Peran Influencer Marketing dan Trust terhadap Repurchase Intention Produk Skin Care Bening’s
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i3.42144Keywords:
Influencer, Trust, Purchase IntentionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh influencer marketing dan trust terhadap repurchase intention pada produk skin care Bening’s. Bening’s menghadirkan produk skin care untuk perawatan wajah. Penjualan produk Bening’s dilakukan dengan memanfaatkan kepopuleran para influencer. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu influencer marketing dan trust. Variabel dependennya adalah repurchase intention. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Bening’s di Kota Medan yang pernah melakukan pembelian minimal dua kali. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa influencer marketing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap repurchase intention pada produk skin care Bening’s sedangkan trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada produk skin care Bening’s di Kota Medan.
References
Ardianto, K., Nuriska, F. P., & Nirawati, L. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina Pada Official Store Shopee Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 62. https://doi.org/10.31599/jmu.v2i2.759
Carissa, T., & Aruman, A. E. (2019). Pengaruh Sales Promotion dan Influencer Marketing terhadap Minat Membeli dalam Mobile Legends. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 45–55.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Glucksman, M. (2017). The Rise of Social Media Influencer Marketing on Lifestyle Branding : A Case Study of Lucie Fink I . Introduction II . Literature Review. Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 8(2), 77–87.
Hatta, H., & Adrenanus, R. (2019). Pengaruh Influencer, Membership Program, dan Instagram Ads Terhadap Minat Pembelian Ulang Customer Brand Coach. (Studi Kasus Coach, Plaza Senayan ). Management, and Industry (JEMI), 2(2), 79–89.
Kotler, K. (2017). Philip Kotler, Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. intro ( PDFDrive ).pdf (p. 6).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Philip Kotler Gary Armstrong, Prinsif-prinsif Pemasaran edisi 12 jilid 1. intro ( PDFDrive ). In Prinsip-Prinsip Pemasaran.
Musnaini, A. D. A. M. W. (2021). UMKM Digital Era New Normal. In Gastronomía ecuatoriana y turismo local. (Vol. 1, Issue 69).
Prathama, F., & Sahetapy, L. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-Commerce Lazada. Agora, Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1).
Prayogi, S., & Santosa, A. (2019). The Influence of Product Quality, Prices and Promotions on Interest in Buying Sri Sulastri’s Batik. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 07(1), 9–17.
Preacher, K. J., Zyphur, M. J., & Zhang, Z. (2010). A general multilevel SEM framework for assessing multilevel mediation. Psychological Methods, 15(3), 209–233. https://doi.org/10.1037/a0020141
Purnama sari, W., & Irena, L. (2019). Komunikasi Kontemporer dan Masyarakat - Wulan Purnama Sari dan Lydia Irena (Ed.) - Google Buku. In PT Gramedia Pustaka Utama. h
Rabbani, D. B., Muliyati, Hadawiah, Sukrin, & Santoso, M. H. (2022). Komunikasi pemasaran. In Jakarta: Erlangga (Issue 45).
Siregar, D., Sianipar, G. J. M., Simanjuntak, J., & Naibaho, K. E. . (2023). The Influence Of Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Tourism Attraction, And Tourism Facilities On The Interest In Return Visit Of Tourists Of Parparean White Sand Beach, Porsea District. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, 8(3), 608–622. https://doi.org/10.1007/s12599-013-0306-0
Stevani, N., & Junaidi, A. (2021). Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita pada Instagram. Prologia, 5(1), 198. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10121
Sudha, M., & Sheena, K. (2017). Consumer Decision Process: Impact of Influencers in the Fashion Industry. SCMS Journal of Indian Management, 93(3), 14–29.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Tri Hariyanti, N., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 14–23. https://doi.org/10.15642/manova.v1i2.350
Wibowo, T. (2018). Pengaruh Consumer Trust dan Expectation Terhadap Online Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pada Situs Jual Beli Online Bukalapak di Kota Yogyakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(3), 23–32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Krismanto Erick Tobush Naibaho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).