Strategi Pemasaran Fashion Sepatu Wanita Muslimah Menggunakan Marketplace Shopee Mall untuk Menembus Pasar Internasional (Studi pada Esyu Footwear)

Authors

  • Muhammad Danial Universitas Padjadjaran, Kab. Sumedang, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37379

Keywords:

Fashion Muslim, Pasar Internasional, Shopee Mall

Abstract

Perkembangan fashion didorong oleh inovasi dan kreativitas dari para designer, sehingga bertambah juga berbagai jenis fashion. Esyu Footwear hadir sebagai unit bisnis yang bergerak dalam fashion muslim dengan menghadirkan produk sepatu dan sendal wanita muslimah yang dijual secara online di marketplace. Penjualan Esyu Footwear di Shopee Mall yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun membuka peluang untuk dapat memperluas ke pasar internasional dengan merancang strategi pemasaran berdasarkan analisis marketing plan dan analisis matriks TOWS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara kepada pemilik Esyu Footwear dan data sekunder yang diperoleh dari data perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Esyu Footwear berada pada posisi kuadran 1 yaitu mengimplementasikan strategi pemasaran yang agresif untuk dan menembus pasar internasional melalui Shopee Mall.

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jenahara, & Riamiranda. (2014). Fashion friendship. Jakarta: Qultum Media.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium diterjemahkan Benyamin Molan. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Kotler, P., Bowen, J., & Makens, J. (2012). Marketing for Hospitality and Tourism. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Depok: Khalifah Mediatama.

Novianti, E. (2019). Yoga Arizona Sebagai Influencer Shopee Salah Satu Pilihan E-Commerce Indonesia. In Komunikasi Budaya dan Dokumentasi Kontemporer. Sumedang: Unpad Press.

Rangkuti, F. (2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Satori, D., & Komariah, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Solomon. (2014). Consumer Behaviour: A European Perspective. United Kingdom: Pearson Education.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Sunyoto, D. (2012). Dasar Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: CAPS.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Danial, M. (2024). Strategi Pemasaran Fashion Sepatu Wanita Muslimah Menggunakan Marketplace Shopee Mall untuk Menembus Pasar Internasional (Studi pada Esyu Footwear). Jurnal Ekonomi Efektif, 6(2), 400–415. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37379

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif