Pengaruh Video Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Merek Fashion “Byneeth”

Authors

  • Mochamad Diar Akbar Universitas Telkom, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Kristina Sisilia Universitas Telkom, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37335

Keywords:

Video Advertising, Keputusan Pembelian, Analisis Regresi

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video advertising terhadap keputusan pembelian merek fashion “ByNeethâ€. Pengemasan video advertising yang dilakukan oleh ByNeeth saat ini ditujukan untuk membuat konsumen tidak ragu melakukan pembelian produk mereka, dan bahkan tidak menutup kemungkinan akan membelinya kembali sewaktu-waktu. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausalitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa video advertising terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian merek fashion “ByNeeth†dengan nilai signifikansi  dan besar pengaruh video advertising terhadap keputusan pembelian merek fashion “ByNeeth†adalah sebesar . Hasil riset ini dapat digunakan sebagai pertimbangan penggunaan promosi yang efektif mendorong keputusan pembelian menggunakan video advertising untuk industri sejenis ByNeeth.

References

Arsanti, V. D. (2023). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty Yang Dimediasi Oleh Customer Satisfaction Pada Social Bella (Sociolla). Universitas Telkom.

Ayutiani, D. N., & Satria Putri, B. P. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner. Profesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 39. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.11683.

Aziz, T., Haryadi, R. N., Riyanto, S., & Usman, H. M. (2023). The Effect of Marketing Mix and Brand Image towards Interest of Students at Riyadlul Jannah Islamic High School Jonggol. International Journal of Sharia Business Management, 2(2), 49-56.

Dzulfiqar, R., & Zuliestiana, D. (2017). Pengaruh Advertising Dan Sales Promotion Melalui Media Sosial" instagram" Terhadap Keputusan Pembelian (studi Pada Official Store Pot Meets Pop Bandung). eProceedings of Management, 4(2).

Febby Permata Oktavia,Sudarto Sudarto, Rezi Erdiansyah (2021) Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021) (2021). DOI: 10.2991/assehr.k.210805.125

Hartono, S. A. F., & Rosita, N. H. (2018). The Effect Of Youtube Advertising On Consumer Purchase Decision Of Happy Meal Products (A Study Using Epic Model). Universitas Brawijaya

Jain, G., Rakesh, S., & Chaturvedi, K. R. (2018). Online video advertisements' effect on purchase intention: An exploratory study on youth. International Journal of E-Business Research (IJEBR), 14(2), 87-101.

Kementerian Perindustrian. (2019). Industri Tekstil dan Pakaian Tumbuh Paling Tinggi. Retrieved April 5, 2022, from https://kemenperin.go.id/artikel/21230/Kemenperin:-Industri-Tekstil-dan- Pakaian-Tumbuh-Paling-Tinggi

Khairunnisa, I., & Nurfebiaraning, S. (2020). Pengaruh Video Advertising" mata Kering" Di Channel Youtube Raditya Dika Terhadap Peningkatan Brand Awareness Insto Dry Eyes. eProceedings of Management, 7(3).

Kibtyah, M. R., Mulyawan, I., & Kania, R. (2021, September). Pengaruh Video Advertising pada Platform Digital Tik-Tok terhadap Niat Membeli. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 12, pp. 1279-1285).

Kotler, P., & Keller, K. (2018). Marketing Management (14th ed.). New Jersey: Pearson Education Inc.

Lutfie, H., & Marcelino, D. (2020). Creating online purchase decision and brand image based on advertising effectiveness with epic model. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(3), 327354.

Maidasari, E., Narundana, V. T., & Lolyana, R. (2021). Pengaruh Promosi Video Marketing Dan Kesadaran Merek Dalam Mempengarui Keputusan Pembelian Konsumen Yamaha. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(2), 128-137.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand awareness. Profesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Olivia, J., & Nurfebiaraning, S. (2019). Pengaruh Video Advertising Tokopedia Versi “Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik†Terhadap Respon Afektif Khalayak. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 16-24.

Putra, Y. P., & Lisdayanti, A. (2020). The Influence of Effectiveness Electronic Advertising with EPIC Model on Web Series toward Consumer Purchase Decisions on Tropicana Slim Stevia Products. American Journal off Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 4(1), 102-109.

Razak, M., Hidayat, M., & Rahman, M. H. (2021). Pengaruh Video Advertising Dan Sosial Media Konten Melalui Brand Awareness Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Gofood Di Kota Makassar. Akmen Jurnal Ilmiah, 18(1), 84-97.

Rizal, D. A. (2020). Manajemen Pemasran di Era Masyarakat Industri 4.0. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sulistiana, A., & Lutfie, H. (2017). Pengaruh Advertising Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fashion Hijab Elzatta Kota Bandung 2017. eProceedings of Applied Science, 3(2).

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Akbar, M. D., & Sisilia, K. (2024). Pengaruh Video Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Merek Fashion “Byneeth”. Jurnal Ekonomi Efektif, 6(2), 243–250. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37335

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif