Peran Green Marketing Mix terhadap Green Consumer Behavior pada Produk Eco-label
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v7i1.43787Keywords:
Produk Hijau, Harga Hijau; Tempat Hijau; Perilaku Konsumen hijauAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan bermanfaat bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran mereka sehingga dapat memberikan manfaat bagi dunia akademis maupun praktis di mana conceptual framework yang diajukan dapat memberikan kontribusi dan tambahan literatur terkait green marketing, serta berimplikasi positif bagi para pemasar produk ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan menganalisa faktor-faktor yang mendorong Green Consumer Behaviour pada produk ber eco-label. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan sebanyak 150 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan oleh peneliti dengan pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan Partial Leasts Square (PLS) sebagai metode analisis. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan bantuan software SmartPls versi 3.3.
References
1. Agung, Putu, and Anik. 2019. 1 Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif Dan Kualitatif Edisi Ke-1. 1st ed. ed. I Nengah Suardhika. Bali: CV.Noah Aletheia.
2. Ayu, Dewa, and Rara Damayanti. 2016. “Pengaruh Corporate Social Marketing Dan Green Marketing Terhadap Green Consumerism Behavior Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia pendahuluan Isu Mengenai Lingkungan Hidup Telah Menjadi Perbincangan Umum Yang Diketahui Ol.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 5(11): 6879–6906.
3. Chrysna, Vrancisco Yudha, Hadi Sumarsono, and Premi Wahyu Widyaningrum. 2022. “Pengaruh Green Trust, Green Price, Dan Eco Brand Terhadap Keputusan Pembelian.” e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi 9(2): 65.
4. Febriani, Stevany. 2019. “Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Green Product Purchase Intention Pada Produk Innisfree Di Jakarta Dengan Consumer’s Attitude Sebagai Variabel Mediasi.” Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan 3(1): 49–61.
5. Fortuna, Dewi Fransisca. 2023. “Pengaruh Gamification Terhadap Brand Engagement Pada Industri E-Commerce Di Indonesia ( Survei Pada Generasi Z Pengguna Aplikasi Bukalapak , Blibli , Dan JD . ID ) Oleh Dewi Fransisca Fortuna Pengaruh Gamification Terhadap Brand Engagement Pada Industri E.” respository.upi.edu.
6. Ghozali, Imam. 2018. “Aplikasi Analisis Multivariate.” : 129.
7. Gunarso, Albar, and Andriani Kusumawati. 2017. “terhadap keputusan pembelian ( Survei Pada Konsumen Lampu Philips LED Di RW 12 Kelurahan Merjosari.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 49(1): 169–78.
8. Hanifah, Ayu Devi;, Zainul; Arifin, and Kadarisman Hidayat. 2016. “Pengaruh Bauran Pemasaran Berwawasan Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Pada Pembeli Yang Menghuni Perumahan Ijen Nirwana Malang ).” Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya 32(2): 23–32.
9. Jennah, Husnatul et al. 2023. “Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Purchase Decision Dalam Menggunakan Eco Friendly Product.” Journal of Trends Economics and Accounting Research 3(4): 390.
10. Julia, Mela, and Alifah Jiddal Masyuroh. 2022. “Literature Review Determinasi Struktur Organisasi: Teknologi, Lingkungan Dan Strategi Organisasi.” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 3(4): 383–95. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/895/582.
11. Kotler, Keller. 2017. “Philip Kotler, Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Intro ( PDFDrive ).Pdf.” : 6.
12. Manongko, and Allen. 2018. Manado: Yayasan Makaria Green Marketing ( Suatu Perspektif Marketing Mix & Theory of Planned Behavior ). Cetakan I. ed. O Mieke Mandagi. Minahasa Utara: Yayasan Makaria Waya.
13. Muslim, Erlinda, and Dyah Rusty Indriani. 2018. “Analisis Pengaruh Eco-Label Terhadap Kesadaran Konsumen Untuk Membeli Green Product.” Jurnal Manajemen Teknologi 13(1): 86–100.
14. Naibaho, Krismanto E.T;, Romindo; Pasaribu, Vinsensius; Matondang, and Jahhia Theresia; Marbun. 2024. “Pentingnya Memulai Green Marketing Dalam Mendukung Umkm Tenun Ulos.” Jurnal Dedikasi 4(2): 222–27.
15. Ngurah, I Gusti, and Friday Palaguna. 2016. “Green Promotion Memediasi Green Packaging Terhadap Repurchase Intention ( Studi Pada AMDK ADES Di Kota Denpasar ) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Dewasa Ini , Masyarakat Yang Khawatir Bahwa Pemanasan Global Dapat Menyeba.” E-Jurnal Manajemen Unud 5(12): 7500–7527.
16. Putra, Dicky R., and Yuliana R. Prasetyawati. 2021. “Pengaruh Green Product Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Melalui Green Advertising (Studi Terhadap Konsumen Starbucks).” Jurnal Manajemen Pemasaran 15(2): 69–74.
17. Rahmawati, Rima, and Rohimat Nurhasan. 2021. “Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Pada Konsumen Air Mineral Ades Di Garut).” Journal of Knowledge Management 15(1): 014–026.
18. Rayon, Yolanda Averina, and I Gst. Ngurah Jaya Agung Widagda. 2021. “Pengaruh Green Marketing Terhadap Purchase Decision Yang Dimediasi Oleh Brand Image (Studi Pada AMDK Ades Di Kota Denpasar).” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 10(5): 479.
19. Rosyada, Faradilla, Amaylia, and Renny Dwijayanti. 2023. “Pengaruh Green Marketing Dan Green Product Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sukin.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 11(3): 305–12.
20. Safii, Abdul Azis, and Latifah Anom. 2021. “Peran Moderasi Financial Access Pada Pengaruh Human Capital Dan Social Capital Terhadap Kinerja UMKM.” Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi 14(1): 36–49.
21. Sandy, Sandy, Murtafia Murtafia, and Gina Lucita. 2022. “Management of Tourism Villages Using the Triple Bottom Line Concept.” Jurnal Ad’ministrare 9(2): 679.
22. Siti Asriah Immawati;, Dudi Permana;, and Arissetyanto Nugroho. 2020. “Green Marketing as the Source of The Competitive Advantage of the Business.” https://dinastirpub.org/DIJMS 2(1): 112–24.
23. Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, R&D.” : 330.
24. Suhaidi, Muhammad. 2022. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Jasa Keuangan Syariah Perspektif Islamic Marketing Ethics.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8(1): 666.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hanna Meilani Damanik, Orlando Steven, Frederick Saroha Silaban, Paingotwin Radison Sipayung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).