Small Business Enterprise Kosmetik MS Glow : Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Prety Diawati Prodi D4 Manajemen Perusahaan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Desi Nurfitri Prodi D4 Manajemen Perusahaan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Dewi Anggraeni Prodi D4 Manajemen Perusahaan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Hesti Sugesti Prodi D4 Manajemen Perusahaan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Budi Prakoso Prodi D4 Manajemen Perusahaan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37381

Keywords:

Customer Bonding, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak customer bonding terhadap loyalitas pelanggan produk kosmetik MS Glow di UMKM Pusat Majalaya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif melalui survei dengan 150 responden yang merupakan konsumen produk MS Glow di wilayah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer bonding memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan korelasi yang kuat antara kedua variabel tersebut. Ini mengindikasikan bahwa pelaku UMKM dapat meningkatkan loyalitas pelanggan mereka dengan memperkuat faktor customer bonding dalam hubungan dengan konsumen.

References

Aini, E. N. (2018). Pengaruh Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan Zoya Lamongan. Pengaruh Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan Zoya Lamongan.

Alina, S. (2020). Pengaruh Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan Emina Di Kota Medan. 1–15.

Alma, B. (2020). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Anggraini, C., & Panjaitan, W. S. T. (2017). Pemasaran Jasa. Jakad Media Publishing.

Aprirusman, S., & Zulfikar, R. (2020). Loyalitas Pelanggan yang Dibangun Dari Adanya Customer Bonding dan Penetapan Harga (Studi Kasus Pada Pelanggan Coffe Shop Payung Seduh, Bandung). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–8.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep & Strategi. Raja Grafindo Persada.

bps.go.id. (2020). Hasil Sensus Penduduk Indonesia Tahun 2020. Bps.Go.Id. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html

Burkey, R. E., & Breakfield, C. V. (2015). Customer Relationship Management. Designing a Total Data Solution: Technology, Implementation, and Deployment, 405–421. https://doi.org/10.1201/9780203997512

Damri. (2018). Pengaruh Strategi Customer Bonding Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) tbk (Studi pada Nasabah Taplus Bisnis Kantor Cabang Pekanbaru). XII(80), 1–15.

Diawati, P., & Sugesti, H. (2016). The Infuence of Service Quality and Switching Barrier in Improving Costumer Loyalty (Survey on XL Postpaid Costumer in Purwakarta). Repository.Ubaya.Ac.Id, 236–331. http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28370

Erina, & Efni, Y. (2016). Pengaruh Strategi Customer Bonding Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (Survey Pada Nasabah Tabungan Britama Kantor Cabang Teluk Kuantan). VIII(2), 323.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Hasan, A. (2013). Loyalitas Pelanggan.

Huda, M. (2020). The Effect of Customer Intimacy, Customer Experience, Customer Satisfaction and Customer Bonding on Customer Loyalty at Bank BRI Syariah KCP Pandaan Pasuruan. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(02), 243–260. https://doi.org/10.30868/ad.v4i02.903

Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran (W. N. Hidayati (ed.); Edisi 1). UNPAM PRESS.

Kartajaya, H. (2017). Citizen 4.0 Menjejakkan Prinsip-Prinsip Pemasaran Humanis di Era Digital (A. Tarigan (ed.); Pertama). PT Gramedia Pustaka Utama.

Khairunnisa, A. H., Ningrum, J. W., Huda, N., & Rini, N. (2020). Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan Zakat dan Donasi Melalui Tokopedia. Jurnal Ilmiah EKonomi Islam, 6(02), 284–293.

Kotler, P., & Gary Amstrong. (2016). Prinsip - Prinsip Pemasaran (Edisi 13 J). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Editi). Pearson Education Limited.

Lusiah. (2018). Loyalitas Pelanggan. Deepublish.

msglow.id. (2021). msglow.id. https://www.msglowid.com

msglow.store. (2021). msglow.store. https://ms-glow.store

Rahayu, S. (2019). Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. CV. Anugrah Jaya.

Rangkuti, F. (2017). Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama.

Rende, G., & Pandowo, M. (2020). Analyzing The Customer Bonding of The Prime Clinic Customers In Manado. Analyzing The Customer Bonding of The Prime Clinic Customers In Manado, 8(4), 647–656.

Santoso, S. (2017). Riset Pemasaran. PT Elex Media Komputindo.

Sari, W. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 1–11.

Simamora, B. (2017). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif (Pertama). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sitorus, & Utami. (2017). Buku Ajar Strategi Promosi Pemasaran. FKIP UHAMKA.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr.Ir. Sutopo. S.Pd (ed.)). Penerbit Alfabeta.

Sumarwan, U. (2020). Perolaku Konsumen (Edisi Kedu). Ghalia Indonesia.

Sunyoto, D. (2019). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Suparyanto, & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. IN MEDIA.

Ulfah, M., & Afriasih, C. (2011). Analisis Penerapan Strategi Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan Pda Member The Face Shop PVJ Bandung. Analisis Penerapan Strategi Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Member the Face Shop Pvj Bandung, 1–18.

www.kemenperin.go.id. (2020). kemenperin.go.id. https://kemenperin.go.id/

www.mscosmetic.id. (2021). www.mscosmetic.id. https://www.mscosmetic.id

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Diawati, P., Nurfitri, D., Anggraeni, D., Sugesti, H., & Prakoso, B. (2024). Small Business Enterprise Kosmetik MS Glow : Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi Efektif, 6(2), 423–434. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37381

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif