Pengaruh Diskon dan Free Ongkir terhadap Keputusan Pembelian melalui E-Commerce (Studi Kasus Shopee) di Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i4.43302Keywords:
Shopee; Diskon; Free Ongkir; Keputusan PembelianAbstract
Shopee adalah salah satu dari e-commerce yang ada di Indonesia, shopee lebih fokus pada platform mobile sehingga orang-orang dapat lebih mudah mengakses, mencari, berbelanja dan berjualan secara langsung hanya dengan menggunakan ponsel saja. Penelitian ini ditunjukkan untuk menganalisis diskon dan free ongkir shopee terhadap keputusan pembelian konsumen di Bandar Lampung. Dalam penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun yang menjadi responden berjumlah 100 orang di Bandar Lampung, untuk pengolahan data menggunakan SPSS versi 27. Hasilnya adalah H1 diterima karena t hitung > t tabel sebesar 5,300, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 di terima yang berarti diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, H2 diterima karena t hitung > t tabel sebesar 8,889, sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 diterima yang berarti free ongkir berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
References
1. Achmad Rasyad, F., Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U., & Budianto, A. (2023). Pengaruh Rating, Diskon Dan Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Shopee ( Study Pada Mahasiswa Febi Uin STS Jambi ). Jurnal Sains Student Research, 1(1), 448–461. https://doi.org/10.61722/jssr.v1i1.161
2. Appuliani, A., & Handayani, L. S. (2024). Analisis Pengaruh Flash Sale, Tagline “Gratis Ongkir” Dan Layanan Cash On Delivery Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Management Studies and …, 5(2), 6754–6764.
3. Asiyah, Effendi Handi Prasetya, S. K. R. R. (2023). Pengaruh Flash Sale, Online Customer Review, Dan Gratis Ongkos Kirim, Terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm Erigo Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Konsumen Erigo Kota Malang). E – Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 1455–1465. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm
4. Astuti, N. P., & Susila, I. (2022). Influence Analysis of Customer Ratings Reviews Online, Free Shipping Promotion and Discount Promotion on Purchasing Decisions in E-Commerce. Proceedings of the International Conference on Economics and Business Studies (ICOEBS 2022), 655(Icoebs), 38–46. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220602.006
5. Damayanti, A. A., & Damayanti, D. (2024). Pengaruh Diskon, Gratis Ongkos Kirim, Cash on Delivery dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Online Shopee. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(3), 660–669.
https://doi.org/10.47065/jtear.v4i3.1132
6. Devi, I. A. (2022). Pengaruh Kemudahan, Layanan Rating, Gratis Ongkos Kirim, Dan Layanan Cash on Delivery (Cod) Terhadap Keputusan Pembelian. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA) 3, 4(September 2022), 1. https://www.topbrand-award.com/
7. Ema Septiani Br Tarigan, Anisa Silvani, Jihan Syahreni Br Tarigan, & Jarungjung Hutagaol. (2022). Analysis of Discount, Free Shipping and Product Diversity on Product Purchase Decisions on the Shopee Marketplace. Sean Institute, 11(01), 292–297.
8. Febria, M. F., Setiawan, F., & Sulaeman, E. (2022). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Di Indonesia). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12703–12711. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10605
9. Hakim, A. F., Rachma, N., & Normaladewi, A. (2019). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen TikTok Shop (Studi Pada Mahasiswa FEB Angkatan 2019 Universitas Islam Malang). E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, 12(02), 221–232.
10. Hermanto Joesoef. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Online Berdasarkan Faktor Diskon, Program Pengiriman Gratis, Dan Pelayanan. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 4(1), 180–189.
http://www.ojspustek.org/index.php/SJR/article/view/261
11. Husniyyah, T., Pantjolo, D. S. W., & Pitoyo, B. S. (2024). Pengaruh Diskon, Flash Sale, dan Live Shopping terhadap Keputusan Pembelian pada Brand The Originote di Shopee (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 3(2), 314–328. https://doi.org/10.55681/economina.v3i2.1203
12. Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288–298.
13. Joko Widodo, Mukhamad Zulianto, M. W. B. S., Widodo, J., & Zulianto, M. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee (Studi Kasus Masyarakat Desa Kesilir Kabupaten Jember). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 2(1), 24–29. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v2i1.17979
14. Laksmawan, A. A., & Handayani, L. S. (2024). Pengaruh Diskon, Tagline Gratis Ongkos Kirim, Dan Shopping Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pada E-Commerce Shopee (Pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Angkatan 2020 Yang Menggunakan E-Commerce Shopee). Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(4), 7460–7470. https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.10182
15. Marpaung, I. R., & Lubis, F. A. (2022). Pengaruh Iklan, Sistem COD, dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada TikTokShop (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Sumatera Utara). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(3), 1477–1491. https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.44292
16. Maulidyna, E., Asiyah, S., & Khalikussabir, K. (2023). Pengaruh Online Customer Rating, Diskon, Dan Review Service Menu Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood (Studi Kasus Mahasiswa FEB Manajemen Angkatan 2019 Universitas Islam Malang). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(01), 510–518. http://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/20129
17. Nabiilah, R. R., Hadita, & Komariah, N. S. (2024). Pengaruh Diskon Produk, Promosi Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Aplikasi Efood (Studi Kasus Pada Generasi Z Di Kelurahan Teluk Pucung). Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 95–109.
18. Nabil, N., & Dwiridotjahjono, J. (2024). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2547–2562. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i7.3161
19. Niswaningtyas, R. A., & Hadi, M. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Di Platform E- Commerce Shopee Pada Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa Program Studi D-Iv Manajemen Pemasaran Di Politeknik Negeri Malang). Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2), 175–179.
20. Nurita, A. R., & Wijayanti, R. F. (2021). Pengaruh Iklan Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(2), 165–168.
21. Puspitasari, L., Herawati, A., & Listyawati, L. (2023). Pengaruh Iklan dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Online pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Surabaya. Soetomo Administrasi Bisnis, 267–280.
22. Rahayu, A. P. (2023). Pengaruh Rating Pelanggan Online Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Di Platform E-Commerce Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9, 74–79.
23. Ramadhan, K., Ramadhan, R. R., & Hardilawati, W. L. (2023). Pengaruh Gratis Ongkir , Discount , Dan Pembayaran Cash on Delivery ( COD ) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Tiktok Shop Di Universitas Muhammadiyah. SNEBA : Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis & Akuntansi, 1, 588–601.
24. Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 482–491. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i3.132
25. Rosyihuddin, M., & Hendra, J. (2023). The Role of Price Discounts in Moderating, Customer Reviews and Free Shipping on Shopee Purchase Decisions in Surabaya. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 162–172. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1.1415
26. Rusni, A., & Solihin, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Diskon Harga Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 167–179. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3841
27. Sami`un, S., & Hana, F. O. (2023). Analisis Pengaruh Diskon, Promosi, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Mandalika Prodi Manajemen Angkatan 2021. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(2), 66.
https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.8942
28. Saputra, B. Y., & Bustami, T. (2024). Pengaruh Harga Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 5(1), 39–47. https://doi.org/10.36085/jems.v5i1.5955
29. Shoffi’ul, A., Basalamah, M. R., & Millannintyas, R. (2019). Pengaruh Diskon dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee. Jurnal Riset Manajemen, 111–113. www.fe.unisma.ac.id
30. Sundari, W. S., & Wahyuningtyas, Y. F. (2023). Dan Kemudahan Pembayaran Terhadap The Effect Of Price Discounts , Free Shipping And Ease Of Payment On. Jurnal Tambora E-ISSN:, 7(3), 1–9.
31. Themba, O. S. (2021). Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Melalui Harga, Diskon, Promo Ongkos Kirim Dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & …, 5(3), 925–932. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1412.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farid Putra Pamungkas, Defia Riski Anggarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).