1985 Tentang Pencantuman Tulisan “Halal Pada Label Makanan, Tanggal 12 Agustus 1985

LPPOM MUI Tentang Sertifikasi Halal Mui Dan Cara Cek Halal Terbaru 2022

Umah Aimmatul Khurul, 2017 pengaruh label halal, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian obat bebas (over the counter)

UU RI No.23 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal Disahkan Pada Tanggal 17 Oktober 2014

UU No. 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan, Disahkan Pada Tanggal 17 September 1991

Sayeki, “Jaminan Produk Halal Dalam Perspektif Kelembagaan, DPR-RI

Downloads

Published

2023-10-08

How to Cite

Muhaimin, A., Marlina, D., & Fahrozi, R. (2023). Pengaruh Label Halal dan Kode BPOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat (Studi pada Mahasiswa STIE Hidayatullah Depok). Jurnal Ekonomi Efektif, 6(1), 180–187. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i1.34518

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif