Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review, Program Angka Kembar Shopee terhadap Keputusan Pembelian Konsumen melalui Minat Beli di Banjarmasin

Authors

  • Adista Anjar Diany Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia
  • Rika Yuliyanti akultas Humaniora, Universitas Sari Mulia Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v7i1.44316

Keywords:

Keputusan Pembelian; Live Streaming; Marketplace; Minat Beli; Online Customer Review; Program Angka Kembar Shopee

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Live Streaming, Online Customer Review, dan Program Angka Kembar Shopee terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee,  dengan Minat Beli  sebagai  mediator. Penelitian ini menggunakan Smart PLS sebagai alat analisis. Pendekatan kuantitatif  digunakan untuk meneliti hubungan antara variabel-variabel tersebut. Data dikumpulkan melalui  kuesioner yang  dirancang khusus dan disebarkan melalui Google Forms, dengan  sampel  sebanyak  160 responden yang dipilih melalui teknik  purposive sampling. Analisis  statistik dilakukan untuk  menguji hipotesis yang dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Live Streaming, Online Customer Review, Program Angka Kembar Shopee memiliki pengaruh signifikan positif terhadap  Keputusan Konsumen,  baik  secara  langsung  maupun  melalui  mediasi  Minat Beli.

References

1. Agustin, N. A. (2023). Pengaruh Affilliate Marketing, Live Streaming, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Online Dalam Tiktokshop (Survei Konsumen Produk Skintific Pengguna Tiktok Shop). Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi Vol. 3 No. 3 Desember 2023 ISSN:2827-8364 (cetak), ISSN: 2827-8372 (Online), Hal 137-152 DOI: https://doi.org/10.55606/jebaku.v3i3.2862.

2. Amin, D.E.R., Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Live Streaming dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim (Studi Kasus Pelanggan TikTok Shop di Surabaya). Jurnal Edunomika – Vol. 07, No. 01, 2023.

3. Anggraini, R.T. (2023). Pengaruh Live Streaming TikTok Dengan Mediasi Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Universitas Widya Dharma Klaten.

4. Apasrawirote, D., Yawised, K., (2022). Factors Influencing the Behavioral and Purchase Intention on Live-streaming Shopping. Asian Journal of Business Research. Volume 12 Issue 1, 2022. ISSN 2463-4522  e-ISSN 1178-8933. DOI: 10.14707/ajbr.220119

5. Aulia, SN., Nugraha., Indra Satria., Nayza. A.F,. Marcelino, M.D., Prehanto, Adi., Purwaamijaya, B.M. 2023. Korelasi Event Tanggal Kembar Terhadap Daya Minat Beli Masyarakat di Shopee. CEMERLANG : Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis Vol.3, No.1 Februari 2023. e-ISSN: 2962-4797; p-ISSN: 2962-3596, Hal 141-148.

6. Dewi, N.L.P.S.A., Martadewi, N.L.R., Mangamis, A.K., Stefany, Susanto, P.C.,. (2021). Respon Dan Pengalaman Konsumen Berpartisipasi Pada Mega Sale Tanggal Kembar : Studi Kasus Pada E-Commerce Shopee 9.9 Super Shopping Day. Prosiding SINTESA. Volume 4 tahun 2021 | E-ISSN 2810-0840.

7. Dewi, W.A,. (2023). Pengaruh Content Marketing, Live Streaming, dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Brand Jiniso pada Aplikasi TikTok di Kota Malang). Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

8. Giovanni, E.H., Hartini, S., (2023). Effect of Twin Date Events on Online Implusive Buying of Shopee Users in Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business Volume 6 Issue 2 (2023) Pages 328 - 334. ISSN : 2598-831X (Print) and ISSN : 2598-8301 (Online).

9. Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

10. Hair, J. F., Jeffrey Joe Risher, Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When ToUse And How To Report The Results Of Pls-Sem. Emerald Insight.

