Pengaruh Video Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Merek Fashion “Byneethâ€
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37335Keywords:
Video Advertising, Keputusan Pembelian, Analisis RegresiAbstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video advertising terhadap keputusan pembelian merek fashion “ByNeethâ€. Pengemasan video advertising yang dilakukan oleh ByNeeth saat ini ditujukan untuk membuat konsumen tidak ragu melakukan pembelian produk mereka, dan bahkan tidak menutup kemungkinan akan membelinya kembali sewaktu-waktu. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausalitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa video advertising terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian merek fashion “ByNeeth†dengan nilai signifikansi dan besar pengaruh video advertising terhadap keputusan pembelian merek fashion “ByNeeth†adalah sebesar . Hasil riset ini dapat digunakan sebagai pertimbangan penggunaan promosi yang efektif mendorong keputusan pembelian menggunakan video advertising untuk industri sejenis ByNeeth.
References
Arsanti, V. D. (2023). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty Yang Dimediasi Oleh Customer Satisfaction Pada Social Bella (Sociolla). Universitas Telkom.
Ayutiani, D. N., & Satria Putri, B. P. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner. Profesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 39. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.11683.
Aziz, T., Haryadi, R. N., Riyanto, S., & Usman, H. M. (2023). The Effect of Marketing Mix and Brand Image towards Interest of Students at Riyadlul Jannah Islamic High School Jonggol. International Journal of Sharia Business Management, 2(2), 49-56.
Dzulfiqar, R., & Zuliestiana, D. (2017). Pengaruh Advertising Dan Sales Promotion Melalui Media Sosial" instagram" Terhadap Keputusan Pembelian (studi Pada Official Store Pot Meets Pop Bandung). eProceedings of Management, 4(2).
Febby Permata Oktavia,Sudarto Sudarto, Rezi Erdiansyah (2021) Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021) (2021). DOI: 10.2991/assehr.k.210805.125
Hartono, S. A. F., & Rosita, N. H. (2018). The Effect Of Youtube Advertising On Consumer Purchase Decision Of Happy Meal Products (A Study Using Epic Model). Universitas Brawijaya
Jain, G., Rakesh, S., & Chaturvedi, K. R. (2018). Online video advertisements' effect on purchase intention: An exploratory study on youth. International Journal of E-Business Research (IJEBR), 14(2), 87-101.
Kementerian Perindustrian. (2019). Industri Tekstil dan Pakaian Tumbuh Paling Tinggi. Retrieved April 5, 2022, from https://kemenperin.go.id/artikel/21230/Kemenperin:-Industri-Tekstil-dan- Pakaian-Tumbuh-Paling-Tinggi
Khairunnisa, I., & Nurfebiaraning, S. (2020). Pengaruh Video Advertising" mata Kering" Di Channel Youtube Raditya Dika Terhadap Peningkatan Brand Awareness Insto Dry Eyes. eProceedings of Management, 7(3).
Kibtyah, M. R., Mulyawan, I., & Kania, R. (2021, September). Pengaruh Video Advertising pada Platform Digital Tik-Tok terhadap Niat Membeli. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 12, pp. 1279-1285).
Kotler, P., & Keller, K. (2018). Marketing Management (14th ed.). New Jersey: Pearson Education Inc.
Lutfie, H., & Marcelino, D. (2020). Creating online purchase decision and brand image based on advertising effectiveness with epic model. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(3), 327354.
Maidasari, E., Narundana, V. T., & Lolyana, R. (2021). Pengaruh Promosi Video Marketing Dan Kesadaran Merek Dalam Mempengarui Keputusan Pembelian Konsumen Yamaha. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(2), 128-137.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand awareness. Profesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Olivia, J., & Nurfebiaraning, S. (2019). Pengaruh Video Advertising Tokopedia Versi “Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik†Terhadap Respon Afektif Khalayak. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 16-24.
Putra, Y. P., & Lisdayanti, A. (2020). The Influence of Effectiveness Electronic Advertising with EPIC Model on Web Series toward Consumer Purchase Decisions on Tropicana Slim Stevia Products. American Journal off Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 4(1), 102-109.
Razak, M., Hidayat, M., & Rahman, M. H. (2021). Pengaruh Video Advertising Dan Sosial Media Konten Melalui Brand Awareness Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Gofood Di Kota Makassar. Akmen Jurnal Ilmiah, 18(1), 84-97.
Rizal, D. A. (2020). Manajemen Pemasran di Era Masyarakat Industri 4.0. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Sulistiana, A., & Lutfie, H. (2017). Pengaruh Advertising Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fashion Hijab Elzatta Kota Bandung 2017. eProceedings of Applied Science, 3(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).