11. Khaw, J., Teoh, J.K.T., Loo, K.S.E., Kam, W.J., Fransiska, E.V., (2023). Shopee: How Does E-commerce Affect E-consumer Perception and Satisfaction?. International Journal of Tourism and Hospitality in Asia Pasific (IJTHAP) Vol. 6 No. 1, pp. 1-13, February, 2023. P-ISSN: 2685-8800 / E-ISSN: 2654-7945. https://ejournal.aibpmjournals.com/index.php/IJTHAP.

12. Misbakhudin, A., Komaryatin, N. (2023). Content Marketing, Live Streaming, And Customer Review On Fashion Product Purchase Decisions. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita Desember 2023, Vol.12, No.2: 293-307. https://doi.org/10. 46367/iqtishaduna.v12i2.1572.

13. Muhson, Ali. (2022). Analisis Statistik Dengan Smart PLS. Path Analysis, Confirmatory Factor Analysis & Structural Equation Model. Universitas Negeri Yogyakarta.

14. Nuraeni, L., Hadita, (2022). The Effect of Event Marketing on Purchase Decisions Through Purchase Interest in Tokopedia Marketplace (Case Study on Tokopedia Event Photocard Program). DIJEFA. Dinasti International Journal of Economics, Finance and Accounting. Vol. 3, No.4, September 2022. e-ISSN: 2721-303X, p-ISSN: 2721-3021. DOI: https://doi.org/10.38035/dijefa.v3i4.

15. Nuraeni, Y.S., Irawati, D. (2021). The Effect of Online Customer Review, Quality Product and Promotion On Purchasing Decision Through Shopee Marketplace (A Case Study Of UBSI College Student). Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 9 No. 4, Desember 2021 (439-450) e-ISSN 2580-3743.

16. Qing, C., Jin, S., (2022). What Drives Consumer Purchasing Intention in Live Streaming E-Commerce?. Frontiers in Psychology Volume 13 Article 938726. doi: 10.3389/fpsyg.2022.938726.

17. Rohmatulloh, C., Sari, D., (2020). The Influence Of Online Customer Review On Purchase Intention With Trust As Intervening Variable in Shopee. Jurnal Universitas Telkom Bandung.

18. Soleha, F., Rizal, M., Wahyuningtiyas , N. (2023). Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review, Cashback Promotion dan Discount Flash Sale Terhadap Minat Beli Produk Shopee (Studi Kasus pada Pengguna Shopee di Kota Malang). e – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma. Vol. 13. No. 01. ISSN : 2302-7061.

19. Song, Bo., Zhao, Zhong-hua (2019). Online Holiday Marketing’s Impact on Purchase Intention: China’s Double-11 Shopping Carnival. Journal Management and Humanity Research. Vol. 1, 2019, 11-24. ISSN: 2582-7766. DOI: http://dx.doi.org/10.22457/jmhr.v01a02102p.

20. Tawasuli, L., Kholifah. (2023). Korelasi Special Event Day Tanggal Kembar Terhadap Minat Beli Masyarakat Di Shopee. Journal of Digital Business and Management Vol. 2, No. 2, Agustus 2023 ISSN: 2828-2086. DOI: https://doi.org/10.32639/jdbm.v2i2.401

21. Tonda, F. Ali, H., Khan, M.A. (2024). Pengaruh Promosi dan Online Customer ReviewsTerhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (JMPD). Vol. 2, No. 3, Juli -September 2024. DOI:https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i3

22. Wijayanthi, I. A. T., & Dewi, N. L. K. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toosi Coffee Di Berawa Badung Bali. Jurnal Economina, 1(3), 452–465. https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.103

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Diany, A. A., & Yuliyanti, R. (2024). Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review, Program Angka Kembar Shopee terhadap Keputusan Pembelian Konsumen melalui Minat Beli di Banjarmasin. Jurnal Ekonomi Efektif, 7(1), 96–106. https://doi.org/10.32493/JEE.v7i1.44316